[language-switcher]
Beranda  Berita

Upaya Pelestarian Lingungan dengan Penanaman 100 Pohon

Polsek Prafi SP 4 mengadakan penanaman 100 bibit pohon di kampung Aimasi SP3, Kabupaten Manokwari, Papua Barat dalam merayakan hari jadi Republik Indonesia yang ke-78. Acara yang berlangsung pada Jumat, 1 September 2023 ini juga dilangsungkan demi meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dan upaya melestarikan negeri. Penanaman 100 bibit pohon ini tentu saja memiliki berjuta manfaat yang nantinya berdampak positif pada lingkungan dan masa depan yang lebih hijau.

Pertama, adanya kegiatan ini dapat menjadi salah satu cara meningkatkan kualitas udara. Pasalnya, penanaman pohon merupakan salah satu cara terbaik dalam meningkatkan kualitas udara, sebab pohon mampu menyerap karbon dioksida (CO2) selama proses fotosintesis dan menghasilkan oksigen (O2) sebagai gantinya. Program penanaman 100 bibit pohon ini tentu saja mampu mengurangi tingkat karbon dioksida di atmosfer, serta mampu memberikan lebih banyak oksigen.

Selain itu, program penanaman 100 pohon juga memberikan manfaat dalam mengurangi risiko adanya bencana alam seperti erosi tanah dan banjir. Akar dari pohon-pohon ini nantinya dapat mengikat tanah, sehingga mengurangi risiko terjadinya erosi dan banjir. Belum lagi, pohon merupakan ‘rumah’ bagi berbagai jenis flora dan fauna, sehingga program penanaman 100 pohon ini secara tidak langsung mampu mendukung keanekaragaman hayati dan melindungi spesies dengan cara memberikan tempat tinggal serta sumber makanan yang mencukupi.

Pohon juga dapat menjadi tempat berteduh oleh manusia dari sinar matahari, sebagai pengendali suhu sekitar, serta mampu menciptakan lingkungan yang lebih sejuk. Hal ini tentu saja dapat memberikan perasaan nyaman dan aman bagi manusia untuk melakukan aktivitas di luar ruangan. Apalagi, tak jarang pohon juga dimanfaatkan dalam segi estetikanya, sehingga penanaman pohon dalam lingkungan bisa menambah keindahan alam. Pohon-pohon ini mampu memberikan pemandangan yang lebih cantik dengan lingkungan yang lebih hijau dan alami.

Terakhir, penanaman 100 bibit pohon ini tentu saja tidak hanya bermanfaat di masa kini, melainkan juga investasi di masa depan. Pasalnya, pohon yang terus tumbuh dapat memberikan manfaat selama bertahun-tahun. Hal tersebut tentu saja sangat berguna bagi lingkungan, maupun pada generasi yang akan datang.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Bongkar 5 Lab Narkoba Gelap, Sita Berbagai Prekursor dan Ribuan Pil Ekstasi
Sertifikasi Dakgar Lantas Gelombang I T.A 2024, Korlantas Berupaya Turunkan Angka Kecelakaan Lalin
Bareskrim Polri Tangkap 60 Tersangka Narkoba Jaringan Fredy Pratama
Tim Itwasum Polri Lakukan Audit di Divisi Humas Polri
Latsitarda Nusantara XLIV/2024 di Kaltim Resmi Dibuka
Cek Kesiapan Kendaraan KTT WWF ke-10, Kakorlantas Siapkan Kendaraan Listrik Untuk Pengawalan VVIP
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polsek Tebing Tinggi Laksanakan Pengamanan Gereja Dalam Ibadah Minggu
Dukung Pergelaran Musik Lokal, Polres Tebing Tinggi Beri Pengamanan Event Organizer Timeless Media Produksi
Bhabinkamtibmas Polres Tebing Tinggi Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas Dan Sosialisasi Operasi Katarak
Kanit Sabhara Polsek Tebing Tinggi Ipda Jonatan Tambun Mediasi Permasalahan Warga
Sat Binmas Polres Tebing Tinggi Sambangi Komunitas Angkutan Umum Netis Kota Tebing Tinggi
Pos Padat Pagi Polsek Muara – Polres Tapanuli Utara, Wujud Pelayanan Prima Kepolisian
Lihat Semua
WordPress Lightbox