[language-switcher]
Beranda  Berita

5.231 Petugas Gabungan Bakal Jaga Riau dari Ancaman Karhutla Tahun Ini

Mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau, Polda Riau mengerahkan 5.231 personel gabungan.

Personel gabungan tersebut dibentuk dalam Satgas Karhutla tahun 2023, untuk persiapan menghadapi Karhutla apabila terjadi.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto mengatakan, selain menyiapkan personel gabungan, juga melakukan mapping di wilayah rawan terjadinya Karhutla.

“Kita mengoptimalkan DLHK, mempersiapkan personel, sarana dan prasarana, serta melakukan pemetaan kerawanan wilayah rawan Karhutla dan mempersiapkan patroli, baik darat maupun udara,” kata Sunarto, Jumat (10/2/2023).

Tidak hanya melakukan pemetaan saja, Polda Riau dan jajarannya juga meningkatkan kegiatan penanggulangan mulai dari sekat, kanal, FGD embung, penyuluhan, penyebaran maklumat, dan spanduk, serta membentuk forum kemasyarakatan seperti kelompok Masyarakat Peduli.

Pihaknya juga berkolaborasi bersama Pemda dan stakeholder terkait untuk melakukan penyiapan 30 embung baru di setiap wilayah Polres jajaran Polda Riau.

“Tidak sampai di situ, kami juga melakukan koordinasi dengan 50 perusahaan perkebunan dan aset terkait rencana penambahan embung dan sekat kanal di sekitar lahan perusahaan serta mempersiapkan sukarelawan tanggap api dengan melakukan pembinaan dan pelatihan pengendalian Karhutla,” ungkapnya.

“Hal tersebut menjadi prioritas Polda Riau dengan berbagai upaya baik preemtif, preventif, dan penegakan hukumnya. Penanganan karhutla menjadi salah satu program prioritas Kapolda Riau,” pungkasnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Beberkan Langkah Kesiapan dalam World Water Forum di Bali
Polri Siap Mengawal Kepala Negara dan Delegasi Pada KTT World Water Forum di Bali
Pengamanan Pemilu Lancar, Polri Pantau Berita Bohong di Medsos
Polisi: Serangan KKB ke Polsek Homeyo Tewaskan 1 Warga Sipil
Polri Catat Penurunan Gangguan Kamtibmas dan Laka Lantas di Akhir Pekan
Kapolri Ikut Nobar Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan Bersama Presiden di Istana
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Bripka Dolfi Suhandi Polisi RW, Polsek Panongan Hadir Di Masyarakat
Bentuk Pelayanan Prima Polsek Panongan Polresta Tangerang Laksanakan Strong Point Gatur Lalin
Polsek Panongan– Polisi RW Polsek Panongan Jajaran Polresta Tangerang, terus melaksanakan silaturahmi kamtibmas dengan warga masyarakat di desa binaan nya pada  Selasa (30/04/2024).  Dalam giat sambangnnya polisi rw menggalang dan mengajak masyarakat khususnya pemuda agar bersama-sama menjaga Kondusifitas Kamtibmas.  Ia juga menitipkan pesan untuk tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang berkembang, yang belum tentu kebenarannya dan tidak bisa di pertanggung jawabkan (berita Hoax),” Pesan Nya. Polisi RW bertugas sebagai petugas penghubung (liaison officer/LO) Polri di setiap RW yang berperan untuk mendengarkan, menerima, berempati terhadap keluh kesah, keresahan, keinginan, harapan, dan permasalahan di masyarakat.  Menurut Kapolsek Panongan Iptu Hotma P.A Manurung STrK.,S.IK menjelaskan Kegiatan Sambang ini merupakan kegiatan Rutin yang wajib dilakukan oleh Personel Kepolisian Khususnya Polsek Panongan Polresta Tangerang.  Implementasi dari program Polisi RW ini adalah menempatkan satu polisi untuk satu RW. Namun, personel polisi yang bertugas pada program ini di luar dari anggota Bhabinkamtibmas yang ada di masing-masing kecamatan dan kelurahan.  “Polisi RW bertugas melayani aduan masyarakat di tingkat Rukun Warga. Jika masyarakat memiliki keluhan ataupun aduan terkait kejahatan dan tindak kriminalitas dapat langsung melapor kepada Polisi RW yang ada di lingkungannya,” Tutur Kapolsek.  ”Polisi yang bertugas di RW tersebut menjadi penanggungjawab atas keamanan di wilayahnya. Mereka diwajibkan untuk bertemu secara berkala dengan ketua RW, ketua RT, tokoh agama dan tokoh masyarakat sekitar,” Tandas Hotma
Polsek Panongan– Polisi RW Polsek Panongan Jajaran Polresta Tangerang, terus melaksanakan silaturahmi kamtibmas dengan warga masyarakat di desa binaan nya pada Selasa (30/04/2024). Dalam giat sambangnnya polisi rw menggalang dan mengajak masyarakat khususnya pemuda agar bersama-sama menjaga Kondusifitas Kamtibmas. Ia juga menitipkan pesan untuk tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang berkembang, yang belum tentu kebenarannya dan tidak bisa di pertanggung jawabkan (berita Hoax),” Pesan Nya. Polisi RW bertugas sebagai petugas penghubung (liaison officer/LO) Polri di setiap RW yang berperan untuk mendengarkan, menerima, berempati terhadap keluh kesah, keresahan, keinginan, harapan, dan permasalahan di masyarakat. Menurut Kapolsek Panongan Iptu Hotma P.A Manurung STrK.,S.IK menjelaskan Kegiatan Sambang ini merupakan kegiatan Rutin yang wajib dilakukan oleh Personel Kepolisian Khususnya Polsek Panongan Polresta Tangerang. Implementasi dari program Polisi RW ini adalah menempatkan satu polisi untuk satu RW. Namun, personel polisi yang bertugas pada program ini di luar dari anggota Bhabinkamtibmas yang ada di masing-masing kecamatan dan kelurahan. “Polisi RW bertugas melayani aduan masyarakat di tingkat Rukun Warga. Jika masyarakat memiliki keluhan ataupun aduan terkait kejahatan dan tindak kriminalitas dapat langsung melapor kepada Polisi RW yang ada di lingkungannya,” Tutur Kapolsek. ”Polisi yang bertugas di RW tersebut menjadi penanggungjawab atas keamanan di wilayahnya. Mereka diwajibkan untuk bertemu secara berkala dengan ketua RW, ketua RT, tokoh agama dan tokoh masyarakat sekitar,” Tandas Hotma
Personil Sat Pamobvi Polresta Tangerang memimpin apel pagi Satpam Kawasan Industri dan Pergudangan Cikupamas.
Penyaluran Bantuan Sosial Kapolda Banten di Darkum Polsek Cikupa
Polsek Babar Timur Secara Optimal Amankan dan Layani Aktifitas Warga di Pelabuhan Laut
Lihat Semua
WordPress Lightbox