[language-switcher]
Beranda  Berita

KASAT POLAIR POLRES BOALEMO AJAK MASYARAKAT BERSIH BERSIH SAMPAH DI HUTAN MANGGROVE

Tumpukan sampah di hutan mangrove pesisir pantai desa lamu membuat satuan Polairud Polres boalemo turun tangan.

Pagi ini, Kasat Polair  bersama personil Polair dan pihak Pemerintah desa Lamu boalemo turun ke lokasi untuk membersihkan sampah-sampah yang menumpuk di Kawasan hutan mangrove Desa Lamu, Jumat (08/12/2023).

Selain membersihkan sampah-sampah, pihak satuan pol air dan masyarakat desa lamu juga memasang spanduk himbauan untuk sama-sama menjaga lingkungan kebersihan hutan manggrove.

Kasat Polair Iptu Mahyudin Thalib SH mengatakan pihaknya membersihkan kawasan tersebut untuk mengajak masyarakat hidup bersih dan menjaga lingkungan di Kawasan hutan mangrove.

“Untuk mengajak masyarakat kemudian karena kita hidup dalam suatu lingkungan yang saling ketergantungan. Dan kita lihat saat saya masuk pemukiman disini sangat kotor, ini semacam kita baru memulai,” katanya kepada wartawan di lokasi,.

“Ini adalah salah satu wujud memelihara lingkungan, dimana mangrove yang begitu penting, kita membuat mangrove ini bersih,” tambahnya.

Mahyudin Thalib meyakini, jika mangrove tersebut dijaga dan dalam keadaan bersih akan memiliki banyak kegunaan bagi masyarakat.

“Disini kita menyaksikan kawasan mangrove dimana kawasan ini sangat berguna dalam hal mencegah abrasi maupun menahan misalnya ada gelombang tsunami,” jelasnya.

Mahyudin thalib juga memahami, menjaga kebersihan tersebut juga tidak bisa secara instan, membutuhkan proses waktu yang bertahap.

“Dan tentunya masalah kebersihan ini tidak bisa spontan. Hari ini kita datang, Kemudian, bersih tidak. Karena ini menyangkut habbit dari kebiasaan warga masyarakat. Karena kita lihat sampahnya, sampah makanan semua ini, plastik, segala macam ada disini,” ungkapnya.

Mahyudin menjelaskan, perlu adanya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah. Salah satunya adalah sampah plastik yang banyak ditemukan dikawasan hutan mangrove.

“Ya, yang perlu kita tanamkan kesadaran pada kita semua. pertama adalah kebersihan, kalau bisa sampah plastik jangan sampai berterbangan, bertaburan, berhamburan di kawasan ini. Walaupun ada dikumpulkan disini dibakar,” ujarnya.

“Kalau dia ditanam tidak akan terurai, kalaupun terurai tidak tahu kapan, berapa ratus tahun terurai,” lanjutnya.

Kasat Polair berharap, kedepan akan ada lebih banyak lagi pihak terkait yang mengurusi menjaga lingkungan mangrove yang ada.

“Ini adalah salah satu awal, mungkin nanti waktu kedepan melibatkan stakeholder yang lain lebih banyak dan ini juga kita lihat korvey hari ini kurang tepat, hanya semangat saja kita mengambil sampah secara manual, kalau besok kita tahu caranya harus ada alat kecil,” jelasnya.

“Dimana ada pengait, karena sampah-sampah plastik ada di sela-sela antara mangrove. Ini mudah-mudahan kita menggugah masyarakat disini sekitar kawasan pantai untuk hidup lebih bersih,” sambungnya.

Diketahui, Kasat Pol air memimpin langsung pasukannya pada bersih-bersih di Kawasan hutan mangrove desa lamu dengan mengerahkan seluruh  anggota  yang turun langsung ke lokasi.

Sementara itu kepala desa lamu

Sangat mengapresisasi apa yang telah di laksanakan oleh pihak polres boaleno melalui kasat Polair ini.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Kerahkan Kendaraan Listrik untuk Pengamanan World Water Forum ke-10 di Bali
Korlantas Dirikan Posko Untuk Maksimalkan Pengawalan World Water Forum ke-10
Disambut Kapolda Jabar, Kapolri Tiba di Bandung Dalam Rangka Kunjungan Kerja
Kolaborasi BPKP dan Itwasum Polri Tingkatkan Pengawasan Polri
Kadiv Propam Polri Apresiasi Rakornis POM TNI-Propam Polri
Kabaharkam Polri Cek Kesiapan Venue WWF Ke-10 di GWK
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Sat Reskrim Polres Prabumulih bergerak cepat mendatangi TKP dugaan malpraktek oknum bidan viral di medsos
Bhabinkamtibmas Desa Sinar Rambang Bripka Enggra,SH melaksanakan giat Patroli dan sambang
Bhabinkamtibmas Polsek Cambai  Sambangi Warga Binaan wujudkan Kamtibmas aman dan Kondusif
Dukung Pelestarian Budaya Suku Dayak, Kapolres Sekadau Kunjungi Pengrajin Tameng dan Mandau di Dusun Tapang Sambas
Kapolsek Rambang Kapak Tengah sambangi tokoh masyarakat untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang aman
Bhabinkamtibmas Kel Prabujaya Patroli dan sambang serta memberikan himbauan kamtibmas
Lihat Semua
WordPress Lightbox