[language-switcher]
Beranda  Berita

Putranya Akhirnya Ikut Pendidikan Tamtama Brimob Polri, Orang Tua: Terima Kasih Kapolda Maluku

POLDA MALUKU – Abdul Majid, orang tua dari Faizul Rahman alias Rifai, casis Tamtama Brimob Polri yang kini mengikuti pendidikan di Pusdik Brimob Watukosek, Jawa Timur, menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, SH., M.Hum.

Ucapan yang tulus dari penjual roti keliling di Ambon ini, menyusul adanya kesempatan yang diberikan Kapolda atas persoalan pidana putranya Rifai. Anaknya itu menganiaya korban Zulham alias Ajul, dan saat ini telah berakhir damai, setelah sempat bergulir di ranah hukum.

Sebagaimana diketahui, kasus kekerasan bersama itu nyaris membuat nama Rifai dicoret dari siswa Tamtama Brimob Polri Tahun 2024. Beruntung, jiwa besar korban dan keluarganya yang memaafkan, dan adanya kesempatan kedua dari Kapolda sehingga Rifai dapat melanjutkan cita-citanya tersebut.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Kapolda Maluku, Bapak Kapolresta, Bapak Kapolsek dan penyidik yang sudah memediasi masalah antara anak kami dengan korban, hingga bisa selesai dan korban mencabut laporan. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala membalas kebaikan-kebaikan bapak-bapak semua,” kata Majid yang didampingi istrinya Halima Sumoa di Ambon, Senin (12/2/2024).

Majid mengaku, tanpa bantuan Kapolda, maka putranya saat ini tidak bisa mengikuti pendidikan Tamtama Brimob. Ia mengatakan, putranya diberangkatkan pada Sabtu sore tanggal 10 Februari 2024.

“Kami juga memohon maaf sebesar-besarnya atas apa yang telah kami lakukan yang tersebar di media sosial belakangan ini, dan mungkin mengganggu aktivitas bapak-bapak sekalian,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Majid juga menyampaikan terima kasih kepada korban dan keluarganya yang sudah mencabut laporan polisi, dan mau menyeselaikan secara kekeluargaan.

“Sekali lagi kami meminta terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Kapolda dan jajaran Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan kesehatan dan keberkahan untuk bapak Kapolda dan seluruh anggota kepolisian di Maluku,” ucapnya.

Untuk diketahui, proses penyelesaian perkara tindak pidana kekerasan bersama terhadap orang dengan Tersangka Faizul Rahman alias Rifai, calon Tamtama Brimob Polri, terhadap Korban Zulham alias Ajul, akhirnya berakhir damai secara kekeluargaan.

Mediasi perdamaian antara kedua belah pihak dilakukan di Markas Polsek Sirimau, Jalan Sultan Hairun, Kota Ambon, Sabtu (10/2/2024) sekira pukul 13.15 WIT.

Dalam proses penyelesaian perkara tersebut dihadiri langsung oleh Kapolsek Sirimau, Raja Negeri Batu Merah, Imam Masjid setempat, ketua RT setempat dan keluarga korban maupun tersangka.

Kedua belah pihak telah menyepakati perdamaian sesuai surat kesepakatan bersama yang sudah ditandatangani dan disaksikan sejumlah pihak.

Pihak pelaku juga telah menyetujui semua isi perjanjian, dan kedua belah pihak menandatangani beberapa dokumen antara lain, Permohonan Pencabutan Perkara; Berita Acara Pencabutan Perkara; Surat pernyataan tidak akan menuntut; Dan Surat kesepakat bersama ditanda tangani.

Rifai merupakan calon Tamtama Brimob Tahun 2024 yang dinyatakan lulus terpilih. Ia sempat ditahan penyidik Polsek Sirimau setelah ditetapkan sebagai tersangka. Ia ditahan karena menganiaya korban Ajul pada tanggal 24 Oktober 2021, tepat di depan Masjid Nurul Iman, Kompleks Kepala Air RT 001 RW 014 Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Perbuatan Rifai menyebabkan korban Ajul mengalami luka memar dan luka robek di kepala. Tak terima, korban Ajul langsung melaporkan ke Polsek dengan laporan polisi nomor LP-B/21/II/2021/Sek Sirimau/Resta Ambon, tanggal 24 Februari 2021.

Kapolda Maluku telah memberikan ruang mediasi kepada kedua pihak sampai detik terakhir keberangkatan casis tersebut.

Kapolda menyampaikan apabila mediasi tercapai akan memberangkatkan casis tersebut untuk ikut pendidikan Tamtama Brimob, namun bila tidak tercapai maka sesuai aturan yang telah ditetapkan, akan dicoret dari daftar casis yang dari Polda Maluku.

Kapolda menyampaikan kasus ini harus diambil hikmahnya dan jadi pembelajaran bagi siapapun agar tidak melakukan hal-hal yang potensi pelanggaran hukum atau kejahatan yang merugikan diri sendiri dan keluarga karena harus menjalani proses hukum.

Kapolda berpesan kepada yang bersangkutan ikuti pendidikan dengan baik, jangan lakukan pelanggaran sekecil apapun dan syukuri apa yang telah didapatkan dan jangan membuat jadi sombong dan arogan dalam bersikap dan perilaku di tengah masyarakat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Uskup Agung Jakarta Apresiasi Polri Berhasil Tingkatkan Kepuasan Masyarakat saat Mudik Lebaran
Ada Penyelenggaraan WWF ke-10, Pelaku UMKM di Bali 'Kecipratan' Dampak Positifnya
Korban Pesawat Latih Jatuh di BSD Meninggal, RS Polri: Karena Benturan
Kapolri: Selamat Harkitnas, Eratkan Persaudaraan Menuju Indonesia Emas 2045
Polri Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-116
Polri Amankan Opening Ceremony WWF Ke-10 di Bali Hari Ini
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Unit Samapta Polsek Solokan Jeruk Polresta Bandung lakukan pengaturan lalu lintas Di daerah rawan macet di daerah se-kec. Solokanjeruk
Dari Pintu ke Pintu Rumah Warga, TNI Dan Polri Bersinergi Sampaikan Imbauan TPPO
Bhabinkamtibmas Polsek Baleendah Temui Silaturahmi Dengan Warga Sampaikan Imbauan Kamtibmas
Piket Fungsi Intel Polsek Baleendah Lakukan Pemantauan dan Pengamanan Misa Rutin di Gereja Manggahang
Urai Kemacetan Pagi Hari, Unit Lantas Polsek Baleendah Laksanakan Pengaturan Lalin
Antisipasi Terjadinya Kriminalitas, Polsek Baleendah Lakukan Patroli Malam Hari OMB 2024 di Baleendah
Lihat Semua
WordPress Lightbox