[language-switcher]
Beranda  Berita

**Unit Tipidkor Polres Kerinci Berikan Dukungan Penting untuk Penyerapan Anggaran APBDes Ta. 2023 di Kabupaten Kerinci**

**Unit Tipidkor Polres Kerinci Berikan Dukungan Penting untuk Penyerapan Anggaran APBDes Ta. 2023 di Kabupaten Kerinci**

*Kerinci, 18 September 2023* – Unit Tipidkor (Tim Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi) Polres Kerinci telah melakukan kegiatan pendampingan yang krusial terkait dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran 2023 di Kabupaten Kerinci. Kegiatan ini berlangsung di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bersama Kabid Keuangan dan Aset Desa dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (KEMDEPIT), S.Sos.

Hingga akhir Triwulan III Tahun Anggaran 2023, terjadi permasalahan serius dalam penyerapan anggaran di seluruh Desa yang berada di wilayah Kabupaten Kerinci. Dana Desa (DD) baru terserap sebesar 80%, Anggaran Dana Desa (ADD) baru terserap sebesar 60%, dan Dana Bantuan Provinsi baru tersalurkan sebesar 30% dari total alokasi yang telah disiapkan, yakni sebesar Rp 30 juta per Desa dari total anggaran Rp 100 juta.

Hingga saat ini, belum ada perubahan yang signifikan dalam penyerapan anggaran di Desa-Desa Kabupaten Kerinci. Hal ini menjadi perhatian serius mengingat anggaran yang belum terserap secara optimal dapat berdampak negatif pada pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di tingkat Desa.

Dalam konteks ini, kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Unit Tipidkor Polres Kerinci menjadi langkah penting untuk memastikan bahwa Kepala Desa dapat menyerap anggaran Tahun Anggaran 2023 sesuai dengan APBDes Desa masing-masing. Selain itu, diharapkan kerja sama yang erat antara Kepala Desa, Dinas Pemdes, Auditor Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), dan Aparat Pengawasan Hukum (APH) dapat memecahkan kendala-kendala terkait dengan Anggaran APBDes dan pertanggungjawabannya.

Kabid Keuangan dan Aset Desa KEMDEPIT, S.Sos., dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh Unit Tipidkor Polres Kerinci dalam mendukung penyerapan anggaran Desa. Ia juga mengingatkan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan anggaran Desa guna memastikan bahwa dana tersebut dapat digunakan secara efektif untuk kepentingan masyarakat Desa.

Dengan sinergi antara berbagai pihak yang terlibat dalam pengelolaan APBDes, diharapkan Kabupaten Kerinci dapat memaksimalkan penyerapan anggaran Tahun Anggaran 2023 sehingga pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di tingkat Desa dapat berjalan sesuai rencana dan memberikan manfaat yang signifikan bagi warga Desa.

Dengan berakhirnya Triwulan III Tahun Anggaran 2023, upaya terus dilakukan untuk memperbaiki capaian penyerapan anggaran sehingga Kabupaten Kerinci dapat mencapai target pembangunan yang telah ditetapkan. Unit Tipidkor Polres Kerinci bersama dengan instansi terkait siap untuk terus memberikan dukungan dalam mewujudkan hal ini.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Jelang KTT WWF di Bali, Korlantas Polri Survey Pengamanan dan Pengawalan di Beberapa Venue Kunjungan Delegasi
Program Pendidikan Siswa Qur’ani Cetak Polwan Berprestasi Dengan Keagamaan Kuat
Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Divkum Polri Gelar Rakernis : Penguatan Fungsi Hukum untuk Polri Presisi
Sertifikasi Penyidik Laka Lantas Sangat Penting Untuk Profesional Petugas
Kabaharkam Polri Akan Pimpin Operasi Puri Agung Amankan WWF Ke-10
Lihat Semua

HUMAS POLDA

1.972 Putra Putri Sulteng Siap Berkompetisi di Seleksi Calon Anggota Polri
Sinergi Cegah Radikalisme, Satgas Madago Raya Libatkan Imam Masjid dan Pegawai Syara' di Sigi
Progam Polisi Sahabat Anak, Kapolres Rembang & Ketua Bhayangkari Datangi TK Kemala Bhayangkari 48
Kasus Keracunan 30 Siswa SD di Rembang, Di Dalami Tim INAFIS Sat Reskrim Polres Rembang
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi; Trabas Kamtibmas Wujud Soliditas Polda Jateng dan Masyarakat Guna Menciptakan Harkamtibmas
Kapolda Jateng Irjenpol Ahmad Luthfi; Trabas Kamtibmas wujud soliditas Polda Jateng dan masyarakat guna menciptakan Harkamtibmas
Lihat Semua
WordPress Lightbox