[language-switcher]
Beranda  Berita

Binmas Bantu Padamkan Karhutla

Bone  – Kebakaran hutan dan  lahan pertanian merupakan ancaman serius bagi keberlangsungan lingkungan dan kehidupan manusia. Dalam upaya mencegah dan mengendalikan kebakaran tersebut, kepolisian dalam.hal  ini Personil Polsek Barebbo yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Barebbo Iptu Siswanto  turut aktif terlibat.

 

Seperti yang dilakukan oleh Kanit Intelkam Polsek  Barebbo Aipda Mursalim.bersama Bhabinkamtibams Desa Bacu Bripka Samsu Alam   yang turun langsung mengecek sebuah titik api yang terpantau berada di wilayah Desa  Bacu Kec Barebbo Kab. Bone.

 

Kegiatan ini berlangsung pada Senin malam (18/09/2023) sekira pukul 20.00  Wit , Kapolsek Barebbo Iptu Siswanto Bersma Aipda Mustalim dan Bripka  Samsu Alam  mendatangi lokasi kejadian bersama-sama dengan  Kades dan warga masyarakat lainya.

 

“Kegiatan pengecekan titik api ini, sebagai salah satu upaya yang Polri lakukan, untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya kebakaran hutan,” ujar Kapolsek

 

Iptu Siswanto  pun menjelaskan bahwa saat ini Polri sedang berupaya dan genvar-gencarnya terlibat dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan pertanian. Dalam  upayanya ini, Polri bekerja sama dengan para pihak terkait  setempat

 

Bahkan proses pemantauannya pun langsung Polri lakukan dengan menggunakan aplikasi yang dapat langsung memantau dan membaca titik api di manapun berada  dan kami siap turun langsung. Jika terjadi  kebakaran lahan.

 

Temuan titik api melalui aplikasi inilah yang nantinya akan diteruskan ke Polres dan Polsek jajaran. Informasi pun akan sampai kepada petugas bhabinkamtibmas yang akan langsung mengecek keberadaan titik api ini.

 

“Seperti yang hari ini  (malam ini ) terpantau berada di Desa  Bacu. Namun setelah kami tiba di lokasi kejadian, ternyata lokasinya itu  adalah bekas jerami Jagun yang habis di Panen dengan sengaja di bakar  untuk persiapan. Menanam kembali Jagun sambil. Menunggu hujan  turun ujar   Bhabinkamtibmas Bripka Samsu Alam.

 

Dan yang melakukan pembakaran Jerami Jagun pemilik Lahan  jagain sendiri  warga desa Bacu

 

Bripka Samsu Alam pun menjelaskan bahwa seperti biasanya, pembakaran lahan pertanian ini, merupakan salah satu kebiasaan masyarakat terutama petani, dalam rangka menyiapkan lahan untuk tanaman baru nantinya.

 

Sehingga dalam kesempatan tersebut,  Kapolsek Barebbo Iptu Siswanto Melalui Bhabinkamtibmas Bripka Samsu Alam  pun memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat, agar berhati-hati terhadap kegiatan pembakaran lahan seperti itu, karena bisa saja menimbulkan kerugian-kerugian lainnya dan juga bisa membahayakan. Bagi orang lain.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Siap Amankan Welcoming Dinner Delegasi World Water Forum ke-10 di GWK
Persiapan Polri Amankan Opening Ceremony World Water Forum ke-10 di Bali
DPR Apresiasi Jenderal Sigit Atas Penghargaan Bagi Satrio 
Kegiatan Sterilisasi Polri Jelang Kedatangan Delegasi Hingga Tamu VVIP World Water Forum di Bali
Cek Venue Balinese Water Purification, Polri : Pastikan Pengamanan dan Rute
Perhelatan KTT WWF ke-10 : Posko Satgas Walrolakir Monitoring Pengamanan VVIP & VIP
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polresta Balikpapan Siap Amankan Pertandingan Sepak Bola Championship Series Liga 1 2024, Borneo FC vs Madura United
Bersama Forkopimda, Kapolres PPU  Kawal Kirab Drumcorps Integrasi Yontarlat Kijang Latsitardanus XLIV / 2024
Polres Sekadau Sukses Amankan Festival Keling Kumang 2024, Kapolres Apresiasi Pelestarian Budaya Dayak
Pengungkapan Perkara Tindak Pidana  Perlindungan anak Di Wilkum Polsek Samarinda Seberang
Dua Pelaku Peredaran Sabu-sabu Ditangkap Polsek Sebulu
Polsek Samboja Gelar Kegiatan Jumat Berbagi, Salurkan Sembako kepada Warga Kurang Mampu
Lihat Semua
WordPress Lightbox