[language-switcher]
Beranda  Berita

Kapolda Papua Hadiri Halal Bi Halal Paguyuban Pasundan Papua Tahun 2024

Jayapura – Kepala Kepolisian Daerah Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., menghadiri Halal Bi Halal Panguyuban Pasundan Papua Tahun 1445 H/2024 M bertempat di Padepokan Pasundan Simpay Wargi, Jl. Cempedak I Koya Tirmur, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Minggu (28/04/2024).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum Panguyuban Pasundan Papua, Bapak M. Iriyanto Pawika, Amki., S.E., PJU Polda Papua, Anggota DPR Papua, Benyamin Arisoy, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Christian Sohilait, Direktur RSUD Jayapura, drg. Aloysius Giyai, M.Kes, Pj. Wali Kota Jayapura, Frans Pekey, M.Si.

Dalam kesempatannya, Ketua Umum Panguyuban Pasundan Papua menyampaikan bahwa sebagai warga Sunda agar selalu rendah hati dimanapun berada, supaya masyarakat Papua bisa menerima masyarakat Sunda.

“Saya juga ingin meneruskan pesan dari Gubernur Jawa Barat bahwa kita orang Sunda yang ada di Papua ini sudah menjadi orang Papua, jadi kita harus cintai Papua seperti tempat lahir kita,” ucap Iriyanto.

Sementara itu, Kapolda Papua mengatakan momentum Idul Fitri merupakan waktu yang tepat untuk membangun kebersamaan, membangun akhlak, iman menjadi lebih baik, alhamdulilah di Paguyuban Pasundan telah terbangun kebiasaan meskipun berbeda-beda tetap satu, membangun solidaritas agar bisa berkontribusi di negara ini.

“Saya tentunya patut berbangga, warga sunda yang tersebar di seluruh Indonesia seperti halnya yang ada di papua ini dapat hidup rukun berdampingan dengan masyarakat pribumi serta suku lainnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kapolda mengatakan Paguyuban Pasundan sendiri merupakan sebuah organisasi yang sangat luar biasa, para sesepuh, cendekiawan yang dari tatar sunda berkumpul dan bersatu, tentunya sangat hormat, sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Melalui halal bi halal ini, saya berharap dapat terus memperkuat tali silaturahmi, karena momentum pasca hari raya idul fitri merupakan upaya untuk kembali fitrah untuk saling memaafkan sehingga terbina rasa persaudaraan dan ikatan persaudaraan yang lebih baik,” tutur Irjen Fakhiri.

Dalam kegiatan tersebut Kapolda Papua dikukuhkan sebagai Warga Kehormatan Pasundan Papua juga selaku Pembina Panguyuban Pasundan Papua.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Berupaya Buka Jalur Penghubung Padang-Bukittinggi 
Lab Narkoba Terbongkar di Bali : 3 WNA Ditangkap, Ganja Hidroponik dan Mephedrone Disita
Wadankorbrimob Pimpin Upacara Penutupan Latpraops dan Pemberangkatan Pasukan BKO Polda Papua
Demi Kelancaran Lalu Lintas, Polri dan Pemprov Bali Atur Pergerakan Kendaraan Barang
Gelar Simulasi Pengawalan VVIP, Dirgakkum Ingatkan Jajaran Bersikap Humanis dan Pahami Rute
Jelang WWF ke-10 di Bali, Kabaharkam Polri Serahkan Bantuan Kendaran dan Almatsus
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Bhabinkamtibmas Desa Luang Timur Minta Warga Ciptakan Rasa Aman dan Damai di Desa
Bhabinkamtibmas bersama lurah dan Babinsa tatap muka dengan LPM ( Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ) di kantor kelurahan Pendingin Kec. Sangasanga
Polsek Tanah Abang Laksanakan Mitigasi Dan Pengecekan Debit Air Di Sungai Lematang Dalam Rangka Pencegah Bencana Banjir
Bhabinkamtibmas Polsek Balongan dan Babinsa Kawal Penyaluran Bansos
Polsek Tanah Abang Gelar Patroli Malam dan Pengaturan Lalu Lintas untuk Ciptakan Kamtibmas
Polda NTT Tetapkan Tujuh Tersangka Penyelundupan Manusia ke Australia: Ancam Hukuman Hingga 15 Tahun Penjara
Lihat Semua
WordPress Lightbox