[language-switcher]
Beranda  Berita

Kapolda Sulbar : Penegakan Hukum Polri Itu Tolak Ukurnya Pada Penyelesaian Kasus

Polda Sulbar – Membuka kegiatan asistensi dari Bareskrim Polri terkait peningkatan mutu percepatan penyelesaian perkara, Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar meminta seluruh jajaran reserse di wilayahnya untuk bekerja lebih maksimal, Kamis (26/10/23) di Aula Marannu.

Menurut Kapolda, kebanggaan Polri itu tolak ukurnya ada pada indeks penyelesaian kasus, jadi setiap laporan yang diterima harus ditindak lanjuti dengan cepat dan tepat jangan biarkan laporan yang diterima didiamkan sehingga menumpuk ataupun terjadi penunggakan kasus.

Kapolda juga menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap setiap Kasat Reserse diwilayah yang memiliki banyak tunggakan kasus. Kalau tidak ada perkembangan dalam penyelesaian kasus ngapain dipertahankan, tegas Kapolda.

IMG 20231026 WA0035

Bersamaan itu, Kapolda juga turut menyampaikan apresiasi kepada seluruh personel jajaran Ditreskrimum, Ditreskrimsus, Ditresnarkoba serta Satreskrim Polres/ta jajaran atas kerja keras, dedikasi dan kontribusi yang telah diberikan selama ini kepada organisasi Polri khususnya Polda Sulbar, melalui pelaksanaan tugas yang optimal, demi kemajuan organisasi untuk mewujudkan polri yang dipercaya masyarakat.

Perlu saya sampaikan, lanjut Kapolda trend gangguan kamtibmas periode januari hingga september 2022 dengan periode januari hingga september 2023 mengalami peningkatan sebanyak 42,27% (empat puluh dua koma dua tujuh persen). Dengan permasalahan terbanyak di dominasi oleh kasus narkotika, pencurian dengan pemberatan dan pencurian kendaraan bermotor.

Meningkatnya dinamika kamtibmas di wilayah hukum polda sulawesi barat ini tentunya karena sudah tidak ada lagi pembatasan kegiatan seperti waktu pandemi covid-19 lalu dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terutama paska hari raya besar dan hari libur.

Dengan crime clearence sepanjang tahun 2023 sebanyak 66,9% (enam puluh enam koma sembilan persen) saya yakin setelah adanya asistenti dari tim bareskrim ini, angka crime clearence di Polda Sulbar akan semakin meningkat dan bertambah yang bertujuan untuk memberikan pelayanan dan pengabdian terbaik kepada masyarakat serta meningkatkan citra baik institusi polri yang kita cintai ini, tutup Kapolda.

IMG 20231026 WA0052

Sementara itu, Brigjen Pol H. Aswin Sipayung selaku Katim dari Bareskrim mengungkapkan peningkatan percepatan penyelesaian perkara itu penting, tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat atas kinerja kepolisian dalam memberikan keadilan ataupun menentukan status hukum di setiap aduan masyarakat.

Ia juga berharap apa yang menjadi tunggakan perkara yang ditangani para penyidik di Sulbar dapat segera diselesaikan. Dari sekarang mulai lakukan perbaikan terhadap kultur pelayanan, baik saat menerima laporan masyarakat, proses penyidikan hingga penyelesaian perkara.

Saat menerima laporan, kata Aswin Sipayung jajaran reserse diharapkan dapat menjadi pendengar terbaik atas keluhan masyarakat sehingga menimbulkan adanya harapan bagi pencari keadilan. Selanjutnya berikan edukasi yang baik kepada seluruh masyarakat dalam hal kelengkapan berkas pelaporan dan lainnya.

Brigjen Pol H. Aswin Sipayung juga berharap para jajaran reserse agar menjelaskan kendala yang dihadapi saat menangani kasus sehingga kasus yang tertunggak sebelumnya bisa diselesaikan.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Kunjungi Tenda Pengungsian, Ketum Bhayangkari Ikut Bermain Bersama Anak- anak Korban Bencana Tanah Datar
Polri Perhatikan Aspek Keselamatan Casis saat Rekrutmen Polisi di Tahun 2024
Korbrimob Polri Terima Kunjungan Komite Internasional Palang Merah di Markas Brimob Kelapadua Depok
Kapolri Dorong Transformasi Polri yang Presisi sebagai Pilar Menuju Indonesia Emas 2024
Kapolri Berikan Penghargaan Pendidikan Polri ke Casis Korban Begal
PB SEMMI Apresiasi Polri Tangkap Buronan Kelas Kakap Thailand
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Tim Resmob Polresta Mamuju Ungkap Dan Tangkap Jaringan Pelaku Penggelapan Mobil Rental
Kunjungi Tenda Pengungsian, Ketum Bhayangkari Ikut Bermain Bersama Anak- anak Korban Bencana Tanah Datar
Kasat Reskrim Polres Pasangkayu Hadiri Pemusnahan Barang Bukti Perkara Tindak Pidana
Bhabinkamtibmas Subsektor Mapilli Monitoring Intervensi Serentak Pencegahan Stunting
Menyambut  Hari Bhayangkara Personil Polres Polman Melaksanakan Latihan Dalmas
Sat Samapta Polres Mamasa Laksanakan Patroli Jalan Kaki, Jamin Keamanan Kamtibmas Masyarakat di Wilkum Polres Mamasa
Lihat Semua
WordPress Lightbox