[language-switcher]
Beranda  Berita

Pakta Integritas Seleksi Anggota Polri, Kapolres Trenggalek: Komitmen Bersih dan Transparan

Polres Trenggalek – Proses rekrutmen anggota Polri jenjang Bintara dan Tamtama memasuki babak baru. Sehari setelah pendaftaran ditutup tanggal 12 April 2021 yang lalu, Polres Trenggalek langsung menggelar penandatanganan Pakta Integritas dan pengambilan sumpah penerimaan terpadu Bintara dan Tamtama Polri tahun 2021.

Pelaksanaan penandatangan Pakta Integritas yang diselenggarakan di ruang ZI Sanika Satyawada Polres Trenggalek tersebut digelar bersamaan dengan kegiatan yang serupa yang digelar Polda Jawa Timur yang disiarkan secara virtual dan diikuti oleh seluruh Polres jajaran Polda Jawa Timur. Selasa, (13/4).

Kegiatan diawali dengan pengambilan sumpah oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Nico Afinta, S.I.K, S.H., M.H. yang diikuti oleh seluruh panitia, pengawas baik internal maupun eksternal, perwakilan peserta dan orang tua/wali. Hal serupa juga dilakukan oleh panitia dan peserta di tingkat Polres Trenggalek.

Di tingkat Polres Trenggalek penandatanganan sumpah dan pakta integritas dilakukan oleh panitia seleksi yakni, Kabagsumda, Kasiwas, Kasipropam, Paurkes, perwakilan peserta dan orang tua/wali yang sengaja turut dihadirkan. Penandatanganan disaksikan oleh Kapolres Trenggalek didampingi oleh para pejabat utama.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. mengatakan pengambilan sumpah dan penandatangan pakta integritas ini merupakan implementasi dari prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) dimana seluruh rangkaian diawasi baik secara internal maupun eksternal.

“Bentuk Komitmen kami untuk melaksanakan proses penerimaan anggota Polri secara terbuka.” Ungkap AKBP Doni.

Pakta Integritas meliputi komitmen menjaga integritas diri dan tanggungjawab serta mengutamakan kepentingan NKRI, bekerja secara profesional dan penuh semangat dan menjunjung tinggi HAM, tidak akan menyalahkangunakan wewenang dan jabatan, menjaga martabat dan mengindarkan diri dari perbuatan tercela, serta melaksanakan seleksi secara jujur, objektif, bersih, transparan, akuntabel, unggul dan kompetitif dan bebas dari KKN.

Selain itu bagi peserta, sanggup mengikuti proses seleksi secara jujur, tidak melakukan KKN, melaporkan kepada panitia dan pengawas jika mengetahui dan menemukan penyalahgunaan wewenang selama proses seleksi dan apabila melakukan penyimpangan bersedia menerima sanksi administrasi dan dinyatakan tidak memenuhi syarat serta siap menjalani konsekwensi hukum.

Sementara itu, Kabagsumda Polres Trenggalek AKP Wajib Santoso, S.H., menuturkan, pengambilan sumpah dan penandatangan pakta integritas hari ini dikhususkan bagi seleksi jenjang Bintara dan Tamtama Polri. Sedangkan untuk jenjang Akpol akan dilaksanakan setelah pendaftaran ditutup tanggal 15 April 2021 mendatang.

“Sampai dengan hari ini, pendaftar keseluruhan yang telah terverifikasi sejumlah 215 orang dengan rincian 181 pria dan 34 wanita. Mereka ini nantinya akan mengikuti tahap seleksi berikutnya” Ujar AKP Wajib

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Sejumlah Polisi di Pegunungan Bintang Diganjar Pin Emas Kapolri hingga KPLB
Bareskrim Bongkar Kasus Manipulasi Data Email, Kerugian Rp.32 M dan 2 WNA Nigeria Tersangka
Polri Siap Lindungi WNI di Luar Negeri dari Kejahatan Transnasional
Patung Jenderal Hoegeng di Sespim Lemdiklat Polri Jadi Simbol Kejujuran dan Anti Korupsi
Kapolri Hadiri HUT Yayasan Kemala Bhayangkari Ke-44
Kapolri Terima Audiensi Walubi, Bahas Perayaan Waisak Nasional Hingga Kerukunan Bangsa
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Kapolsek Cambai melaksanakan giat Patroli dan sambang memberikan edukasi himbauan kamtibmas
Bhabinkamtibmas Desa Jungai sambang dan sosialisasi, edukasi kepada warga tentang situasi kamtibmas
Sinegritas TNI - POLRI oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas sambangi warga ciptakan situasi aman kondusif
Duta Lalu Lintas Polres Prabumulih Tahun 2024 melaksanakan unjuk bakat di PTC Mal Kota Palembang
Kapolsek Prabumulih Timur AKP HERRY SULISTYO melaksankaan kegiatan penegakan penertiban disiplin personil
Unit Binkamsa Sat Binmas Polres Prabumulih melaksanakan giat pembinaan kepada Satpam di SMA Negeri 7 Prabumulih
Lihat Semua
WordPress Lightbox