[language-switcher]
Beranda  Berita

Jelang Pemilu, Kapolres Ketapang Ingatkan Netralitas Polri Kepada Anggotanya

Memasuki tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024, Kapolres Ketapang AKBP Tommy Ferdian menekankan kepada anggota Polres Ketapang, pentingnya menjaga netralitas Polri dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Penekanan tersebut disampaikan AKBP Tommy Ferdian dalam amanatnya saat mengambil Jam Pimpinan Apel Pagi di Halaman Mapolres Ketapang Polda Kalbar, Senin (23/10/2023) pagi.

“ Sesuai Undang Undang Nomor 02 tahun 2002 di pasal 28 Ayat 1 dan 2, sudah jelas bahwa anggota Polri bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis. Selain itu anggota Polri tidak menggunakan hak memilih dan dipilih ” Ujar Kapolres.

 

Lebih lanjut, Kapolres Ketapang menyampaikan, anggota Polri dilarang untuk tidak memberikan dukungan politik dan keberpihakan dalam bentuk apapun kepada parpol maupun pasangan calon. Anggota Polres Ketapang juga dilarang menggunakan fasilitas dinas untuk mendukung pasangan calon tertentu.

“ Anggota Polri khususnya anggota Polres Ketapang harus benar benar komitmen untuk melaksanakan tugas pengamanan pemilu dengan sebaik baiknya ” Tegas Kapolres.

Selain terkait netralitas anggota Polri, dirinya juga menyampaikan potensi kerawanan yang dapat muncul dalam penyelenggaraan tahapan pemilu 2024 seperti Isu SARA, Politik Uang, Politik Identitas, serta maraknya berita hoaks dan ujaran kebencian di media sosial.

Terkait hal ini, Kapolres Ketapang menyampaikan Polres Ketapang telah mempersiapkan langkah langkah konkrit melalui pelaksanaan kegiatan personil yang terlibat dalam Satgas Operasi Mantap Brata 2024 dimana setiap satuan tugas melaksanakan kegiatan preemtif melalui himbauan sosialisasi pemilu damai, kegiatan preventif melalui patroli cipta kondisi dan pengamanan dalam kegiatan tahapan pemilu, kegiatan satgas gakkum melalui patroli cyber di media sosial serta pelaksanaan cooling system dalam rangka mewujudkan suasana pemilu yang aman dan damai.

Berkaitan dengan hal itu, Kapolres juga menegaskan pentingnya kesiapsiagaan dan deteksi dini dalam pengamanan Pemilu 2024 untuk menciptakan Kamtibmas, sehingga pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan aman dan lancar di setiap tahapannya.

“ Polres Ketapang bersama dengan stakeholder terkait, serta bersama Tokoh Masayarakat, berkomitmen untuk menciptakan kondisi pemilu 2024 yang aman sejuk dan damai di wilayah Hukum Polres Ketapang. Situasi Kamtibmas menjelang Pemilu 2024 di Kabupaten Ketapang saat ini juga relatif kondusif ” Pungkas Tommy.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Turunkan 5.791 Personel Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
Polri Sebut Gangguan Kamtibmas dan Laka Lantas Menurun Saat May Day
Pererat Hubungan Kerja, Dankorbrimob Terima Kunjungan DSS ATA Kemenlu Amerika Serikat
Hardiknas, Kapolri Sebut Semua Pihak Bisa Berperan Majukan Pendidikan
Polri Luncurkan Whistle Blowing System untuk Awasi Proses Rekrutmen Anggota
POM TNI dan Propam Gelar Rakornis, Fokus Upaya Pencegahan
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Sidokes Polres Pali Pastikan Kesehatan Tahanan Rutan Polres PALI
Kapolres Hadiri Halal Bihalal Keluarga Besar DPC Sarbumusi Jember
Peresmian Kantor Bersama Samsat Palembang IV , Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo Berharap Peningkatan Pelayanan Mayarakat
Meningkatkan Kemampuan Penanganan Kejadian, Sat Samapta Polres Pali Gelar Latihan TP TKP
Polisi Tetapkan 5 Tersangka dari Pengungkapan Narkoba di Sentul Bogor
Sat Samapta Polres Pali Gelar Patroli Perintis Presisi, Jaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat
Lihat Semua
WordPress Lightbox