[language-switcher]
Beranda  Berita

Warga Kalirejo Karanggayam Peroleh Bantuan Air Bersih dari Polres Kebumen

Polres Kebumen – Bersama dengan BPBD, dan TNI, Polres Kebumen menyalurkan bantuan air bersih kepada warga yang terdampak dari musim kemarau panjang.

Siang ini, Selasa 29 Agustus 2023, bantuan air bersih didrop ke Desa Kalirejo, Kecamatan Karanggayam, Kebumen.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin bersama pejabat utama Polres dan Muspika Karanggayam turun langsung saat pendistribusian air bersih.

“Siang ini kami melakukuan operasi pembagian air bersih. Kita ketahui bersama saat ini memasuki musim kemarau yang berdampak pada mengeringnya sejumlah sumber air bersih,” jelas AKBP Burhanuddin.

Saking parahnya kemarau di Kalirejo, warga harus berjalan 3 Kilometer mencari air di daerah lain. Air bersih tersebut diangkut menggunakan sepeda motor yang dimodif sedemikian rupa agar memudahkan saat membawa.

Desa Kalirejo sudah menjadi langganan kekeringan saat musim kemarau. Hal itu bisa ditandai mengeringnya beberapa sumber air di daerah tersebut.

Sejak pagi puluhan jerigen terlihat berbasis mengantre air bersih langsung diisi air bersih dari Polres Kebumen.

Sedikitnya ada 7 tangki berkapasitas 5000 liter air yang bergerak melakukan droping air bersih di pemukiman warga yang mengalami kekeringan.

Untuk Desa Kalirejo Karanggayam, sedikitnya menerima bantuan 5 tangki air bersih, lalu Desa Kenteng Kecamatan Sempor 1 tangki air bersih, dan Desa Karangjambu, Kecamatan Sruweng, mendapat bantuan 1 tangki air bersih.

Kapolres berpesan kepada masyarakat agar air bisa dimanfaatkan sebaik mungkin terutama untuk kepentingan konsumsi. Air yang disalurkan merupakan air bersih dari PDAM yang sudah dilakukan pengecekan standar kesehatan.

Hal ini diperkuat keterangan Kepala Pelaksana BPBD Haryono Wahyudi yang juga mendampingi kegiatan tersebut sejak awal. Air bersih yang disalurkan dipastikan terhindar dari bakteri E.Coli yang dapat mengganggu kesehatan.

“Sebelum melakukan droping kita sudah lakukan uji (air) di labkesda utamanya untuk bakteri E.Coli. Ada beberapa sumber air kita lakukan uji udu. Jika tidak lolos, tidak kita salurkan,” kata Haryono.

Selanjutnya bagi warga masyarakat yang menginginkan bantuan air bersih dari NPBD, Haryono menyarankan agar desa maupun kecamatan membuat surat permohonan kepada BPBD. Lalu dari surat tersebut, BPBD akan melakukan pengecekan seberapa siap warga dalam menampung air bersih saat menerima bantuan seperti di Kalirejo saat ini.

Selain droping air bersih, Kapolres juga berpesan untuk bersama-sama antisipasi kebakaran hutan dan lahan.

Musim kemarau yang berkepanjangan membuat sebagian daun dan tumbuhan kering di sekitar hutan. Jika warga lalai dengan membuat api di sekitar hutan, ataupun membuka lahan dengan membakar kemungkinan bisa menyebabkan kebakaran yang tak terkendali.

Hal ini tentu akan membuat dampak semakin buruk dari musim kemarau panjang tersebut.

(Humas Polres Kebumen)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

POM TNI dan Propam Gelar Rakornis, Fokus Upaya Pencegahan
Pusdokkes Polri Beri Materi Pelatihan Teknik Wawancara dan Interogasi Penyidik PPA di Polda Jateng
Jasa Raharja dan Korlantas Polri Gelar Monitoring Kecelakaan di Kalsel
Hadir Di Pulau Bali, Kabaharkam Polri Cek Langsung Venue WWF
Setukpa Lemdiklat Polri Komitmen Bantu Pendidikan Di Desa Cibeurih
Satgas Pangan Polri Awasi Distribusi Gula di Jatim
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Keberangkatan Massa Serikat Buruh dari Wilayah Kec Penjaringan Jakarta Utara Dalam Rangka May Day 2024
Personil Polresta Pontianak Berikan Pengamanan pada Aksi Unjuk Rasa May Day
Pengamanan Perlintasan Massa Buruh Dalam Giat Peringatan Hari Buruh Internasional May Day di TL Coca Cola Kelapa Gading Jakarta Utara
Pengamanan & Monitoring Keberangkatan Massa Serikat Buruh Wilayah Kelapa Gading Dalam Rangka Memperingati Hari Buruh (Mayday 2024)
Polsek Limbangan Bergerak Tindak Pengedar Minunan Keras
Irjen Pol Ahmad Luthfi tegaskan jaminan Keamanan adalah modal ciptakan iklim Investasi yang baik; tercetus saat halal bihalal dengan Pengelola Objek Vital Nasional
Lihat Semua
WordPress Lightbox