[language-switcher]
Beranda  Berita

Polri Siap Lindungi WNI di Luar Negeri dari Kejahatan Transnasional

Tangerang Selatan – Kadivhubinter Polri Irjen Pol Krishna Murti tegaskan Polri siap melindungi WNI di luar negeri dari transnational crime (kejahatan internasional). Pihaknya juga siap bekerjasama dengan kementerian/lembaga lain untuk mengangani hal itu.

“Untuk itu dalam rangka menanggulangi transnasional crime kami juga menjadi kapital bagi negara dalam memberikan perlindungan bagi warga negara Indonesia di luar negeri,” ujar Kadivhubinter saat jumpa pers usai FGD Kompolnas RI ‘Optimalisasi Diplomasi Internasional Polri dalam Rangka Penanganan Kejahatan Transnasional melalui penguatan Atase dan Staf Teknis Polri’ di Pusat Misi Internasiona Polri, Tangerang Selatan, Selasa (7/5/2024).

Kadivhubinter menyebut beberapa kejahatan transnasional lintas batas telah ditangani Polri. Diantaranya kejahatan yang melibatkan manusia, barang, obat-obatan, senjata, akun keuangan, lalu transaksi informasi dan telekomunikasi.

Lebih lanjut, Kadivhubinter berujar dalam menangani kejahatan transnasional, akan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI. Sebab, leading sector ada pada Kemenlu.

“Untuk itulah FGD ini mengangkat bagaimana penguatan dari kemampuan para perwakilan Polri di luar negeri,” terangnya.

Menurut Kadivhubinter, adanya Atase Polri di luar negeri akan berkolaborasi dengan satker di Mabes Polri hingga Polda yang menangani kejahatan internasional. Namun sifatnya bukan menjadi kapital utama.

“Walaupun perawakilan Polri di luar negeri sifatnya juga tidak bisa menjadi kapital utama, mereka juga menjadi penghubung bagi kapital utama di dalam negeri seperti Bareskrim, satker-satker di lingkungan Polri seperti Baharkam, Bahintelkam, termasuk polda-polda dan lain-lainnya dalam menanggulangi masalah tersebut,” jelasnya.

Karena itu, Kadivhubinter siap berkolaborasi dengan kementerian/lembaga sesuai perintah Kapolri. Pihaknya juga siap menjadi kapital bagi Kemenlu RI.

“Insya Allah kami bersiap untuk melakukan kolaborasi apapun dengan kementerian/lembaga lainnya dengan atas perintah Bapak Kapolri tentunya termasuk atas perintah Bapak Kapolri. Juga kami Polri akan selalu menjadi kapital bagi Kementerian Luar Negeri, khususnya di Hubinter ini dalam rangka menjalankan politik luar negeri Pemerintah Indonesia,” pungkasnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Siap Amankan Welcoming Dinner Delegasi World Water Forum ke-10 di GWK
Persiapan Polri Amankan Opening Ceremony World Water Forum ke-10 di Bali
DPR Apresiasi Jenderal Sigit Atas Penghargaan Bagi Satrio 
Kegiatan Sterilisasi Polri Jelang Kedatangan Delegasi Hingga Tamu VVIP World Water Forum di Bali
Cek Venue Balinese Water Purification, Polri : Pastikan Pengamanan dan Rute
Perhelatan KTT WWF ke-10 : Posko Satgas Walrolakir Monitoring Pengamanan VVIP & VIP
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Irjen Pol Ahmad Luthfi; Jadi Polisi itu bukan sekedar Profesi namun salah satu jalan untuk mengabdi
Polres Berau Ungkap Kasus Narkotika Jenis Sabu di Kelurahan Gunung Tabur
Polres Paser Amankan CFD Jalur Dua Jalan Jenderal Sudirman Tanah Grogot.
3 Event Olahraga Ini Warnai Rangkaian Hari Bhayangkara Ke 78 Tahun 2024 Di Polda Babel
Libur Akhir Pekan Sat Lantas Polres Paser Tingkatkan Patroli Blue Light Guna  Cegah Balap Liar
Polres Paser Gelar Apel Ton  Siaga Guna Antisipasi Gangguan Kamtibmas di Hari Libur.
Lihat Semua
WordPress Lightbox