[language-switcher]
Beranda  Berita

Polresta Mojokerto Berhasil Amankan Pelaku Penipuan Modus Minta Tolong Sasaran Anak-anak Yang Membawa Motor

WhatsApp Image 2020 05 07 at 15.02.51 1

Polresta Mojokerto  – Dua dari lima pelaku penipuan dengan modus minta tolong diamankan anggota Satreskrim Polresta Mojokerto. Para pelaku mengaku sudah beraksi di tiga Tempat Kejadian Perkara (TKP) di wilayah hukum Polresta Mojokerto dengan sasaran korban anak-anak.

 

Kedua pelaku tersebut yakni Jun (30) warga Dusun Morlaok RT 01 RW 06, Desa Blega, Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan, Madura dan RA (16) warga Lingkungan Wonokusomo Jaya VII No 04, RT 01 RW, Kelurahan Pegirian, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya.

 

Aksi pelaku dilakukan pada, Sabtu (21/4/2020) lalu. Kedua pelaku yang diamankan tersebut berangkat dari Kota Surabaya untuk mencari sasaran korban di wilayah hukum Polresta Mojokerto. Kedua pelaku berboncengan menggunakan sepeda motor Honda Scopy nopol L 4837 LU warna merah hitam.

 

Setelah sampai di Kota Mojokerto pelaku mencari sasaran anak-anak yang sedang mengendarai sepeda motor. Saat itu, kedua pelaku melihat korban mengendarai sepeda motor Honda Vario Nopol S 4937 SI. Pelaku menghentikan korban dan meminta tolong untuk mencari adik pelaku yang tidak pulang.

 

Kasat Reskrim Polresta Mojokerto, AKP Sodik Efendy mengatakan, modus yang dilakukan oleh para pelaku mengelabuhi korbannya dengan cara meminta tolong seakan-akan ada adiknya hilang. “Kemudian pelaku mengajak korban seolah-olah minta pertolongan diminta mengantar,” ungkapnya, Rabu (6/5/2029).

 

Masih kata Kasat, setelah setengah perjalanan korban di tinggal di pinggir jalan dan Handphone (HP) serta sepeda motor korban dibawa pelaku. Sudah ada beberapa TKP, tiga tempat dengan pelaku sama. Sasaran kendaraan bermotor korban anak-anak yang mudah dibujuk rayu dengan pelaku.

 

“Jadi ada 5 pelaku, mereka berbagi peran. Nah kedua pelaku ini datang dari Surabaya boncengan, setelah melihat sasarannya mereka berbagi peran. Pelaku Jun membonceng korban untuk minta diantar dan ditinggal di pinggir jalan, sementara sepeda motor dibawa kabur,” katanya.

 

Sementara pelaku RA menunggu bersama korban satunya yang membawa HP korban yang sebelumnya sudah diturunkan di pinggir jalan. Pelaku Jun kembali ke lokasi awal dan membonceng pelaku RA dan korban lainnya dengan alasan menyusul korban pertama tapi korban kedua juga diturunkan di tengah jalan.

 

“HP korban dibawa. Dalam aksinya, pelaku berhasil membawa kabur dua HP merk Redmi 5 plus dan Lenovo serta sepeda motor Honda Vario nopol S 4937 SI. Setelah berhasil mengambil barang-barang milik korban, kedua pelaku kembali ke Surabaya. Ada tiga pelaku lain yang masih dalam pengembangan,” jelasnya.

 

Kedua pelaku mengaku beraksi di wilayah hukum Polresta Mojokerto sebanyak tiga kali. Namun sepeda motor milik para korban dijual ke daerah Bangkalan, Madura. Sementara barang bukti yang diamankan HP merk Redmi 5 plus milik korban, sepeda motor Honda Scoopy nopol L 4837 LU milik pelaku sebagai sarana dan kaca mata minus milik pelaku.

 

“Pelaku tidak sampai melakukan kekerasan terhadap korban karena korban anak-anak sehingga mudah. Keduanya pelaku dijerat Pasal 372 tentang Penggelapan dan Pasal 378 tentang Penipuan dengan ancaman di atas 5 tahun. Pelaku kita lakukan rapid test untuk memastikan kesehatannya,” ungkap kasat Reskrim Sodik Effendi (kat/hms)

WhatsApp Image 2020 05 07 at 15.02.51

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Divkum Polri Gelar Rakernis : Penguatan Fungsi Hukum untuk Polri Presisi
Sertifikasi Penyidik Laka Lantas Sangat Penting Untuk Profesional Petugas
Kabaharkam Polri Akan Pimpin Operasi Puri Agung Amankan WWF Ke-10
Polri Gelar Operasi Puri Agung 2024 Amankan WWF Ke-10 di Bali
Wujudkan Peningkatan Ketersediaan Pangan, Kapolri-Mentan Tantadangani MoU
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Asik Main Game, Pengangguran Ditangkap Sat Narkoba Polres Tebing Tinggi Karena Kantongi Sabu
Polres Tebing Tinggi Laksanakan Patroli Bersinggungan di Perbatasan Wilayah Antisipasi Kriminalitas
Polres Tebing Tinggi Beri Pengamanan Pelaksanaan Ibadah Sholat Jumat
Ditemukan Warga Negara Asing Asal Negara Philipin Yang Hanyut Melaut
Giat Jumat Curhat Polsek Muara Kuang Dengan Camat Rambang Kuang Beserta Staf Kecamatan Rambang Kuang
Doa Lintas Agama di Mapolres Pekalongan Kota, Wujudkan Keamanan dan Kedamaian Negeri
Lihat Semua
WordPress Lightbox