[language-switcher]
Beranda  Berita

Polda DIY Ajak Elemen Masyarakat dan Stakeholder Terkait Untuk Bersama Sama Menangani Kejahatan Jalanan (Klitih)

jogja.polri.go.id -Polda DIY, Kapolda DIY Irjen Pol. Drs. Asep Suhendar, M.Si., membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang digelar di Gedung Anton Soedjarwo Polda DIY, Selasa (4/2/2020).

Bertemakan “menolak kejahatan jalanan yang dilakukan pelajar dalam mewujudkan Yogyakarta sebagai Kota pendidikan dan budaya”, FGD tersebut diinisiasi oleh Ditbinmas Polda DIY dan dihadiri sekitar 179 orang yang terdiri dari Narasumber dan peserta baik dari personel Polda DIY maupun instansi lain.

Dalam sambutannya Kapolda DIY menuturkan bahwa dengan kegiatan FGD ini diharapkan muncul ide-ide atau masukan terkait penanganan kejahatan jalanan atau klitih. Baik secara sinergi dan komprehensif sehingga fenomena aksi kejahatan jalanan atau klitih dapat ditekan seminimal mungkin demi terciptanya Yogyakarta yang aman, nyaman dan kondusif.

Lebih lanjut Kapolda DIY mengungkapkan FGD ini juga dalam rangka mengajak semua komponen masyarakat dan stakeholder terkait untuk bersama sama menangani kejahatan jalanan ini. Karena fenomena ini telah menjadi ancaman bagi bangsa dan negara.

“Oleh karena itu kita mengajak (serta) bekerjasama dengan masyarakat untuk menangani ini. Strategi penegakan hukum dengan mengamankan pelaku kejahatan jalanan atau klitih dan strategi pencegahan menjadi hal yang utama dan prioritas yang dilakukan oleh jajaran Polda DIY,” tutur Kapolda DIY.

Kegiatan penanganan yang selama ini telah dilaksanakan Polda DIY diantaranya mencakup kegiatan preemtif dan preventif. Diantaranya seperti penempatan  anggota Polri di sekolah yang rawan tindak pidana, pembinaan dan penyuluhan di sekolah, deklarasi anti klitih yang melibatkan pelajar dan pihak sekolah serta pelaksanaan patroli berskala besar setiap malam hari.

“Sebagai upaya tersebut tentunya juga akan sangat ditentukan oleh sejauh mana partisipasi dan peran aktif masyarakat mengingat Polri tidak mungkin bekerja sendiri perlu kerjasama yang Sinergi antara seluruh elemen masyarakat dan stakeholder terkait,” jelasnya.

Ditandai dengan Pemukulan Gong, Kapolda DIY membuka kegiatan Focus Group Discussion. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan diskusi oleh narasumber yaitu Sosiolog UGM Dr. Arie Sudjito, Kadispora DIY Drs. Bambang Wisnu Handoyo, M.Si., Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Yogyakarta Dr. Sari Murti W, S.H., M.Hum., serta Kasubdit Bhabinkamtibmas Ditbinmas Polda DIY AKBP Muharomah Fajarini, S.H., S.I.K.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Jelang KTT WWF di Bali, Korlantas Polri Survey Pengamanan dan Pengawalan di Beberapa Venue Kunjungan Delegasi
Program Pendidikan Siswa Qur’ani Cetak Polwan Berprestasi Dengan Keagamaan Kuat
Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Divkum Polri Gelar Rakernis : Penguatan Fungsi Hukum untuk Polri Presisi
Sertifikasi Penyidik Laka Lantas Sangat Penting Untuk Profesional Petugas
Kabaharkam Polri Akan Pimpin Operasi Puri Agung Amankan WWF Ke-10
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Gasak Harta Benda Rumsong Saat Mudik, AG Dibekuk Polsek Panongan Polresta Tangerang
Kapolsubsektor Tobat Polsek Balaraja turun ke jalan Urai kemacetan wujud nyata Pelayanan Masyarakat
Kegiatan Polisi RW di Gelar Polsek Cisoka Guna Memelihara Kamtibmas
Anggota Polsek Cisoka Melaksanakan Kegiatan Patroli dan Sambang Polisi Rw
Laksanakan Patroli Barcode, Jajaran Polsek Cisoka Polresta Tangerang Titipkan Pesan Pesan Kamtibmas
Bagren Polresta Tangerang Wajib Input Analisa Beban Kerja (SI ABK PRESISI)
Lihat Semua
WordPress Lightbox