[language-switcher]
Beranda  Berita

Seusai Sholat Jumat, AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., pimpin giat Jumat Curhat bersama Tokoh Agama dan para Jemaah

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Sebagai upaya Polri dalam menyediakan wadah saling berinteraksi bersama Masyarakat, Polres Kepulauan Tanimbar menggelar giat Jumat Curhat seusai pelaksanaan Sholat Jumat, yang dipimpin oleh Kapolres AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., Jumat (15/03/24).

Kegiatan Jumat Curhat yang bertemakan “Polres Kepulauan Tanimbar wujudkan Polisi Keselibur (Polisi sahabat masyarakat)” ini, turut dihadiri oleh para PJU Polres Kepulauan Tanimbar, Kapolsek Tanimbar Selatan hingga Personel Polres Kepulauan Tanimbar dengan menghadirkan Tokoh Agama dan Jamaah Masjid Babut Taqwa, yang berlokasi di Desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Sesusai Sholat Jumat dalam suasana yang santai melalui kegiatan yang bertajuk Jumat Curhat ini nampak terlihat Kapolres berinteraksi langsung dengan masyarakat, yang tentunya kegiatan ini merupakan sarana untuk bertukar informasi dengan masyarakat pada seputar situasi Kamtibmas yang berada di kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Mengawalinya, Kaporles Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus maupun warga jemaah pada Masjid Baabut Taqwa atas waktu yang telah diberikan kepada Polres untuk dapat menyelenggarakan kegiatan Jumat Curhat di hari ini.

“Kegiatan Jumat Curhat ini merupakan sarana silaturrahmi dan sebagai wujud interaksi secara langsung antara Polri dengan masyarakat. Tujuannya untuk mendengar aspirasi masyarakat yang berkaitan dengan Kamtibmas, ataupun pelayanan untuk dilakukan perbaikan kedepannya” ungkap Kapolres.

Berkaitan dengan situasi cuaca musim Barat yang saat ini sedang melanda Kabupaten Kepulauan Tanimbar, sehingga pada kesempatan itu Kapolres menghimbau kepada seluruh Warga Jamaah agar waspadai cuaca ekstrim, mengingat Saudara kita di Desa Wowonda ada yang tertimpa musibah hanyut akibat hujan deras disertai angin kencang, sehingga diharapkan hal itu bisa menjadi salah satu contoh untuk kita semua.

“Kepada Warga Jamaah yang mungkin berprofesi sebagai Nelayan atau yang sering melaksanakan Aktifitas di laut agar tetap memperhatikan dan waspadai Cuaca yang sedang terjadi saat ini dengan tidak melakukan pelayaran untuk sementara waktu” imbau Kapolres.

Kapolres juga menghimbau tentang pentingnya Peran para Warga Jamaah dalam hal ini para Orang tua dalam menerapkan fungsi pengawasan terhadap Anak-Anaknya. karena yang kita tahu bersama bahwa kasus-kasus asusila yang korbannya melibatkan Anak dibawah umur marak terjadi.

“Kepada para Orang tua mari kita tingkatkan pengawasan terhadap Anak-Anak kita sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan” ucap Kapolres.

Selain itu, Kapolres mengatakan bahwa saat ini banyak para remaja maupun kalangan muda menggunakan Knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis (brong), sehingga Kapolres menghimbau agar segera diganti ke Knalpot standar. Apabila kedapatan ada yang menggunakan Knalpot yang bukan standar pabrik maka kami (Polres) akan mengambil tindakan.

“Penggunaan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis tersebut tidak diperbolehkan karena bisa menimbulkan kebisingan serta mengganggu kenyamanan masyarakat hingga dapat menimbulkan polusi udara” jelasnya.

Sementara itu, salah salah satu Warga Jamaah menyampaikan keluhan menyangkut dengan ijin keramaian yang mana batas waktu yang tercantum dalam isi surat ijin keramaian itu, mengingat di beberapa tempat pada wilayah Pasar Omele Desa Sifnana ada yang mengadakan acara hingga larut malam, sehingga menimbulkan kebisingan dan mengganggu kenyamanan masyarakat sekitar, untuk itu diharapkan pihak Polres Kepualauan Tanimbar dapat menindaklanjuti hal ini.

Menanggapinya, Kapolres mengungkapkan bahwa terkait batas waktu yang tercantum dalam surat ijin keramaian yaitu sampai batas Pukul 24.00 WIT, akan tetapi kami dari pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Kepulauan Tanimbar memberikaan dispensasi waktu tertentu apabila giat tersebut tidak menimbulkan gangguang kamtibmas.

“Pernah saya turun langsung dan menemukan pada gedung kesenian Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang sedang melaksanakan giat yang eforianya sampai larut dan ketika itu berlangsung, saya yang langsung bubarkan” tegas Kapolres.

Dengan demikian, sambung Kapolres, apabila para Jamaah yang menemukan adanya kegiatan tersebut agar segera dilaporkan kepada petugas setempat dalam hal ini Bhabinkamtibmas Desa Sifnana atau pada Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polsek Tanimbar Selatan maupun Polres Kepulauan Tanimbar.

Kegiatan yang berlangsung sejak Pukul 13.00 WIT hingga berakhir pada Pukul 15.25 WIT tersebut berlangsung aman dan lancar. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan giat pembagian bansos bagi para jamaah Masjid Baabut Taqwa sebagai wujud kepedulian Polri kepada masyarakat dan implementasi program prioritas Kapolri (Beyond Trust) dan ditutup dengan foto bersama.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Gelar Latpraops Puri Agung 2024, Polri Nyatakan Siap Amankan World Water Forum di Bali
Satgas Damai Cartenz berhasil tangkap Pelaku Pembunuhan Danramil Aradide
Jelang WWF ke-10 di Bali, Fadil Imran Siapkan Strategi Khusus Pengamanan Akses Masuk Pelabuhan
Polri Pastikan Keamanan Akses Masuk ke Bali Jelang World Water Forum
Tiba di Pulau Dewata, Kabaharkam Polri disambut Langsung oleh Kapolda Bali
Masyarakat Bali Mendukung Sepenuhnya World Water Forum ke-10
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Minggu Kasih, Kapolres Malinau Gandeng Komponen Masyarakat Jaga Kamtibmas Jelang Pilkada
Demi Percepatan Penyelesaian Bendungan Lau Simeme, TNI/Polri Lakukan Pengamanan
Sambangi para Pengemudi Taksi, Sat Binmas Polres Kepulauan Tanimbar beri Sosialisasi dan Imbauan
Antisipasi Aksi Tawuran, Polsek Sibolga Selatan Polres Sibolga Patroli Blue Light.
Sambang Ke Masyarakat Di Kec. Biru Biru, Bhabinkamtibmas Ajak Masyarakat Mendukung Percepatan Pembangunan Bendungan Lau Simeme
Polsek Bandar Sukses Amankan Kebaktian Minggu di Gereja HKBP Titi Besi, Sampaikan Pesan Kamtibmas Pasca-Pemilu
Lihat Semua
WordPress Lightbox