[language-switcher]
Beranda  Berita

Polsek Gerung Jaga Tradisi Nyongkolan Aman dan Lancar, Pengiring Nyata Pelestarian Budaya Lokal

Polsek Gerung Mengamankan Tradisi Nyongkolan di 3 Lokasi

Gerung, Lombok Barat – Polsek Gerung, Polres Lombok Barat, Polda NTB, kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga keamanan dan kelancaran tradisi adat nyongkolan di wilayah hukumnya. Pada hari Rabu (8/5/2024), personel Polsek Gerung diterjunkan untuk mengamankan tiga titik lokasi nyongkolan di Kecamatan Gerung.

Kapolsek Gerung, AKP I Kadek Sumerta, SH., mengatakan bahwa pengamanan dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Gerung sesuai dengan zona wilayahnya masing-masing. “Pengamanan dilakukan di tiga titik lokasi nyongkolan, yaitu di Dusun Perampuan Desa Perampuan, Desa Taman Ayu, dan Dusun Bilekedit Utara Desa Babussalam,” ujar AKP Kadek Sumerta.

Pengamanan Tiga Titik Nyongkolan

  • Nyongkolan dari Dusun Perampuan: Rute nyongkolan dimulai dari Dusun Perampuan Desa Perampuan menuju rumah mempelai perempuan di Dusun Proa Desa Kebon Ayu. Nyongkolan diiringi musik kecimol dengan perkiraan pengiring sebanyak 200 orang.
  • Nyongkolan Seputaran Desa Taman Ayu: Nyongkolan berlangsung di sekitar Desa Taman Ayu dengan menggunakan jalan desa dan diiringi musik kecimol. Perkiraan pengiring sebanyak 150 orang.
  • Nyongkolan Seputaran Dusun Bilekedit Utara: Nyongkolan berlangsung di sekitar Dusun Bilekedit Utara Desa Babussalam dengan menggunakan iringan musik kecimol. Perkiraan pengiring sebanyak 150 orang.

Upaya Pengamanan dan Kelancaran Nyongkolan

Para Bhabinkamtibmas yang bertugas di lokasi nyongkolan melakukan beberapa upaya untuk memastikan kelancaran dan keamanan acara, antara lain:

  • Melakukan pengaturan arus lalu lintas untuk mencegah kemacetan dan memastikan kelancaran pengguna jalan lainnya.
  • Mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang dapat timbul selama kegiatan nyongkolan berlangsung.
  • Berkoordinasi dengan panitia penyelenggara nyongkolan untuk memastikan kelancaran acara.

Nyongkolan Berakhir Aman dan Lancar

Berkat kesigapan dan profesionalisme personel Polsek Gerung, kegiatan nyongkolan di ketiga lokasi tersebut berjalan dengan aman dan lancar. Nyongkolan berakhir pada pukul 18.00 WITA dan meskipun ramai, tidak ada insiden yang berarti terjadi.

“Secara umum, nyongkolan di ketiga lokasi tersebut berjalan dengan aman dan lancar. Ini berkat kerjasama yang baik antara personel Polsek Gerung, panitia penyelenggara, dan masyarakat,” kata AKP Kadek Sumerta.

Upaya Pelestarian Budaya

Pengamanan nyongkolan oleh Polsek Gerung merupakan wujud komitmen Polri dalam mendukung pelestarian budaya lokal. Nyongkolan merupakan tradisi adat yang unik dan sarat makna bagi masyarakat Lombok Barat. Dengan mengamankan nyongkolan, Polri turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian budaya tersebut, dari sisi Kamtibmas.

Apresiasi Masyarakat

Masyarakat Gerung mengapresiasi upaya Polsek Gerung dalam mengamankan nyongkolan. “Kami berterima kasih kepada Polsek Gerung yang telah membantu mengamankan nyongkolan. Berkat pengamanan dari pihak kepolisian, nyongkolan tahun ini berjalan dengan aman dan lancar,” kata salah satu warga Desa Gerung.

Polsek Gerung menunjukkan dedikasi yang tinggi dalam menjaga keamanan dan kelancaran tradisi adat nyongkolan di wilayahnya. Upaya pengamanan ini patut diapresiasi sebagai bentuk komitmen Polri dalam mendukung pelestarian budaya lokal.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

3.325 Calon Taruna-Taruni Akpol Ikut Seleksi, Masuk Tahap Uji Jasmani
Polri Tangkap Buronan Kelas Kakap Nomor Satu Thailand di Bali
Rakernis Logistik Polri 2024, Optimalkan Pengelolaan Produk Dalam Negeri
Rasakan Mudahnya Pengurusan SIM Online, Pegiat Anti Korupsi Apresiasi Polri
Satgassus Pencegahan Polri Lakukan Pengawasan Pupuk Subsidi di Dua Kabupaten
KKB Bunuh Lagi Masyarakat Sipil di Puncak Jaya, Diduga Pelakunya Bumi Walo
Lihat Semua

HUMAS POLDA

35 Jahitan ditubuh korban, Polsek Pademangan Jakut Ringkus Pelaku
CEGAH GANGGUAN KAMTIBMAS, POLSEK SAWAHAN LAKSANAKAN PATROLI MALAM
Gelar Tes Urine Anggota Satresnarkoba, Kapolres Tuban: Semua Harus Bersih Dari Narkoba
Srikandi Satlantas Polres Gresik Gelar Patroli dan Berbagi Makanan di Masjid Baitus Salam
TINGKATKAN IMAN DAN TAQWA ANGGOTA POLSEK SAWAHAN LAKSANAKAN BINROHTAL
Irwasda Polda Papua Buka Rakernis Humas Polda Papua T.A. 2024
Lihat Semua
WordPress Lightbox