[language-switcher]
Beranda  Berita

Percepat Penanggulangan Penyebaran Covid 19, Sat Lantas Polres BKL Rapid Tes Antigen Puluhan Pengendara

KOTA BENGKULU – Satuan Lalu Lintas Polres Bengkulu Polda Bengkulu kembali melanjutkan kegiatan penyekatan, pembatasan dan mobilitas masyarakat di Simpang Empat Nakau setelah ditetapkannya PPKM Level 4 di Kota Bengkulu, kemarin (Jum’at ,30/07/21).

Dalam penyekatan tersebut, personil Sat Lantas Polres Bengkulu juga melakukan swab antigen kepada pengguna jalan yang masuk Kota Bengkulu guna mempercepat penanggulangan penyebaran virus covid-19 di Kota Bengkulu.

Swab antigen difokuskan kepada kendaraan pribadi hingga travel dari luar Provinsi Bengkulu, seperti Padang, Lampung, Sumsel hingga Pulau Jawa. Dari puluhan swab antigen yang dilakukan, semuanya non reaktif.

Kapolres Bengkulu AKBP Pahala Simanjuntak, S.Ik., melalui Kasat LantasAKP Kadek Suwantoro SIK. Hari ini ( 02/08/21) Mengungkapkan, personil gabungan yang bertugas di Pos penyekatan memeriksa seluruh Masyarakat pengendara yang akan melintas dan bagi yang tidak bisa menunjukkan surat vaksin, swab antigen H-1 dan kepentingan ke Bengkulu tidak terlalu penting diperintahkan putar arah.

“ Untuk mempercepat penanggulangan penyebaran virus covid 19 di Kota Bengkulu kita lakukan pemeriksaan, dan dari puluhan sample yang kita ambil semuanya non reaktif.” Ungkap Kasat Lantas.

Dijelaskan oleh Kasat Lantas, Sejak pemberlakuan PPKM level IV di Kota Bengkulu dan penyekatan yang dilakukan tanggal 27 Juli lalu, sudah ada ratusan kendaraan diperintahkan untuk putar arah.

” yang kita putar balik Umumnya mereka yang belum vaksin, tidak bisa menunjukkan surat vaksin, belum melakukan rapid tes antigen dan melanggar protokol kesehatan.” Jelas Kasat Lantas.

Beberapa diputar arah karena tujuan ke Kota Bengkulu tidak begitu penting, seperti untuk belanja, liburan ke Pantai Panjang atau ke pusat perbelanjaan.

Personel yang ditugaskan juga menanyakan asal daerah masyarakat, jika masyarakat dari daerah PPKM level 4 diperintahkan putar arah.

“Sudah ratusan kendaraan kita perintahkan untuk putar arah. Umumnya, mereka tidak punya surat vaksin, antigen dan kepentingan ke Kota Bengkulu hanya untuk jalan-jalan.” imbuh AKP Kadek.

Dikatakan oleh Kasat Lantas, Titik penyekatan di Kota Bengkulu di optimalkan pada jalur lintas barat Sumatera, seperti Simpang Empat Betungan dan Simpang Empat Nakau.

Untuk titik lain seperti Simpang Tugu Hiu atau Simpang depan DPRD Kabupaten Seluma diberlakukan situasional karena di perbatasan Mukomuko – Padang sudah ada penyekatan.

Kegiatan tersebut rutin akan dilakukan Polres Bengkulu hingga pemberlakukan PPKM level 4 selesai. Penjagaan difokuskan pada jam sibuk.

Berkaitan dengan penyekatan di Kabupaten lain, menyesuikan kebijakan kepala daerah masing-masing Kabupaten.

“ Kami imbau kepada masyarakat yang ingin ke Kota Bengkulu tetapi tujuannya tidak terlalu penting lebih baik ditunda dulu. Apalagi kondisi sekarang ini kasus covid-19 belum ada tanda-tanda penurunan. Apapun alasannya, jika tidak bisa menunjukkan surat vaksin, swab antigen akan kita perintahkan putar arah.” pungkas Kasat Lantas.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Divkum Polri Gelar Rakernis : Penguatan Fungsi Hukum untuk Polri Presisi
Sertifikasi Penyidik Laka Lantas Sangat Penting Untuk Profesional Petugas
Kabaharkam Polri Akan Pimpin Operasi Puri Agung Amankan WWF Ke-10
Polri Gelar Operasi Puri Agung 2024 Amankan WWF Ke-10 di Bali
Wujudkan Peningkatan Ketersediaan Pangan, Kapolri-Mentan Tantadangani MoU
Penurunan Kasus Judi Online di Indonesia Capai 404 Kasus di Tahun 2024
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Personel Reskrim Polres Tarakan Bekuk Dua Pelaku, Kerugian Korban Tembus Rp23 Juta
"Kapolsek Sipirok Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Bedah Rumah Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya di Kelurahan Sipirok Godang
Bhabinkamtibmas Polsek Padang Bolak Ikut Memakmurkan Masjid Jami' Al Ikhlas Desa Pamuntaran
Bhabinkamtibmas Polsek Padang Bolak Berjamaah di Mesjid Raya Desa Pamuntaran, Masyarakat Ikut Memakmurkan Mesjid
Bhabinkamtibmas Kecamatan Batang Angkola Sholat Jumat Berjamaah di Mesjid Al Falah, Desa Benteng Huraba
Personil Polsek Sipirok Lakukan Patroli di Fasilitas Umum dan Objek Vital, Situasi Aman dan Terkendala
Lihat Semua
WordPress Lightbox