[language-switcher]
Beranda  Berita

Terkait Kebakaran Ibul Besar II, Polres Ogan Ilir Tetapkan Satu Tersangka

Ogan Ilir — Peristiwa kebakaran hebat yang menghanguskan 11 rumah serta puluhan kendaraan yang terjadi di Desa Ibul Besar II Kecamatan Pemulutan pada Kamis malam kemarin, diduga disebabkan oleh adanya kegiatan ilegal penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM ilegal), dan sejauh ini Polres OI sementara menetapkan 1 (satu) orang tersangka atas peristiwa tersebut dan memeriksa 9 (sembilan) orang saksi untuk dimintai keterangan. Demikian kata Kapolres OI, AKBP Yusantio Sandi kepada awak media saat memimpin Operasi  Giat lidik pada lokasi yang diduga sebagai titik penimbunan minyak ilegal Desa Ibul Besar dan sekitarnya.

Dan lanjutnya, dari hasil penyelidikan dan pengembangan penyebab kebakaran ini, diketahui ternyata pada kawasan ini (sepanjang jalur Ibul hingga Pemulutan dan sekitarnya) terdapat banyak titik titik yang diduga sebagai tempat kegiatan ilegal yang sama (penampungan BBM ilegal). “Yang pasti ada 10 titik,” katanya.

Masih kata Yusantio, sebagai upaya preventif pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintahan sempat (Kades) untuk memberikan pemahaman pada masyarakat agar kegiatan seperti ini dihentikan dan jangan sampai terulang, sebab apabila hal ini masih dilakukan Polres OI tidak akan segan untuk bertindak tegas.

Disinggung keterlibatan oknum petugas yang menurut informasi ada dibelakang kegiatan ini “Beking,” dengan tegas Iya mengatakan sejauh ini pihaknya belum menemukan indikasi tersebut. Namun, seandainya ditemukan tentu akan diproses secara hukum oknum tersebut dan pasti ditindak lanjuti. Kedepan Polres OI akan secara intensif melakukan razia penertiban terkait transaksi gelap yang merugikan banyak orang ini. Dan Iya berharap dukungan dari masyarakat dan dari semua elemen agar kegiatan semacam ini dapat diberantas habis, tandasnya.

Berdasarkan pengamatan “ap-news” dalam operasi ini petugas membawa seorang saksi inisial J, yang sebelumnya menurut keterangan, saksi tersebut tidak memenuhi panggilan. Pada kesempatan yang sama  dilakukan pemeriksaan empat titik target operasi. Salah satunya sejenis gudang yang diduga sebelumnya sebagai tempat penampungan BBM Ilegal ternyata isi gudang tersebut sudah kosong, yang ada hanya sangkar ayam, sedangkan titik lainnya berada di lokasi kebakaran.

Diketahui, dalam peristiwa kebakaran ini 11 Rumah warga hangus terbakar, berikut  Empat Unit Mobil dan 9 Unit kendaraan roda dua. Sedangkan nominal kerugian diperkirakan hampir mencapai Rp.3 Milyar, hal ini berdasarkan keterangan Kades Ibul Besar II, Basirun Hadinata. Kades Basirun berharap agar masyarakat dapat kooperatif untuk memberikan dukungan  terhadap upaya Polri dan pemerintahan desa dalam pemberantasan bisnis haram ini. Kemudian Iya juga berterima kasih, atas perhatian dan bantuan yang telah diberikan segenap instansi yang pada warganya korban kebakaran. Tetapi, pihaknya tetap berharap bantuan pada semua pihak agar dapat sedikit meringankan beban hidup yang mereka alami, tutupnya.

Dalam konteks sinsiden kebakaran tersebut, Ketua LSM Nasional Cinta Indonesia (CINDO), HM Syarifuddin Basrie SIKom, menyambut gembira gerakan dan mensupport keseriusan Kapolres Ogan Ilir, Yusantiyo Sandhy, atas pemberantasan Narkoba dan Bisnis Ilegal Minyak di kabupaten Ogan Ilir. (hms)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Kerahkan Kendaraan Listrik untuk Pengamanan World Water Forum ke-10 di Bali
Korlantas Dirikan Posko Untuk Maksimalkan Pengawalan World Water Forum ke-10
Disambut Kapolda Jabar, Kapolri Tiba di Bandung Dalam Rangka Kunjungan Kerja
Kolaborasi BPKP dan Itwasum Polri Tingkatkan Pengawasan Polri
Kadiv Propam Polri Apresiasi Rakornis POM TNI-Propam Polri
Kabaharkam Polri Cek Kesiapan Venue WWF Ke-10 di GWK
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Personil Piket Bhabinkamtibmas bantu Masyarakat selesaikan selisihan faham bertangga di Silalas Medan Barat
Berlabuhnya Kapal Pesiar SY. Adventure Milik Warga Negara Asing Di Wilayah Nanusa
Polsek Manuhing Patroli Malam Hari, Pastikan Wilayah Hukunya Tetap Aman
Pastikan Wilayah Hukunya Tetap Aman, Polsek Tewah Patroli Malam Hari
Untuk Ciptakan Kamtibmas Kondusif, Polsek Sepang Tingkatkan Patroli Malam Hari
Polsek Kurun Tingkatkan Patroli Malam Hari untuk Ciptakan Kamtibmas Kondusif
Lihat Semua
WordPress Lightbox