[language-switcher]
Beranda  Berita

Penerimaan Calon Anggota Polri, Animo Pendaftar Di Wilayah Hukum Polres Blitar Kota Mengalami Peningkatan

Kota Blitar – Pembukaan pendaftaran anggota Polri telah resmi dibuka. Sebagai salah satu tempat pendaftaran, Polres Blitar Kota juga membuka dan membantu pendaftar. Animo pendaftaran online dan verifikasi penerimaan Taruna/Taruni Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri T.A. 2024 di wilayah kota Blitar atau dalam wilayah hukum Polres Blitar Kota menunjukkan peningkatan yang signifikan hingga hari ini, Rabu tanggal 24 April 2024. Polres Blitar Kota melaporkan bahwa minat masyarakat dalam mendaftar secara daring serta melengkapi syarat administratif, termasuk SKCK, sesuai ekspektasi bahkan lebih, hal ini disampaikan pada Rabu (24/04/2024).

Dari data yang tercatat oleh SDM Polres Blitar Kota sebagai panitia penerimaan, total 188 calon yang sudah mendaftar diantaranya terdiri dari 155 pria dan 33 wanita) telah mendaftar secara online untuk menjadi anggota Polri tahun 2024. Mayoritas pendaftar berasal dari kota dan kabupaten Blitar sendiri dan merupakan lulusan sekolah di wilayah tersebut. Tercatat bahwa pendaftar pria mendominasi jumlah pendaftar keseluruhan.

Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo P.S S.H S.I.K melalui Kabag SDM Kompol Imron S.H, M.H, mengatakan bahwa, Jumlah pendaftar untuk program Akademi Kepolisian (AKPOL) mencapai 12 orang (9 pria dan 3 wanita) namun yang terverifikasi sebanyak 7 orang, sementara untuk Bintara Polri Tingkat Umum (PTU) sebanyak 157 orang (130 pria dan 27 wanita) dan terverifikasi sebanyak 104 orang. Sedangkan untuk Bakomsus Hukum sebanyak 1 pria, Bintara Kehumasan/Teknologi Informasi (TI), terdapat 1 pendaftar wanita, sementara untuk Bintara Kesehatan, Hukum, dan Pariwisata tidak ada pendaftar yang terverifikasi. Ucapnya.

IMG 20240425 WA0007 2Kompol Imron menambahkan, untuk program Tamtama, 13 pria mendaftar dan lulus verifikasi awal sebanyak 8 orang. Namun, dari hasil verifikasi secara keseluruhan jumlah calon yang memenuhi syarat administratif mencapai 120 orang (102 pria dan 18 wanita), terangnya.

Dari hasil verifikasi tersebut, calon yang lolos untuk program AKPOL mencapai 7 orang (5 pria dan 2 wanita), Bintara PTU sebanyak 104 orang (89 pria dan 15 wanita), dan Bintara Kehumasan/TI sebanyak 1 orang wanita. Tidak ada calon yang lolos tahap verifikasi pada program Bintara Kesehatan, Hukum, dan Pariwisata. Sementara untuk program Tamtama, 8 pria telah memenuhi syarat verifikasi.

Proses pendaftaran untuk menjadi Taruna/Taruni Akpol 2024 dilakukan secara online melalui situs resmi penerimaan Polri yang telah dibuka sejak 26 Maret hingga 21 April 2024. Persyaratan khusus termasuk status Warga Negara Indonesia (WNI), lulusan SMA/MA atau sederajat (tidak termasuk Paket A, B, dan C), dengan Nilai Ujian Nasional/Ijazah minimal 70 (untuk tahun 2019), 70.00/B (untuk tahun 2020-2021), dan 75.00/B (untuk tahun 2022-2023). Tinggi badan minimal untuk pria adalah 165 cm dan wanita 163 cm. Selain itu, calon harus bersedia untuk menjalani tes yang meliputi pemeriksaan kesehatan dan wawancara, serta menunjukkan komitmen untuk tidak terlibat dalam Narkoba atau organisasi yang bertentangan dengan Pancasila.

Untuk mewujudkan transparansi dan moto penerimaan Polri yang Bersih Transparan, Akuntabel dan humanis Selama kegiatan penerimaan melibatkan pengawas internal dari Sipropam dan pengawas external dari LSM Jihad untuk mengawasi kegiatan penerimaan serta melibatkan dari dinas terkait antara lain, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kab/Kota Blitar, Kemenag Kab/Kota Blitar, Dispendukcapil Kab/Kota Blitar, Dinas pendidikan kab/Kota Blitar, untuk pengecekan dan keabsahan dokumen pribadi seperti KK, Akte, KTP, ijazah pendidikan umum.

Dengan animo yang tinggi dari masyarakat kota maupun kabupaten Blitar yang masuk dalam wilayah hukum Polres Blitar Kota, diharapkan proses seleksi dan penerimaan Taruna/Taruni Polri T.A. 2024 dapat menghasilkan kader-kader yang berkualitas dan siap mengabdi dalam Kepolisian Indonesia, tutup Kompol Imron.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Kerahkan Kendaraan Listrik untuk Pengamanan World Water Forum ke-10 di Bali
Korlantas Dirikan Posko Untuk Maksimalkan Pengawalan World Water Forum ke-10
Disambut Kapolda Jabar, Kapolri Tiba di Bandung Dalam Rangka Kunjungan Kerja
Kolaborasi BPKP dan Itwasum Polri Tingkatkan Pengawasan Polri
Kadiv Propam Polri Apresiasi Rakornis POM TNI-Propam Polri
Kabaharkam Polri Cek Kesiapan Venue WWF Ke-10 di GWK
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Tingkatkan Imunitas, Personel Satbrimob Polda Kalteng Laksanakan Jalan Sehat
Tim UKL Regu 1 Polres Pali Gelar KRYD, Ciptakan Kamtibmas Yang Aman Di Kab. PALI
Kunjungan Kerja Kapolda Papua Barat di Polres Pegunungan Arfak 
Brimob Polda Kalteng Gelar Upacara Pemakaman Aipda Abdul Muis
Wujud Kepedulian Polsek Ngrayun Laksanakan Pengecoran Lantai Warga Kurang Mampu
Ringankan Beban Polsek Sukorejo Bersama Bhayangkari Berikan Bantuan Sembako Kepada Warga
Lihat Semua
WordPress Lightbox