[language-switcher]
Beranda  Berita

Gelar Deklarasi Damai Pemilu 2024 dan Penanaman Pohon, Kapolres Bengkayang: Ini Nilai Filosofis Pohon Dalam Menghadapi Tahun Politik

Bengkayang, Kalbar – Kepolisian Resor Bengkayang Polda Kalbar menggelar Deklarasi Damai Pemilu 2024 dan Penanaman Pohon bersama Forkopimda, Penyelenggara dan Peserta Pemilu bertempat di Alun-Alun Sekayok Damai Raya, Kamis (23/11/23) pagi.

Kegiatan dihadiri Bupati Bengkayang, Kapolres Bengkayang, Pasi Intel Lanud Harry Hadisoemantri Sanggau Ledo, Personel Kodim 1202 Singkawang, Kajari Bengkayang, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bengkayang, Ketua KPU Kab. Bengkayang, Ketua Bawaslu Kab. Bengkayang, Kasat Pol PP Kab. Bengkayang, Kaban Kesbangpol Kab. Bengkayang, Kepala OPD dilingkungan Pemda Kab. Bengkayang, Ketua FKUB Kab. Bengkayang serta Perwakilan Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024 diwilayah Kab. Bengkayang.

Dalam sambutannya, Kapolres Bengkayang AKBP Teguh Nugroho, S.H., S.I.K., M.I.K. mengatakan Deklarasi Pemilu Damai merupakan sarana untuk mengajak partai politik, pasangan calon, masa pendukung calon, organisasi masyarakat, dan seluruh elemen masyarakat untuk berkomitmen dalam menjaga pelaksanaan Pemilu agar berlangsung secara aman, damai, lancar dan kondusif.

“Momen Deklarasi Damai ini merupakan langkah awal kita menyatukan persepsi tentang proses pelaksanaan pemilu yang akan menjadi tanggung jawab kita bersama dalam mengawal dan mengamankan Pemilu 2024 mendatang,” ujarnya.

Lebih dalam dikatakannya, setelah deklarasi ini akan dilanjutkan penanaman pohon yang mana ini sebagai simbol kebermanfaat bagi semua pihak dalam menjaga harkamtibmas, sebagaimana sebuah pohon yang rindang diharapkan memberikan kesejukan dan membawa manfaat bagi lingkungan sekitarnya, memberikan perubahan positif dan mampu menjaga kondisi nyaman disekitarnya.

“Kebermanfaatan seperti itulah yang harus kita jaga dan lestarikan sehingga selama masa pemilu Kabupaten Bengkayang akan tetap berjalan aman, damai, lancar dan tidak tepecah belah karena perbedaan pilihan,” ujarnya.

“Penanaman pohon ini juga sebagai simbol kewajiban bagi kita untuk menjaga dan memupuknya sehingga bisa tumbuh dan berkembang, hal tersebut sejalan dengan kehidupan kita berbangsa dan bernegara yang apabila tidak kita pupuk dan jaga akan mudah tergerus oleh perubahan zaman,” tambah Kapolres.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga berharap semoga dengan adanya Deklarasi Pemilu Damai ini, diharapkan mampu menciptakan iklim politik yang kondusif bagi keseluruhan proses pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang, sehingga dapat berjalan sukses dan aman.

Adapun isi Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 yang dibacakan secara langsung dan bersama-sama yakni, Kami Peserta Pemilu Tahun 2024 Menyatakan dan Berkomitmen untuk :
1. Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
2. Mensukseskan Pemilu Tahun 2024 yang Bermartabat, Berintegritas, Jujur, Adil, Aman, Damai dan Demokratis.
3. Tunduk Patuh pada Peraturan dan Perundang-Undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
4. Menolak segala bentuk Penyebaran Hoax, Ujaran Kebencian, Politik Uang, Politisi Agama dan Etnis.

Setelah Deklarasi Damai tersebut, dilanjutkan dengan Penanaman Sepuluh Juta Pohon bersama Forkompimda dan Elemen Masyarakat Kabupaten Bengkayang. Hal tersebut guna mendukung program yang diinisiasi oleh Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bersama dengan Polri.

Untuk diketahui, Penanaman Sepuluh Juta Pohon tersebut juga serentak dilaksanakan oleh Polsek jajaran Polres Bengkayang dengan melibatkan Forkopimcam, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat maupun masyarakat setempat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Uskup Agung Jakarta Apresiasi Polri Berhasil Tingkatkan Kepuasan Masyarakat saat Mudik Lebaran
Ada Penyelenggaraan WWF ke-10, Pelaku UMKM di Bali 'Kecipratan' Dampak Positifnya
Korban Pesawat Latih Jatuh di BSD Meninggal, RS Polri: Karena Benturan
Kapolri: Selamat Harkitnas, Eratkan Persaudaraan Menuju Indonesia Emas 2045
Polri Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-116
Polri Amankan Opening Ceremony WWF Ke-10 di Bali Hari Ini
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Jaga Kondusifitas, Polsek Baleendah Lakukan Patroli Dialogis OMB 2024 di Baleendah
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi; terbentuknya Ndaru meringankan tugas Polri dalam Harkamtibmas
Kegiatan Rutinitas, Unit Reskrim Polsek Baleendah Lakukan Operasi Pekat Dengan Sasaran Miras
Irjen Pol Ahmad Luthfi; Nafasnya Ndaru mempererat tali persaudaraan Kebangsaan
Pelayanan Prima Pagi dan Sore, Unit Samapta Polsek Baleendah Laksanakan Gatur Lalu Lintas
Pelayanan Gatur Pagi Terus di Laksanakeun Oleh Personil Unit Lantas Polsek Dayeuhkolot
Lihat Semua
WordPress Lightbox