[language-switcher]
Beranda  Berita

Dit Samapta Polda Sumsel Serahkan Anak Beruang Madu ke BKSDA Sumsel untuk Pelestarian

Direktorat (Dit) Samapta Polda Sumsel serahkan anak Beruang Madu ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan (Sumsel).

“Iya, hari ini kita menyerahkan anak Beruang Madu jenis Helarctos Malayanus yang baru berumur 7 bulan ke BKSDA Sumsel,” ujar Kasubdit Gasum Dit Samapta Polda Sumsel AKBP Sutrisno, Selasa (24/10/2023).

“Beruang Madu tersebut ditemukan oleh Satgas Karhutla Dit Samapta Polda Sumsel pada saat sedang melakukan pemadaman api, pada hari Minggu 08 Oktober 2023 yang lalu di Perkebunan PT. BMH Sungai Bungin Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten OKI,” terangnya.

Menurut AKBP Sutrisno, setelah dilakukan perawatan selama 16 hari, bapak Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK melalui Direktur Samapta Kombes Pol Budi Mulyanto memerintahkan untuk segera menyerahkan Beruang Madu tersebut ke BKSDA Sumsel.

“Untuk proses penyerahan, di lengkapi dengan berita acara penyerahan lengkap dan langsung di terima oleh Bapak Muhammad Hafidz Zyen selaku Analis Tata Usaha/Pelayanan Perizinan Tumbuhan dan Satwa Liar di Balai KSDA Sumatera Selatan di Kantor BKSDA Sumsel,” jelasnya.

Sementara itu Bapak Muhammad Hafidz Zyen saat di minta keterangan, mengucapkan banyak terima kasih kepada Dit Samapta Polda Sumsel karena telah menyerahkan satwa dilindungi.

“Satwa liar dengan nama latin ‘Helarctos Malayanus’ tersebut rawan mati jika dirawat oleh orang tidak memahami cara merawat yang benar. Jika dipelihara warga, beruang itu dikhawatirkan akan mati,” ujarnya.

“Selain itu, Beruang Madu juga termasuk satwa liar yang buas. Semakin besar ukurannya, satwa dengan kuku tajam itu semakin berbahaya karena dikhawatirkan bisa menyerang manusia,” terang Hafidz.

“Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada Dit Samapta Polda Sumsel karena telah membantu pelestarian satwa dilindungi. Satwa akan lebih baik hidup di habitat aslinya dibanding dipelihara oleh manusia,” tutupnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Puslitbang Polri Gelar Seminar Hasil Penelitian Strategi Pengembangan SDM Polisi Siber untuk Mewujudkan Polri 4.0
Polri Bagi Tugas dengan TNI Kawal Delegasi World Water Forum
Kakorlantas Lepas 2.446 Personel dan 310 Kendaraan Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
Kakorlantas Ungkap Surat Tilang ETLE Melalui Pesan WhatsApp Masih Dalam Kajian dan Sosialisasi
Polri Tetap Pakai Penyebutan KKB
Polri Tetap Pakai Penyebutan KKB
Polri Minta Masyarakat Waspadai Kejahatan Siber dengan Modus Email
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Anggota Polisi RW Sambang Warga, Wujudkan Sitkamtibmas Wilayah Hukum Polres Batu Aman Kondusif
Polsek Kurun Beri Sosialisasi Tegas terhadap Bahaya Pungutan Liar
Sosialisasi Polsek Kurun: Warga Wajib Peduli Terhadap Tambang Ilegal
Polsek Kurun Prioritaskan Keselamatan Masyarakat dari Kebakaran Hutan
Debit Air Terkendali: Personel Polsek Kurun Berikan Rasa Aman pada Warga
Polsek Sepang Ajak Warga Peduli hingga Pungutan Liar Punah
Lihat Semua
WordPress Lightbox