[language-switcher]
Beranda  Berita

Tatap Muka Bersama Bhabinkamtibmas dan Kanitintelkam, Kapolres Trenggalek: Penguatan Deteksi Dini dan Problem Solving

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas memiliki peran penting dalam pengelolaan Kamtibmas ditingkat Desa. Sebagai miniatur Polri, Bhabinkamtibmas wajib pro aktif terhadap segala permasalahan sekecil apapun yang terjadi di desa binaan.

Hal ini disampaikan Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. saat mengumpulkan dan memberi arahan kepada Bhabinkamtibmas dan Kanit Intelkam Polsek jajaran di Rupatama Mapolres. Senin, (24/5).

“Sengaja kita kumpulkan para Bhabinkamtibmas dan Kanit Intelkam untuk pembekalan sekaligus evaluasi terhadap kinerja yang telah tergelar selama ini.” Ujar AKBP Doni.

Komunikasi dan membangun hubungan harmonis dengan masyarakat merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab para Bhabinkamtibmas sehingga setiap permasalahan apapun bisa segera diketahui dan diselesaikan sejak dini.

Pihaknya meminta agar program penempelan stiker Bhabinkamtibmas mencantumkan identitas dan nomor telephon terus dilanjutkan. Tujuannya adalah memudahkan masyarakat saat membutuhkan kehadiran polisi ataupun melaporkan tentang sesuatu hal.

Pihaknya juga mengintruksikan agar optimalisasi FKPM sebagai garda terdepan deteksi dini dan problem solving tetap digencarkan di masing-masing desa. Bahkan bisa dibentuk hingga tingkat RW maupun RT.

“Lakukan sambang desa. Rangkul masyarakat dan bangun komunikasi yang bagus. Saya yakin dan percaya secara teknis para Bhabinkamtibmas sudah memahami betul apa yang harus dilakukan.” Imbuhnya.

Sementara kepada Kanitintelkam Polsek jajaran, perwira menengah alumni Akpol tahun 2000 ini menekankan agar memaksimalkan peran sebagai basis deteksi dini. Seorang Kanitintelkan harus mampu membaca gejala yang muncul ditengah masyarakat, kemudian menganilisis dan memberikan masukan kepada pimpinan untuk tindak lanjut.

“Deteksi dini setiap potensi konflik sekecil apapun dan lakukan pencegahan agar masalah tidak menjadi besar. Ini yang disebut dengan prediktif sebagaimana Polri Presisi yang dicanangkan oleh Kapolri.” Ucap AKBP Doni.

Pihaknya berharap, dengan pengarahan dan evaluasi ini dapat meningkatkan kontribusi Bhabinkamtibmas maupun unit Intelkam Polsek jajaran dalam menjaga Kamtibmas Kabupaten Trenggalek tetap terjaga dan senantiasa kondusif.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Divkum Polri Gelar Rakernis : Penguatan Fungsi Hukum untuk Polri Presisi
Sertifikasi Penyidik Laka Lantas Sangat Penting Untuk Profesional Petugas
Kabaharkam Polri Akan Pimpin Operasi Puri Agung Amankan WWF Ke-10
Polri Gelar Operasi Puri Agung 2024 Amankan WWF Ke-10 di Bali
Wujudkan Peningkatan Ketersediaan Pangan, Kapolri-Mentan Tantadangani MoU
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polisi Kerumutan Cegah Aksi C3 di Objek Vital
Polisi Kerumutan Cegah Aksi C3 di Objek Vital
Polisi Bunut Silaturahmi Dengan Warga Binaan
Polisi Bunut Silaturahmi Dengan Warga Binaan
Bhabinkamtibmas Polsek Ukui Sambangi Ketua BPD, Ciptakan Suasana Harkamtibmas Yang Sejuk
Polisi Langgam Gelar Subuh Harmoni dan Sampaikan Pesan Kamtibmas
Jumat Curhat, Polisi Bunut Sampaikan Pesan Kamtibmas dan Penerimaan Polri 2024
Polisi Gelar Jumat Curhat dan Serap Keluhan Warga Bandar Sei Kijang
Lihat Semua
WordPress Lightbox