[language-switcher]
Beranda  Berita

Polsek Kawasan pelabuhan Dwikora Polresta Pontianak melaksanakan Latihan Pencarian dan Penyelamatan ( SAR ) di Laut Wilayah Kerja Koarmada I

Pontianak, Polda Kalbar 6 Mei 2024 – Polsek Kawasan Pelabuhan Dwikora, bersama dengan berbagai instansi terkait, melaksanakan kegiatan Latihan Pencarian dan Penyelamatan (SAR) di perairan wilayah kerja Koarmada I. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan dalam menangani situasi darurat di laut.

Kegiatan latihan SAR tersebut bertempat Pelabuhan Dwikora Pontianak Jl Pak Kasih Kel Maria Kota Pontianak Kalimantan Barat, telah dilaksanakan kegiatan Manlap (Manuver Lapangan) Latsar-24 dalam rangka Latihan Pencarian dan Penyelamatan (SAR) dilaut wilayah Kerja Koarmada I TA. 2024 dengan Tema Satuan tugas pencarian dan penyelamatan melaksanakan operasi pencarian dan penyelamatan di wilayah perairan Pontianak, dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AL. Asops Lantamal Xll yang mewakili Danlantamal XII sebagai SAR Mission Coordinator (SMC) melaksanakan Briefing terhadap unsur maritim yang terlibat

Dalam simulasi latihan SAR ini, tim gabungan melakukan skenario pencarian dan penyelamatan terhadap kapal yang mengalami kecelakaan atau keadaan darurat di laut. Mulai dari proses pencarian korban, evakuasi, hingga pertolongan pertama dilakukan secara terkoordinasi dan profesional.

Menurut Kapolsek Kawasan Pelabuhan Dwikora, AKP Jatmiko, S.H., kegiatan ini sangat penting untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi situasi darurat di laut. “Kami terus meningkatkan kesiapsiagaan dan kerjasama antarinstansi dalam menangani berbagai keadaan darurat di perairan wilayah kerja kami,” ungkapnya.
Selain itu, latihan SAR ini juga bertujuan untuk meningkatkan koordinasi antara berbagai pihak terkait sehingga respons terhadap keadaan darurat di laut dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. “Kami berharap, melalui latihan seperti ini, kita dapat lebih siap dan terlatih dalam menghadapi situasi darurat di laut,” tambah AKP Jatmiko.

Kegiatan latihan SAR ini merupakan wujud komitmen dari Polsek Kawasan Pelabuhan Dwikora dan berbagai instansi terkait dalam menjaga keamanan dan keselamatan di perairan wilayah kerja Koarmada I. Diharapkan, dengan adanya upaya seperti ini, penanganan keadaan darurat di laut dapat dilakukan dengan lebih efektif dan tepat waktu.

#humaspolrestapontianak

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Uskup Agung Jakarta Apresiasi Polri Berhasil Tingkatkan Kepuasan Masyarakat saat Mudik Lebaran
Ada Penyelenggaraan WWF ke-10, Pelaku UMKM di Bali 'Kecipratan' Dampak Positifnya
Korban Pesawat Latih Jatuh di BSD Meninggal, RS Polri: Karena Benturan
Kapolri: Selamat Harkitnas, Eratkan Persaudaraan Menuju Indonesia Emas 2045
Polri Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-116
Polri Amankan Opening Ceremony WWF Ke-10 di Bali Hari Ini
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Tingkatkan Silaturahmi, Kapolsek Cileunyi bersama Wakapolsek Kunjungi Hotel Millenia
Unit Lantas Polsek Pangalengan Gatur Lalu Lintas, Jaga Kelancaran Aktivitas Warga
Anggota Polsek Pangalengan Patroli KRYD Malam Guna Cegah Kerawanan Kamtibmas
Jamin Kondusif Wilayah, Polsek Cileunyi masif laksanakan Patroli Dialogis malam hari
Uskup Agung Jakarta Apresiasi Polri Berhasil Tingkatkan Kepuasan Masyarakat saat Mudik Lebaran
Bhabinkamtibmas Polsek Soreang Berikan Pembinaan dan Penyuluhan Linmas Desa Padasuka
Lihat Semua
WordPress Lightbox