[language-switcher]
Beranda  Berita

Polres Kudus Gelar ‘Balik Mudik Gratis’ Untuk Kelima Kalinya

Kudus – Polres Kudus, Polda Jateng kembali menggelar program “Balik Mudik Gratis 2024” dengan menyediakan dua unit bus untuk mengangkut pemudik lebaran Idul Fitri 1445H asal Kudus kembali ke Jakarta.

Program Balik Mudik Gratis ini merupakan kelima kalinya yang dilaksanakan Polres Kudus sejak Hari Raya Idul Fitri tahun 2019 untuk para pemudik dengan tujuan menghindari kepadatan lalu lintas, terutama di jalur pantura menuju Jakarta.

Dalam kegiatan Mudik Gratis kali ini, Polres Kudus menyiapkan dua unit bus, untuk mengangkut 78 warga dari Kudus dengan tujuan akhir Terminal Pulaugebang Kecamatan Cakung Jakarta Timur. Kegiatan Balik Mudik Gratis ini sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat yang melaksanakan balik mudik ke kampung halaman.

Kapolres Kudus, AKBP Dydit Dwi Susanto mengatakan, dengan adanya angkutan balik mudik gratis ini dapat mengurangi volume pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat maupun sepeda motor. Dan yang terpenting, dengan adanya angkutan balik gratis ini dapat menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Kami menyediakan dua unit bus untik program balik gratis bagi para pemudik,” ujarnya, sebelum melepas penumpang balik gratis dengan tujuan Jakarta di halaman Mapolsek Kota Kudus, Jumat (19/4/2024).

Dengan adanya balik mudik gratis ini, Kapolres berharap dapat menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas serta mencegah terjadinya kemacetan di jalur pelintasan mudik dan balik khususnya di jalur pantura.

“Kegiatan Balik Mudik Gratis ini sangat diminati para pemudik karena dapat menghemat biaya balik ke tempat rantau di Jakarta,” ungkapnya.

Program balik gratis lebih diutamakan bagi para peumpang dari kalangan bawah. Pendaftaran program ini dibuka 13 April 2024 lalu, dan hanya butuh waktu satu hari kapasitas dua bus yang disediakan langsung penuh.

Angkutan bus balik gratis ini sengaja digelar H+9 Idulfitri, tujuannya untuk menghindari keramaian arus balik. “Kepulangan sebagian warga ke Jakarta selalu menunggu lebaran kedua setelah tradisi kupatan atau pesta lomban,” terang kapolres.

Kegiatan balik mudik gratis merupakan arahan Kapolri sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat yang melaksanakan mudik.

“Semoga program ini bisa membantu, mempermudah dan memperlancar perjalanan masyarakat yang akan balik ke tempat masing-masing paskamudik lebaran,” imbuhnya.

Sementara itu, Sanamal Faizin, bersama istri dana dua anaknya yang ikut dalam program balik mudik gratis, mengaku senang dengan adanya angkutan balik mudik gratis ini. Selain lebih aman juga dapat menghemat biaya, karena jika menggunakan angkutan umum harus mengeluarkan ongkos yang lumayan mahal.

“Program balik gratis sangat membantu keluarga kami, karena dapat menghemat biaya. Bayangkan kalau harus beli tiket bus, harus keluar biaya lebih dari Rp1 juta,” ujar Sanamal Faizin.

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Turunkan 5.791 Personel Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
Polri Sebut Gangguan Kamtibmas dan Laka Lantas Menurun Saat May Day
Pererat Hubungan Kerja, Dankorbrimob Terima Kunjungan DSS ATA Kemenlu Amerika Serikat
Hardiknas, Kapolri Sebut Semua Pihak Bisa Berperan Majukan Pendidikan
Polri Luncurkan Whistle Blowing System untuk Awasi Proses Rekrutmen Anggota
POM TNI dan Propam Gelar Rakornis, Fokus Upaya Pencegahan
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Bhabinkamtibmas Polsek Wonomulyo Menghadiri Lepas Sambut Bidan Desa Sidorejo
Personil Sat Polair Polres Polman Laksanakan Patroli Perairan Untuk Antisipasi Kriminal Dan Laka Laut Di Perairan
Bhabinkamtibmas Polsek Sarudu Gencarkan Sosialisasi Layanan Call Center 110 Bebas Pulsa di Desa Binaannya.
Buruh Harian Lepas Ditemukan Meninggal Depan Perpustakaan, Polsek Siantar Barat Bantu Evakuasi
Sat Binmas  melaksanakan giat sambang kepada Kepala Sekolah SMK YPS Kota Prabumulih dalam rangka pembinaan kepada pelajar
Polresta Mamuju Bersama Bagian Psikologi Biro SDM Polda Sulbar Gelar Mapping Psikologi
Lihat Semua
WordPress Lightbox