[language-switcher]
Beranda  Berita

Kapolres Tarakan Diskusikan Penanganan Kasus Pelecehan Seksual dan Narkoba dengan Siswa SMAN 1 Tarakan

TARAKAN – Polres Tarakan, Kegiatan SELEBRASI (Selasa Edukasi Bersama Pak Polisi) yang rutin dilaksnakan oleh polres tarakan kali ini dilaksanakan di SMAN 1 Tarakan, Selasa(30/04/2024).
Kegiatan edukasi yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa-siswi tentang berbagai isu terkait hukum, keselamatan, dan ketertiban masyarakat. Acara yang dimulai pukul 09.00 Wita hingga selesai tersebut dihadiri oleh Kapolres Tarakan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar, S.H., S.I.K., Kasat Lantas Polres Tarakan, Kasat Narkoba Polres Tarakan, Kanit Kamsel Satlantas Polres Tarakan, Kanit PPA Sat Reskrim Polres Taraka, guru-guru SMAN 1 Tarakan, serta siswa dan siswi SMAN 1 Tarakan.
Berbagai pertanyaan dan permasalahan diajukan oleh para siswa selama sesi dialog. Salah satunya adalah tentang penanganan kasus pelecehan seksual, terutama jika pelaku dan korban memiliki hubungan keluarga dekat. Kapolres Tarakan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar, S.H., S.I.K. menegaskan bahwa “laporan akan tetap ditindaklanjuti, tetapi keterbukaan dan kerjasama dari korban sangat diperlukan untuk memastikan proses penyelidikan dan penyidikan berjalan lancar”.Jelasnya
“Selain itu, pembelaan diri dalam situasi kejahatan juga menjadi topik yang dibahas. Kapolres menjelaskan bahwa dalam situasi tersebut, korban memiliki hak untuk membela diri, tetapi perlunya keseimbangan antara tindakan membela diri dan kelebihan dalam penggunaan kekerasan, Tidak ketinggalan, masalah narkoba juga menjadi perhatian. Kapolres menegaskan bahwa semua jenis narkoba sangat berbahaya dan penggunaannya harus dihindari”. Tambahnya


Pertanyaan terakhir mencakup peran kepolisian dalam menjamin keadilan masyarakat. Kapolres Tarakan menekankan bahwa tugas utama kepolisian adalah melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat dengan penuh tanggung jawab.
Dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Kapolres Tarakan menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan keamanan masyarakat, serta mengajak siswa-siswi SMA Negeri 1 Kota Tarakan untuk berpartisipasi aktif dalam memelihara ketertiban dan keamanan lingkungan mereka. Acara berakhir dengan semangat kebersamaan dan kesadaran akan pentingnya kolaborasi antara polisi dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban bersama.
Selasa Edukasi Bersama Pak Polisi (SELEBRASI) merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap minggunya tepatnya pada hari selasa di sekolah-sekolah di Kota Tarakan, sebagai upaya bersama untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan berkualitas bagi generasi muda. (HumasResTrk)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Kapolri dan Panglima TNI Melihat Langsung Kesiapan Venue GWK
Dengan Terisak, Satrio Sampaikan Terima Kasih Kepada Kapolri
Australian Federal Police Kunjungi Museum Pusjarah Polri
Jaga Keamanan World Water Forum di Bali, Polda NTB Gencarkan Patroli di Kawasan Pelabuhan
Simulasikan Pengamanan WWF, TNI-Polri Gelar TFG Gabungan
Polri Gagalkan Penyelunduan 91 Ribu Benih Lobster ke Luar Negeri
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polsek Balongan Terus Tingkatkan Patroli Rutin, Warga Merasa Lebih Aman
Bakti Sosial Jelang HUT Dokkes Polri ke-78 dan HUT Rumah Sakit Bhayangkara Tk.I Pusdokkes Polri ke-58
Polsek Kedokanbunder Terlibat Aktif Dalam Kegiatan Fogging Antisipasi DBD
Patroli Rutin: Upaya Preventif Cegah Kriminalitas di Kawasan Pelabuhan
Polres Sula Serahkan 8 Tersangka dan Barang Bukti Kasus Pencabulan Ke Kejaksaan Negeri
Polda Maluku Utara Gelar Olahraga Bersama untuk Tingkatkan Kebugaran dan Semangat Personel
Lihat Semua
WordPress Lightbox