[language-switcher]
Beranda  Berita

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2023, Kapolres Wonogiri: Siap Amankan Nataru

Wonogiri – Polres Wonogiri menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Lilin Candi 2023 di Komplek GOR Giri Mandala Kabupaten Wonogiri. Jumat, (22/12/2023).

Gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana serta wujud nyata kesiapan Polres Wonogiri dalam pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Pemberlakukan Operasi Lilin Wonogiri 2023 ditandai dengan penyematan pita operasi oleh Kapolres Wonogiri bersama Forkopimdaq kepada perwakilan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub disaksikan oleh seluruh peserta apel dan segenap tamu undangan.

Dalam kesempatan tersebut, turut dihadirkan pula sarana prasarana penunjang, baik dari Polres Wonogiri maupun instansi terkait. Menairiknya, beberapa diantaranya merupakan peralatan pendukung dalam menghadapi potensi terjadinya bencana hidrometeorologi baik dari Polres Wonogiri, BPBD, pemadam kebakaran maupun dari Basarnas.

Sebagai pimpinan apel, AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, S.H., S.I.K., M.M., M.Si., menegaskan, momentum Nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat. Selain itu, perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi.

“Oleh sebab itu, dalam rangka pengamanan Nataru, Polri menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2023 selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024.” Jelasnya.

Pihaknya menambahkan, Operasi Lilin Candi 2023 di Kabupaten Wonogiri melibatkan sedikitnya 300 personel terdiri dari 219 personil Polres Wonogiri dan 81 personil dari rekan-rekan TNI, pemerintah daerah, Mitra Kamtibmas dan stakeholder terkait.

Beberapa hal yang menjadi fokus pengamanan Nataru diantaranya adalah kegiatan perayaan Natal di sejumlah gereja dan rumah ibadah, kegiatan masyarakat, kelancaran lalu lintas, lokasi wisata maupun aktivitas masyarakat yang merayakan tahun baru.

“Kita optimalkan upaya pencegahan terhadap potensi gangguan Kamtibmas seperti terorisme, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, kriminalitas, termasuk diantaranya adalah petasan maupun balon udara serta minuman keras.” Imbuhnya.

Guna mendukung jalannya operasi, Polres Wonogiri akan mendirikan sedikitnya 2 pos pengamanan dan pelayanan Nataru yakni di depan Gereja Yohanes Rosul dan pos pengamanan di Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur.

Terkait antisipasi bencana alam, AKBP Indra mengatakan, pihaknya telah menyiagakan sejumlah personel khusus berikut perlengkapan yang dimiliki. Tidak berhenti disitu, pihaknya juga memastikan sinergitas dan koordinasi dengan stakeholder terkait berjalan dengan baik sehingga secara keseluruhan siap digerakkan sewaktu-waktu.

“Saya berpesan kepada masyarakat untuk tidak merayakan tahun baru secara berlebihan, dan kepada masyarakat yang mudik agar mempersiapkan kendaraan dan jaga kondisi fisik agar tidak terjadi kendala saat perjalanan, jangan segan untuk minta bantuan di Pos Polisi terdekat, dan beristirahatlah saat badan sudah capek, jangan paksakan diri cepat sampai rumah dan mengabaikan keselamatan” pesannya

Diakir kegiatan dilaksanakan pemeriksaan sarana prasarana guna menunjang pelaksanaan operasi lilin candi 2023.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Kasdim 0728 Wonogiri, Wakapolres Wonogiri, Bupati Wonogiri yang diwakili Sekda Kabupaten Wonogiri, Kepala OPD, Kajari Wonogiri, PJU Polres Wonogiri, personil Polres Wonogiri, perwakilan Basarnas, BPBD, serta organisasi masyarakat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Ada Penyelenggaraan WWF ke-10, Pelaku UMKM di Bali 'Kecipratan' Dampak Positifnya
Korban Pesawat Latih Jatuh di BSD Meninggal, RS Polri: Karena Benturan
Kapolri: Selamat Harkitnas, Eratkan Persaudaraan Menuju Indonesia Emas 2045
Polri Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-116
Polri Amankan Opening Ceremony WWF Ke-10 di Bali Hari Ini
Peduli Korban Bencana, Polri Gelar Yasinan Trauma Healing di Bukittinggi
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Long Weekend Saat WWF Berlangsung, Polda Jatim Tambah Personel di Pelabuhan Ketapang
Patroli Blue Light Polsek Grati Antisipasi Gangguan Kamtibmas Di Lingkungan Masyarakat
Dengan Semangat hari Kebangkitan Nasional, Polres Bangka Berikan Pelayanan Pelayanan Kepada Masyarakat.
Antisipasi Aksi Kriminalitas 3C Polsek Pohjentrek Lakukan Patroli Jam Rawan
*Long Weekend Saat WWF Berlangsung, Polda Jatim Tambah Personel di Pelabuhan Ketapang*
Ada Penyelenggaraan WWF ke-10, Pelaku UMKM di Bali 'Kecipratan' Dampak Positifnya
Lihat Semua
WordPress Lightbox