[language-switcher]
Beranda  Berita

Kabid Humas: Warga Diharapkan Waspada Cuaca Ekstrim Baik Didaerah Pegunungan Maupun Pesisir Pantai

Jayapura – saat ini di negara kita khususnya di Provinsi Papua sedang mengalami cuaca ekstrem saat musim penghujan tiba, Cuaca ekstrem yang dimaksud yakni, intensitas hujan yang sangat lebat dengan disertai kilat dan angin kencang serta gelombang laut yan sangat tinggi, Rabu (25/11/2020).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengimbau kepada seluruh masyarakat baik yang ada di daerah pegunungan dan pesisir pantai untuk tetap waspada dengan adanya cuaca ekstrim yang saat ini kita tengah alami bersama.

Dalam kesempatannya Kabid Humas Polda Papua mengatakan antisipasi yang dapat dilakukan masyarakat terhadap ancaman cuaca ekstrem diantaranya yakni, melakukan pengecekan dan pembersihan saluran air dan kami meminta kepada warga yang akan melakukan aktifitas di laut agar lebih berhati-hati dalam memantau atau membaca kondisi cuaca maupun ombak.

“Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kejadian genangan maupun banjir terutama daerah-daerah yang menjadi langganan seperti wilayah yang berada di daerah aliran kali atau sungai, daerah cekungan maupun daerah pesisir.  Kami juga meminta agar masyarakat yang berada di daerah perbukitan waspada terhadap bencana longsor. Tak hanya itu, kepada pengendara motor ataupun mobil selalu mengecek prakiraan cuaca BMKG jika ingin bepergian saat musim penghujan,” ujar Kabid Humas Polda Papua.

Kabid Humas juga menambahakan bagi masyarakat yang sedang berkendara baik beroda dua maupun lebih, waspada jalan licin dan jarak pandang yang terbatas serta diimbau untuk berlindung di bangunan yang kuat dan kokoh, tidak disarankan berlindung dibawah pohon, ini dapat dilihat beberapa kejadian yang terjadi baik di Papua maupun diluar Papua dimana terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat jalan licin dan beberapa kejadian kecelakaan laut.

“Untuk mengantisipasi ancaman kilat maupun petir kami meminta kerja sama dari semua pihak baik Pemerintah Daerah, TNI/Polri dan masyarakat untuk bersama-sama memangkas atau merapikan pohon-pohon yang dilihat sudah tidak layak lagi atau rapuh. Sebab, sangat berbahaya bagi para pengguna jalan saat musim penghujan. Melakukan pengecekan dan penguatan bagian atap dari bangunan kantor, rumah serta bangunan semi permanen dan non permanen lainnya yang berada dilingkungan kita, karena hal ini merupakan tanggungjawab kita bersama untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” tutup Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Satgas Damai Cartenz berhasil tangkap Pelaku Pembunuhan Danramil Aradide
Jelang WWF ke-10 di Bali, Fadil Imran Siapkan Strategi Khusus Pengamanan Akses Masuk Pelabuhan
Polri Pastikan Keamanan Akses Masuk ke Bali Jelang World Water Forum
Tiba di Pulau Dewata, Kabaharkam Polri disambut Langsung oleh Kapolda Bali
Masyarakat Bali Mendukung Sepenuhnya World Water Forum ke-10
Puslitbang Polri Gelar Seminar Hasil Penelitian Strategi Pengembangan SDM Polisi Siber untuk Mewujudkan Polri 4.0
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Uang Senilai Rp52 Juta Pedagang Sembako di Tangerang Dicuri, Pelaku Ditangkap
Polres Kepulauan Aru Intensifkan Patroli Dialogis Malam Hari Dengan Warga Masyarakat Selama Libur panjang.
Sambang Warga Bersama, Langkah Nyata Sinergitas TNI-Polri di Wilayah Hukum Polsek Tukdana
Pendampingan Polsek Sukra Dalam Pendistribusian Bantuan Pangan Nasional
Dialog Polsek Patrol di Pos Satkamling, Wujudkan Kamtibmas Aman dan Kondusif
Musyawarah Warga di Dusun Sei Pinang, Desa Siancimun: Bersama Membangun Harkamtibmas yang Kondusif
Lihat Semua
WordPress Lightbox