[language-switcher]
Beranda  Berita

Kapolres Bersama Forkopimda Kabupaten Pekalongan Hadiri Tradisi Syawalan Kirab Gunungan Megono Tahun 2024

Polres Pekalongan – Polda Jateng – Tradisi Syawalan kirab Megono Gunungan digelar hari ini, Rabu (17/04) di obyek wisata Linggoasri, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan. kegiatan berlangsung berlangsung dengan lancar berkat pengamanan dari berbagai instansi baik TNI-Polri maupun Satpol PP.

Tradisi yang rutin digelar setelah sepekan Lebaran Idul Fitri ini diawali kirab Gunungan Megono dan Gunungan hasil bumi dari 19 Kecamatan di Kabupaten Pekalongan, kemudian dilanjutkan dengan upacara pembukaan acara Syawalan serta penampilan kesenian tradisional khas Kota Santri.

Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi, S.I.K., M.H., bersama Bupati Pekalongan dan Forkopimda serta masyarakat Kabupaten Pekalongan hadir untuk menyaksikan prosesi acara tersebut.

Bupati Pekalongan Ibu Fadia Arafiq, S.E, M.M dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan suatu hal yang Istimewa, karena tradisi syawalan ini merupakan tradisi turun temurun yang harus kita pertahankan. “Sebab, hari ini dari berbagai wilayah Kecamatan di Kabupaten Pekalongan menunjukkan hasil bumi,” ujarnya.

Menurutnya, acara hari ini niscaya akan membawa keberkahan dan patut dilestarikan. “Insyaallah, tahun depan Linggoasri akan lebih baik lagi dengan kepemimpinan berkelanjutan,” tambah Fadia.

Bupati juga mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah berpartisipasi, sehingga acara kali ini lancar baik, meriah dan lancar.

Sementara itu, AKBP Wahyu Rohadi, S.I.K., M.H selaku Kapolres Pekalongan menegaskan, bahwa pihaknya telah menerjunkan ratusan personil guna pengamanan Kirab Megono Gunungan tahun 2024.

“Sebanyak 165 personil kami terjunkan guna pengamanan tradisi syawalan ini, mulai dari pengamanan jalur, pengamanan di lokasi hingga pengamanan tertutup,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu juga dikukuhkan juara lomba gunungan Syawalan tahun 2024. Sebagai juara pertama diraih Kecamatan Wiradesa, kemudian juara kedua dari Kecamatan Talun dan juara ketiga dari Kecamatan Doro.

Sedangkan untuk juara kirab diantaranya juara terfavorit dari Kecamatan Lebakbarang, juara terunik dari Kecamatan Bojong, juara terheboh dari Kecamatan Wonopringgo, kategori terkompak dari Kecamatan Tirto, kategori favorit dari Kecamatan Kesesi, kategori terinspiratif dari Kecamatan Kedungwuni dan kategori terkreatif jatuh pada Kecamatan Kesesi. (afk)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Korlantas Polri: Pelat Khusus ZZ Tidak Kekebalan Aturan Ganjil-Genap di Jakarta
Polri Siapkan 10 Satgas Amankan World Water Forum Ke-10 di Bali
Polri Turunkan 5.791 Personel Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
Polri Sebut Gangguan Kamtibmas dan Laka Lantas Menurun Saat May Day
Pererat Hubungan Kerja, Dankorbrimob Terima Kunjungan DSS ATA Kemenlu Amerika Serikat
Hardiknas, Kapolri Sebut Semua Pihak Bisa Berperan Majukan Pendidikan
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Patroli Dialogis, Personel Polsek Malo Ajak Warga Jaga Kondisivitas Kamtibmas
Unit Lantas Polsek Tingkir Pantau Kamseltibcarlantas Di Exit Tol Salatiga
Tingkatkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, Polres Malang Intensifkan Patroli Malam
Satpolantas Polresta Balikpapan Lakukan Pengaturan Lalu Lintas Rutin Sebagai Bentuk pelayanan kepada Masyarakat
Polres Minahasa Selatan Serahkan Tersangka dan Barang Bukti Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi ke Kejari
Bhabinkamtibmas Polsek Kalimanah Beri Motivasi Siswa Jelang Ujian
Lihat Semua
WordPress Lightbox