[language-switcher]
Beranda  Berita

Polri Amankan Tersangka Perdagangan Manusia Kasus ABK Terjun ke Laut

Jakarta – Polri berhasil menangkap seorang tersangka pedagangan manusia dalam hal ini ABK. Tersangka merupakan orang yang diduga terlibat dalam kasus dua ABK yang terjun ke laut karena disiksa di atas kapal berbendera China.

Kasus dugaan tindak pidana perdagangan orang terhadap dua ABK asal Indonesia yang lompat dari kapal ikan Fu Li Qing Yuan Yu 901 di wilayah perairan Pulau Karimun, Kepulauan Riau mulai terungkap. Polri telah menangkap salah seorang tersangkanya.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri (Brigjen. Pol. Ferdy Sambo, S.H., S.I.K., M.H) mengatakan Satgas TPPO Bareskrim Polri dan Polda Metro Jaya bersama Polda Kepulauan Riau berhasil menangkap satu tersangka. Dia diduga terlibat dalam kasus dua ABK yang terjun ke laut.

“Telah ditangkap tersangka TPPO yakni S (44) dalam kasus dua ABK terjun ke laut,” ujar Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri..

Dari tangan tersangka, petugas menyita beberapa barang bukti yakni KTP, buku rekening tersangka dan ponsel milik tersangka. Pengungkapan kasus ini berawal dari ditemukannya dua ABK asal Indonesia yaitu Reynalfi (22) dan Andri Juniansyah (30) yang nekat kabur dari kapal China Fu Li Qing Yuan Yu 901. Keduanya melompat ke laut di wilayah perairan Pulau Karimun, Kepulauan Riau.

Selanjutnya Satgas TPPO Bareskrim Polri bersama Subdirektorat III Jatanras Polda Metro Jaya membantu memetakan lokasi keberadaan tersangka. Kemudian pada Kamis (11/06/2020) dini hari, tersangka S ditangkap di kediamannya di Cileungsi. setelah itu langsung dibawa ke Bareskrim Polri untuk diperiksa.

“Para korban diiming – imingi akan dipekerjakan sebagai buruh pabrik di Korea Selatan dan dan mendapat upah layak,” tambahnya.

Namun pada kenyataannya, para korban dieksploitasi untuk melakukan pekerjaan kasar di kapal penangkap ikan berbendera Cina. Para ABK ini juga tidak menerima gaji selama bekerja di kapal.

(PoldaMetroJaya)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Kerahkan Kendaraan Listrik untuk Pengamanan World Water Forum ke-10 di Bali
Korlantas Dirikan Posko Untuk Maksimalkan Pengawalan World Water Forum ke-10
Disambut Kapolda Jabar, Kapolri Tiba di Bandung Dalam Rangka Kunjungan Kerja
Kolaborasi BPKP dan Itwasum Polri Tingkatkan Pengawasan Polri
Kadiv Propam Polri Apresiasi Rakornis POM TNI-Propam Polri
Kabaharkam Polri Cek Kesiapan Venue WWF Ke-10 di GWK
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polsek Sidomukti Pengamanan Kegiatan Pangan Murah Di Lapangan P3SI
Polsek Kayan Hilir Laksanakan Patroli KRYD
Polsek Kayan Hilir Laksanakan Patroli KRYD
Personel Samapta Intensifkan Patroli Dialogis, Berikan Rasa Aman Kepada Mayarakat
Polsek Binjai Hulu Amankan Sholat Jumat, Salah Satu Wujud Polri Hadir di Masyarakat
Sambangi Warung Milik Warga Binaanya, Bhabinkamtibmas Desa Tengah Sampaikan Pesan Kamtibmas
Anggota Polsek Ketungau Hilir Melaksanakan Pengamanan Masjid
Lihat Semua
WordPress Lightbox