[language-switcher]
Beranda  Berita

Cek Persiapan Peralatan Satgas Quick Respon jelang Arus Mudik Lebaran 2024

KENDAL – Meski operasi ketupat 2024 belum dilaksanakan, jajaran Satlantas Polres Kendal melakukan pengecekan peralatan satgas quick respon. Satgas yang melibatkan Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, BPBD dan Dinas Kesehatan ini diminta untuk terus meningkatkan peralatan untuk menunjang pelaksanaan operasi ketupat candi 2024.
Dalam apel yang dilaksanakan Selasa 26 Maret 2024 ini,  perlengkapan baik dari kesehatan, bencana dan pemadam kebakaran disiapkan. Satgas ini dibentuk untuk  mengantisipasi arus mudik yang semakin diperkirakan akan meningkat tahun ini.
Kasat Lantas Polres Kendal AKP Agus Pardiyono Marinus saat apel pasukan satgas quick respon mengatakan, satgas ini untuk mendukung pelaksanaan operasi ketupat candi 2024 yang akan dilaksanakan menjelang lebaran. Daerah Pantura Kendal yang rawan banjir dan pohon tumbang dibutuhkan kesigapan petugas.
“Disini ada dari BPBD dan Damkar yang akan membantu dalam penanganan bencana baik kebakaran, pohon tumbang ataupun banjir. Tadi kita minta untuk disiapkan alat pemotong pohon dan mesin pompa untuk menyedot genangan jika terjadi banjir dikawasan jalan pantura,” katanya.
Sementara itu untuk kesiapan arus mudik sendiri yang dilakukan jajaran Polres Kendal yakni menyiapkan pos-pos pengamanan dan pelayanan. Tahun ini pos pelayanan akan bergeser jika sebelumnya di alun-alun Kendal nanti akan dipindah ke depan Terminal Bahurekso Jenarsari.
“Kita juga siapkan pos di pintu keluar tol Weleri dan sejumlah pos di sepanjang pantura dan jalur selatan. Kita sudah melaksanakan cek jalur mudik dan banyak yang rusak namun sudah diperbaiki,” imbuhnya.
Kasat lantas juga mengatakan, untuk perbaikan sepanjang pantura Kendal dipastikan akan selesai dalam pekan ini sehingga sebelum operasi ketupat candi serta selama arus mudik dan balik tidak ada perbaikan jalan. “Kita pastikan perbaikan jalan akan selesai hari ini dan jika memang akan ada perbaikan lagi kita minta untuk dilaksanakan setelah arus mudik dan balik 2024,” terangnya.
Satgas Quick Respon ini akan  dikerahkan untuk memberikan pelayanan dan kesiapan dalam menghadapi potensi lonjakan penumpang dan kecelakaan. Dengan fokus utama pada keamanan dan keselamatan, Satgas Quick Respon menetapkan sejumlah strategi untuk menghadapi tantangan ini.
Selain itu, tim medis darurat juga ditempatkan di beberapa titik rawan kecelakaan. Mereka dilengkapi dengan peralatan medis lengkap dan siap memberikan pertolongan pertama bagi korban kecelakaan atau kondisi darurat lainnya. Tidak hanya itu, satgas juga melakukan koordinasi yang erat dengan pihak terkait, termasuk kepolisian dan dinas terkait, untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas dan penanganan darurat jika dibutuhkan.
Diharapkan dengan langkah-langkah yang telah dipersiapkan, arus mudik tahun ini dapat berjalan lancar dan aman bagi semua pihak.
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Kepala Biro PID Divhumas Polri Hadiri Halal Bihalal dan Resepsi Milad Ke-11 Fans Rhoma Irama
Jelang KTT WWF di Bali, Korlantas Polri Survey Pengamanan dan Pengawalan di Beberapa Venue Kunjungan Delegasi
Program Pendidikan Siswa Qur’ani Cetak Polwan Berprestasi Dengan Keagamaan Kuat
Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Divkum Polri Gelar Rakernis : Penguatan Fungsi Hukum untuk Polri Presisi
Sertifikasi Penyidik Laka Lantas Sangat Penting Untuk Profesional Petugas
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Sinergi TNI – Polri dalam Pengamanan Kegiatan Orkes Musik Adella di Desa Kasreman
Respon Keluhan Masyarakat, Polres Karanganyar Gerak Cepat Gelar Operasi Sepeda Motor Berknalpot Brong
Pelihara Kamtibmas, Bhabinkamtibmas Polsek Entikong Sambangi Warga
Bhabinkamtibmas Polsek Jangkang Ajak Warga Aktif Dalam Jaga Kamtibmas
Sat Resnarkoba Polres Sanggau Amankan Dua Terduga Pelaku Penyalahgunaan Narkoba di Kecamatan Kembayan
Antiapasi Antrian Panjang dan Gangguan Kamtibmas Polsek Tayan Hulu Tingkatkan Patroli di SPBU
Lihat Semua
WordPress Lightbox