[language-switcher]
Beranda  Berita

Ciptakan Rasa Tanggung Jawab, Polda Banten Gelar Upacara Hari Kesadaran Nasional

Serang – Polda Banten gelar upacara hari Kesadaran Nasional bertempat di lapangan apel Polda Banten pada rabu (17/04).

kegiatan tersebut dipimpin oleh Wakapolda Brigjen Pol Sabilul alif diikuti seluruh Pejabat Utama Polda Banten.

Dalam amanatnya Wakapolda Banten mengatakan masih dalam suasana lebaran tahun 2024, pada kesempatan yang berbahagia ini, selaku pimpinan polda banten, perkenankan kami mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1445 hijriyah, minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin.,” ucap sabilul.

Selanjutnya Sabilul mengatakan sebagaimana kita ketahui, pelaksanaan pengamanan rangkaian kegiatan operasi mantap brata maung tahun 2023-2024 dengan melibatkan unsur tni, polri dan segenap elemen masyarakat secara umum dapat berjalan tertib dan lancar. hal ini menunjukkan kesiapan kita semua dalam penyelenggaraan pesta demokrasi di daerah hukum polda banten, yang dimulai dari tahap kampanye, pemungutan, penghitungan suara dan nantinya akan diakhiri dengan pelantikan caleg serta presiden dan wakil presiden ri terpilih.
kita patut bersyukur, sampai saat ini, secara umum situasi pasca pemilu masih dalam keadaan aman dan kondusif. saya juga merasa bangga atas kinerja seluruh personel polda banten dalam mengamankan proses pemilu 2024.
pencapaian pemeliharaan kamtibmas dan prestasi yang telah kita torehkan, akan terus diuji dengan tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks, salah satunya adalah dinamika sengketa pemilu 2024 di mahkamah konstitusi, yang berpotensi menimbulkan aksi massa yang merasa kurang puas atas keputusan tersebut.

Oleh karena itu, saya berharap agar seluruh personel polda banten, dapat terus menjaga kesiapsiagaan, meningkatkan deteksi dini dan deteksi aksi, mengedepankan peran bhabinkamtibmas untuk melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat, serta mengintensifkan pendekatan kepada peserta pemilu 2024 beserta pendukungnya, untuk dapat melakukan rekonsiliasi dan turut memelihara situasi kamtibmas.

Selanjutnya, terkait operasi ketupat maung tahun 2024 Polda Banten dan jajaran yang didukung oleh instansi terkait melaksanakan kegiatan operasi kemanusiaan yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mudik lebaran, pelakasanaan ibadah sholat ied, arus balik lebaran dan pengamanan objek wisata agar masyarakat merasa aman dan nyaman dalam melaksanakan aktivitasnya.

Kegiatan tersebut telah dilaksanakan selama 13 hari, mulai tanggal 4 sampai 16 april 2024 yang mana secara umum setiap kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan dan dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. Operasi ketupat maung 2024 melibatkan 3.554 personel gabungan yang terdiri dari 2.243 personel polri, 261 personel tni dan 1.050 personel instansi terkait lainnya, dengan penggelaran 38 pospam, 7 posyan dan 7 posko terpadu di daerah hukum polda banten.

Selama operasi ketupat maung tahun 2024, tercatat ada 1.047.685 orang penumpang dan 238.504 unit kendaraan yang menyeberang menuju ke pulau sumatera melalui pelabuhan penyeberangan merak, pelindo ii ciwandan, dan bandar bakau jaya. puncak arus mudik terjadi pada tanggal 7 april 2024 (h-3 lebaran) dengan lonjakan jumlah penumpang sebanyak 167.748 orang dan kendaraan sebanyak 42.606 unit. sedangkan puncak arus balik terjadi pada tanggal 11 april 2024 (hh lebaran) dengan lonjakan jumlah penumpang sebanyak 60.789 orang dan kendaraan sebanyak 13.751 unit.

Pada bidang lalu lintas, selama operasi ketupat 2024 jumlah kecelakaan sebanyak 26 kejadian, sebagai dampak dari kecelakaan tersebut korban meninggal sebanyak 9 orang, jumlah korban luka berat sebanyak 5 orang dan jumlah korban luka ringan sebanyak 41 orang. Jumlah gangguan kamtibmas di daerah hukum polda banten selama operasi ketupat 2024 sebanyak 77 kejadian. tindak pidana yang menonjol diantaranya penganiayaan berat 3 kasus, curat 22 kasus, curas 2 kasus, narkoba 5 kasus dan curanmor 2 kasus. untuk kecelakaan di laut yang mengakibatkan 1 orang meninggal dunia karena terseret ombak saat berenang.

Secara umum pelaksanaan operasi ketupat maung tahun 2024 berjalan sukses, kondisi ini tentunya tidak lepas dari perencanaan dan pengorganisasian operasi kepolisian yang semakin baik dan didukung oleh kemampuan dan kemauan personel yang mengawaki operasi yang semakin baik pula, serta sinergitas antara instansi terkait sebagai modal keberhasilan pelaksanaan operasi ketupat tahun ini.

Dalam waktu yang tidak lama lagi, kita akan dihadapkan pada agenda besar kegiatan masyarakat, yaitu peringatan hari buruh internasional. sebagaimana kita ketahui, peringatan hari buruh internasional, kerap diisi oleh berbagai kegiatan kaum buruh yang menimbulkan konsentrasi massa dalam jumlah besar dan rentan disusupi aksi provokasi, yang berakhir pada aksi anarkis.

Menghadapi permasalahan tersebut, saya menekankan kepada jajaran intelijen dan pengemban fungsi preventif, untuk segera melakukan deteksi dini dan penggalangan, serta memaksimalkan upaya pembinaan, agar massa buruh tidak merayakan mayday ke luar wilayah banten, tidak melakukan aksi sweeping dan penutupan jalan tol, serta tidak terlibat dan terprovokasi dalam unjuk rasa anarkis.

Diakhir Sabilul berharap, kiranya kita semua dapat membimbing dan mengarahkan kaum buruh, untuk mengalihkan aksi massa menjadi aksi sosial yang produktif, seperti kerja bhakti, pengobatan massal, bhakti sosial maupun hiburan rakyat bagi kaum buruh,”Tutupnya. (Bidhumas)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Kawal Aksi May Day Besok, Polda Metro Jaya Siagakan 3.454 Perosnel Gabungan
Polri Beberkan Langkah Kesiapan dalam World Water Forum di Bali
Polri Siap Mengawal Kepala Negara dan Delegasi Pada KTT World Water Forum di Bali
Pengamanan Pemilu Lancar, Polri Pantau Berita Bohong di Medsos
Polisi: Serangan KKB ke Polsek Homeyo Tewaskan 1 Warga Sipil
Polri Catat Penurunan Gangguan Kamtibmas dan Laka Lantas di Akhir Pekan
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Bhabinkamtibmas Polsek Jangkang Ajak Warga Jaga Kamtibmas
Pemotor Tabrak Mopen STT di Taput, 1 meninggal dunia Dan 1 Luka.
Tingkatkan Kamtibmas, Personil Polsek Toba Lakukam Patroli Dialogis Secara Rutin
Kapolres Sanggau Hadiri Kegiatan Halal Bihalal Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri Se-wilayah Kalimantan Barat di Kabupaten Sanggau
Diduga Bandar Narkoba, Seorang Warga Balai Karangan Kecamatan Sekayam Ditangkap Polsek Sekayam
Personel Polsek Medan Baru Hadiri Acara MTQ Tingkat Kecamatan Medan Petisah
Lihat Semua
WordPress Lightbox