[language-switcher]
Beranda  Berita

Pelajar Marak Pakai Sepeda Listrik di Jalan Raya, Satlantas Polres Bone Lakukan Ini

BONE – Maraknya penggunaan sepeda listrik dijalan raya oleh pelajar mendapat perhatian serius dari Satlantas Polres Bone. Selain menggelar rakor bersama instansi terkait, juga telah beberapa kali melakukan sosialisasi dan pemberian edukasi hingga teguran.

Seperti saat mereka berangkat sekolah melintas di ruas Jalan Makmur dan Jalan Jend Ahmad Yani, Jalan Sukawati, Watampone Kabupaten Bone baru baru ini, Para pengendara ini kemudian dihentikan diberikan edukasi dan teguran secara humanis oleh anggota Satlantas Polres Bone.

Ironisnya, para pengguna sepeda listrik yang masih berusia anak dibawah umur ini tak segan-segan melintasi jalan raya yang ramai dilalui kendaraan bermotor tanpa menggunakan kelengkapan keselamatan, khususnya helm bahkan ada yang berboncengan tiga.

Kapolres Bone AKBP Arief Doddy Suryawan melalui Kasat Lantas Polres Bone AKP Asep Wahyudi menyampaikan teguran dan edukasi ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas terhadap anak di bawah umur terutama yang mengendarai sepeda listrik.

“Pemerintah telah mengatur sepeda listrik dalam Permenhub Nomor 45 Tahun 2020 Tentang Kendaraan Tertentu Menggunakan Penggerak Motor Listrik,” jelasnya Rabu (24/4/2024)

Aturannya sudah jelas, dan pengguna sepeda listrik yang berusia 12 tahun sampai dengan 15 tahun, harus didampingi oleh orang dewasa. Penggunaannya tidak di jalan raya namun pada jalur khusus atau kawasan tertentu seperti pemukiman, perumahan atau tempat wisata, kantor dan lapangan.

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas, para orangtua diimbau agar tidak membiarkan anaknya untuk menggunakan sepeda listrik dijalan raya.

“Ayoo kita jaga generasi penerus bangsa sayangi anak-anak kita dengan tidak membiarkan menggunakan sepeda listrik di jalan raya, jangan sampai nanti menjadi korba kecelakaan lalulintas,” tutupnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Kerahkan Kendaraan Listrik untuk Pengamanan World Water Forum ke-10 di Bali
Korlantas Dirikan Posko Untuk Maksimalkan Pengawalan World Water Forum ke-10
Disambut Kapolda Jabar, Kapolri Tiba di Bandung Dalam Rangka Kunjungan Kerja
Kolaborasi BPKP dan Itwasum Polri Tingkatkan Pengawasan Polri
Kadiv Propam Polri Apresiasi Rakornis POM TNI-Propam Polri
Kabaharkam Polri Cek Kesiapan Venue WWF Ke-10 di GWK
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Peduli Lingkungan Polsek Karangpawitan Turut Serta Gelorakan Kegiatan Jum'at Bersih
Cegah Laka Laut Sat Poairud Tingkatkan Patroli Dialogis Ke Warga Pesisir.
Beri Rasa Aman Warga Sat Samapta Polres Paser Patroli Bersepeda.
Fasilitasi Aspirasi Warga Polsek Pameungpeuk Lakukan Program Jum’at Curhat
Personil Sat Pamobvi Polresta Tangerang melaksanakan pengaturan lalu lintas di perempatan lampu merah Cikupamas.
*Patroli Kring Serse untuk Menjaga Kamtibmas*
Lihat Semua
WordPress Lightbox