[language-switcher]
Beranda  Berita

Jelang Pemilu 2024, Polres Bitung Gelar Sosialisasi Pengunaan Senpi

BITUNG, Humas Polres Bitung – Meningkatkan situasi Kamtibmas aman dan kondusif jelang Pemilu 2024 jajaran Polres Bitung mengelar sosialisasi penyalahgunaan senjata api (Senpi) ilegal pada Kamis (9/11/2023) pagi.

Sosialisasi tersebut digelar disalah satu cafe di wilayah Kelurahan Paceda Kecamatan Madidir Kota Bitung yang dihadiri sejumlah LSM dan Ormas dan perwakilan masyarakat.

Menurut Kasi Humas Polres Bitung IPDA Iwan Setiayabudi sosialisasi ini sangat penting guna meminimalisir dan menciptakan situasi Kamtibmas di Kota Bitung jelang Pemilu 2024.

Selain itu, kata Kasi Humas Polres Bitung, pelaksanaan sosialisasi saat ini oleh Polri gandeng Masyarakat, guna eliminir/meniadakan penyelundupan senjata api ilegal ke POK KKB Papua.

“Kota Bitung, sebagai lokasi transit dan strategis dalam peredaran penyeludupan senjata api dari Negara tetangga, dimana sebagai tempat home industri senjata api,” kata Iwan.

Lebih lanjut, kata Iwan, tujuan kedua pelaksanaan sosialisasi saat ini, bertujuan memberi pemahaman tentang bahaya menyimpan, memiliki atau menggunakan senjata api baik untuk perbuatan kriminal, tawuran dan rusuh massa.

“Kepemilikan dan pengunaan senjata api, di atur dalam UU Darurat no 12 tahun 1951 dan sangsinya berat yaitu hukuman mati atau hukuman penjara setinggi tingginya 20 tahun,” bebernya.

Seraya menghimbau kepada masyarakat Kota Bitung, untuk dapat menjadi perhatian serta melaporkan kepihak yang berwajib, jika menemukan atau mendapati informasi terhadap kepemilikan senjata api.

“Harapannya masyarakat Kota Bitung, jika memiliki ataupun mendapatkan informasi terkait dengan kepemilikan senjata api, agar segera melapor,” pungkasnya.

Turut hadir di kegiatan sosialiasi tersebut dihadiri perwakilan Kodim 1310/Bitung, sejumlah PJU Polres Bitung, Perwakilan Perbakin Kota Bitung, Dinas Kehutan Sulut dan Tokoh Pemuda serta Tokoh Adat Kota Bitung.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Turunkan 5.791 Personel Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
Polri Sebut Gangguan Kamtibmas dan Laka Lantas Menurun Saat May Day
Pererat Hubungan Kerja, Dankorbrimob Terima Kunjungan DSS ATA Kemenlu Amerika Serikat
Hardiknas, Kapolri Sebut Semua Pihak Bisa Berperan Majukan Pendidikan
Polri Luncurkan Whistle Blowing System untuk Awasi Proses Rekrutmen Anggota
POM TNI dan Propam Gelar Rakornis, Fokus Upaya Pencegahan
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Rutinitas Sat Polairud Polres Tanjung Balai Laksanakan Patroli Perairan Cegah Masuknya Narkoba Melalui Wilayah Perairan
Polres Tanjung Balai Menghadiri Upacara Peringatan Hari pendidikan Nasional (HARDIKNAS) ke 65
Polres Tanjung Balai Laksanakan Bironthal Bentuk Karakter Polri yang Relegius
Jaga Kondusifitas, Personel Polsek Permata Intan Serukan Imbauan Stop HPUS
Jaga Kondusifitas, Polsek Permata Intan Serukan Imbauan Stop HPUS
Polsek Bunut Perkenalkan dan Latih Siswa Baris Berbaris
Lihat Semua
WordPress Lightbox