[language-switcher]
Beranda  Berita

Polri Hadir Ditengah – tengah Masyarakat Memberikan Rasa Aman Sehingga Terciptanya Situasi Yang Kondusif

Humas Polres Prabumulih Polda Sumatera Selatan, Kamis (26 /10/2023)
Personel Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) merupakan salah satu garda terdepan personel Polri yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Seiring berjalannya waktu, Polri terus melakukan perbaikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, hadir di tengah masyarakat, menemani bahkan menjadi tempat bercerita itulah salah-satu tugas Bhabinkamtibmas di bawah naungan Polres Prabumulih. Bahkan, hubungan baik antara warga dan polisi ini seperti keluarga yang saling mengasihi.

Tugas dan fungsi Bhabinkamtibmas tertuang pada pasal 1 ayat 4 mengenai peraturan kepala kepolisian Negara Republik Indonesia nomor 3 tahun 2015, tentang pemolisian masyarakat, bhabinkamtibmas adalah pengemban Polmas yang ada di desa atau kelurahan.

Di bawah kepemimpinan Kapolres Prabumulih AKBP Witdiardi SIk MH, kehadiran Bhabinkamtibmas tak hanya memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakatnya.

Di situasi kekeringan dan wabah el-nino yang mengancam saat ini, Bhabinkamtibmas juga mengemban amanah dari Kepala Kepolisian untuk melakukan sosialisasi dan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Prabumulih. Dari perkotaan hingga pelosok desa sesuai wilayah tugas masing-masing.

Salah-satunya, Aipda Elyas Pikal SH MSi, Bhabinkamtibmas di Kelurahan Karang Raja, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih mempunyai cara tersendiri untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah binaannya.

Hampir 13 tahun menjadi Bhabinkamtibmas di Kelurahan Karang Raja dan sudah 9 kali menyaksikan pergantian Lurah Karang Raja, membuat Aipda Elyas juga dikenal banyak orang.

“Alhamdulillah, mulai dari anak-anak sampai nenek-nenek hampir semuanya kenal, karena kita juga welcome dengan masyarakat dan standbye siang-malam,”

Dalam menciptakan keamanan di kelurahannya, dia juga berinovasi dengan membentuk kantor khusus di Kelurahan Karang Raja. Rasanya, baru Bhabinkamtibmas Kelurahan Karang Raja yang mempunyai kantor alias ruang khusus di wilayahnya.

Selain itu, dirinya juga berinovasi dengan membentuk FKPM yang berarti Forum Kemitraan Polisi Masyarakat sejak tahun 2015 lalu yang ada di Perumahan Arda.

Berkat inovasi nya itu pula, dia pernah mendapatkan penghargaan dari Kapolda Sumsel sebagai Bhabinkamtibmas terbaik yang berhasil membentuk FKPM. Sampai saat ini FKPM Kelurahan Karang Raja masih jalan. Saking solid nya masyarakat, Poskamlingnya juga aktif di 7 RW yang ada di kelurahan Karang Raja. “1 RW 1 Poskamling,” lanjutnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polda Sulut Kirim Personel dan Logistik Bantu Warga Terdampak Erupsi Gunung Ruang di Sitaro
Tim Penerjun Payung Polri Juarai Kompetisi Skydiving Tingkat Asia!
Tim Nasional Indoor Skydiving Indonesia Meraih Prestasi Pada Kejuaraan Asia
Kapolri Hadiri Rapat Koordinasi Penyelenggaraan WWF Ke-10 di Bali
Angka Kecelakaan Dinilai Turun Saat Mudik dan Balik Lebaran 2024
Personel Polri Harumkan Nama Indonesia, Sabet Juara 2 dan 3 Kejuaran Asia Indoor Sky Diving
Lihat Semua

HUMAS POLDA

SPKT Polres Tebing Tinggi Problem Solving KDRT Yang Dilakukan Suami Terhadap Istri
Diduga Hanyut Dialiran Sungai Bahbolon, Polres Tebing Tinggi Lakukan Pencarian
Polres Tebing Tinggi Evakuasi Korban Hanyut di Sungai Bahbolon
Pengamanan Kebaktian Minggu di Gereja-Gereja Prioritas Wilkum Polsek Dolok Batu Nanggar Berlangsung Aman
Kapolres Lebong Sambut Pj Wali Kota Bengkulu Salurkan Bantuan Sosial
Patroli Perintis Presisi Sat Samapta Polres Simalungun Berhasil Jaga Kondusivitas Wilayah
Lihat Semua
WordPress Lightbox

bandar slot gacor