[language-switcher]
Beranda  Berita

Polsek Kinali dan BPBD Pasaman Barat Lakukan Pembersihan Material Pohon Tumbang di Jalan Lintas Base Camp

pasamanbarat.sumbar.polri.go.id — Akibat curah hujan yang tinggi yang disertai dengan angin yang kencang mengakibatkan sebuah pohon yang berada di pinggir jalan lintas Basecamp Jorong VI Koto Selatan, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) tumbang yang berdampak menutupi akses  jalan, yang terjadi pada Minggu (14/4/2024) sekitar pukul 00.45 WIB dini hari.

 

“Kondisi cuaca pada malam itu dalam keadaan hujan disertai angin kencang, sehingga pohon kayu yang sudah tua tersebut tumbang hingga menutupi badan jalan,” kata Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto, S.Ik melalui Kapolsek Kinali AKP Alfian Nurman.

 

Dikatakan Kapolsek, akibat kejadian tersebut, arus lalu lintas dari Padang menuju Pasaman Barat begitu juga dengan arah sebaliknya tidak bisa dilewati, dikarenakan batang pohon menutupi badan jalan.

“Selain menutupi badan jalan, pohon tersebut juga menimpa beberapa kabel listrik, sehingga mengakibatkan aliran listrik ke beberapa rumah warga setempat padam,” ujarnya.

 

Ia menyebut, pihaknya langsung menghubungi petugas PLN, dan setelah kabel listrik yang tertimpa pohon dinyatakan aman oleh pihak PLN, maka dengan kerjasama dan swadaya warga setempat melakukan pemotongan dahan kayu yang mengahalangi badan jalan dengan menggunakan gergaji mesin (chainsaw) agar akses jalan dapat dilalui oleh kendaraan sehingga tidak mengganggu aktifitas masyarakat pengguna jalan tersebut.

 

“Kami bersama personel melakukan pengaturan arus lalu lintas dengan sistem buka tutup satu jalur, agar tidak terjadi penumpukan kendaraan seiring meningkatanya volume kendaraan pada saat Liburan Hari Raya Idul Fitri,” sebut Kapolsek.

 

Selain itu, ungkap Kapolsek guna mempercepat proses pemotongan dahan kayu dan pembersihan material, petugas gabungan dari Polsek Kinali dan BPBD Pasaman Barat dan dibantu oleh masyarakat setempat melakukan gotong royong, mengingat arus balik lebaran Idul fitri 1445 H/ 2024 M diprediksi terjadi pada Minggu (14/4/2024) hingga Senin (15/4/2024).

 

“Alhamdulillah, material pohon yang menutupi badan jalan telah kita bersihkan, saat ini arus lalu lintas dari Pasaman Barat menuju Padang dan arah sebaliknya telah kembali normal,” pungkasnya. (HumasResPasbar)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

POM TNI dan Propam Gelar Rakornis, Fokus Upaya Pencegahan
Pusdokkes Polri Beri Materi Pelatihan Teknik Wawancara dan Interogasi Penyidik PPA di Polda Jateng
Jasa Raharja dan Korlantas Polri Gelar Monitoring Kecelakaan di Kalsel
Hadir Di Pulau Bali, Kabaharkam Polri Cek Langsung Venue WWF
Setukpa Lemdiklat Polri Komitmen Bantu Pendidikan Di Desa Cibeurih
Satgas Pangan Polri Awasi Distribusi Gula di Jatim
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Pak Bhabin Semarakkan Halal Bihalal RW 10 dan Kelurahan Purwantoro
Polisi Periksa TKP Kebakaran Rumah di Perumahan Puri Babakan Baru Purbalingga
Peduli Sesama Kapolres Berikan Bansos Kepada Warga Pra Sejahtera.
Wakapolres Malinau Hadiri Peringatan Hardiknas 2024 di Lapangan Pemkab Malinau
Kapolres Madiun kota Hadiri Upacara Hari Pendidikan Nasional di Pemkot Madiun
Pak Bhabin Hadiri Silaturahim dan Halal Bihalal di Kelurahan Blimbing
Lihat Semua
WordPress Lightbox