[language-switcher]
Beranda  Berita

Kapolres Sijunjung Hadiri Upacara Peringatan Hardiknas Kabupaten Sijunjung

Pemerintah Kabupaten Sijunjung menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024, yang dilaksanakan di lapangan Stadion M. Yamin, Nagari Muaro, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Kamis (2/5/2024).

Upacara yang mengambil tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar” diikuti oleh Kapolres Sijunjung AKBP Andre Anas bersama anggota.

Hari Pendidikan Nasional adalah hari untuk mengenang jasa Ki Hajar Dewantara, tokoh pendidikan di Indonesia, yang terkenal dengan slogan Tut Wuri Handayani yang artinya di depan memberi teladan, di tengah memberikan bimbingan, di belakang memberi dorongan.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir yang bertindak sebagai pemimpin upacara membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim.

Saudara saudariku sebangsa dan setanah air, Lima tahun terakhir ini adalah waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanan kami di Kemendikbudristek. Menjadi pemimpin dari gerakan Merdeka Belajar semakin menyadarkan kami tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan pendidikan Indonesia,” ucapnya.

Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan.

Kemudian, ketika langkah kita mulai serempak, kita dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi. Dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis. Pada saat yang sama, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan. Dengan bergotong royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat.

Ombak kencang dan karang tinggi sudah kita lewati bersama. Kini, kita sudah mulai merasakan perubahan terjadi di sekitar kita, digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak. Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar.

Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas. Kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya. Kita sudah menyaksikan lagi para mahasiswa yang siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus. Dan kita sudah merayakan lagi semarak karya-karya yang kreatif karena seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi.

Lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan Merdeka Belajar. Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh. Kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai. Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan.

Waktu yang bergulir membawa pada akhir masa pengabdian saya sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Namun, ini bukanlah titik akhir dari gerakan Merdeka Belajar. Dengan penuh ketulusan, saya ucapkan terima kasih banyak atas perjuangan yang Ibu dan Bapak lakukan. Dengan penuh harapan, saya titipkan Merdeka Belajar kepada Anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar,”tutupnya.

Hadir kesempatan itu, Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah, Unsur Forkopimda Kabupaten Sijunjung, Ketua Pengadilan Negeri Muaro, Ketua Pengadilan Agama Sijunjung.

Kemudian juga hadir, Sekretaris Daerah, Zefnihan, Ketua TP-PKK, Ny. Riri Benny, Ketua GOW, Ny. Donna Iraddatillah, Ketua Organisasi Wanita lainnya, Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, serta undangan lainnya.

Turut diikuti ASN dan THL di lingkup Pemerintah Kabupaten Sijunjung, PGRI, TNI, Polri, Siswa SD, SMP, SMA, Mhasiswa UNP, Mahasiswa STIT dan peserta lainnya.

Adapun petugas upacara bensera diantarnya Komandan Upacara Okta Windra, Pembaca teks UUD 1945 Windi Agus Maputri, Pengibar bendera merah putih Bhisma Suryo Djati, Fadli Arrijalu Gawwa Muna dan Nauval Hafis Zaky. *(noven)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Puskeu Polri, BPK RI, dan Kemenkeu Sepakat Tingkatkan Kualitas Laporan Keuangan Polri
Polri Gagalkan Penyelunduan 91 Ribu Benih Lobster ke Luar Negeri
Resimen Laksmana Satya Prakasha SIP 53 Ikuti Gladi Wirottama
Kapolri Beri Penghargaan Casis Bintara Jari Putus Dibegal Masuk Bintara Polri
Polri Paparkan Kesiapan Pengamanan dalam Rakor Panitia Nasional WWF
Mabes Polri Pantau Penyaluran Pupuk Subsidi di Lombok Timur dan Lombok Barat Agar Tidak Ada Penyelewengan
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polda Sulteng Kirim 25 Personel Lalulintas Bantu Pengamanan KTT World Water Forum di Bali
Personel Polres Pangandaran laksanakan tes kesemaptaan Jasmani rutin guna menjaga kesehatan jiwa dan raga
Bhabinkamtibmas Polsek Pontianak Timur monitoring Penyaluran Bantuan Beras Pangan di Kelurahan Tambelan Sampit
Kapolri Beri Penghargaan Casis Bintara Jari Putus Dibegal Masuk Bintara Polri
Kapolri Beri Penghargaan Casis Bintara Jari Putus Dibegal Masuk Bintara Polri
Lihat Semua
WordPress Lightbox