[language-switcher]
Beranda  Berita

Kegiatan Penanaman Eucalyptus di Desa Sanggapati Berujung pada Aksi Pelarangan dan Pelaporan Penganiayaan

Pada hari Rabu, 17 April 2024, pukul 07.00 WIB, karyawan PT. TPL (Toba Pulp Lestari) Tbk melaksanakan penanaman Eucalyptus di Dusun Silinggom – linggom, Desa Sanggapati, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan. Namun, kegiatan ini tidak melibatkan pembersihan lahan (Land Clearing).

Pada pukul 08.00 WIB, ketika karyawan sedang melakukan penanaman, sekelompok masyarakat yang mengatasnamakan diri sebagai warga Desa Sanggapati mendatangi lokasi dan melakukan pelarangan dengan alasan bahwa telah ada kesepakatan bahwa penanaman dan perawatan tanaman hingga pemanenan akan dilakukan oleh masyarakat namun digaji oleh perusahaan.

Aksi pelarangan ini berujung pada konflik fisik, di mana Abdul Muis, salah satu warga, terkena pukulan oleh pihak PT. Toba Pulp Lestari yang menyebabkan bibirnya tergores. Pihak perusahaan kemudian menghubungi tim kesehatan, namun Diana Harahap, seorang warga, memprovokasi agar warga tidak mau menerima pengobatan.

Abdul Muis kemudian membuat pengaduan ke Polres Tapanuli Selatan atas tindak pidana penganiayaan sesuai dengan Laporan Polisi nomor LP/B/123/IV/2024/SPKT/POLRES TAPANULI SELATAN/POLDA SUMATERA UTARA.

Personel keamanan yang terlibat dalam pengamanan kegiatan tersebut adalah AIPTU Thomas Muda Harahap, AIPTU Anwar Sadat Harahap, AIPDA Dedi Wahyudi, BRIPKA Surya Dhana, BRIPKA Rahmad Suheri Pasaribu dari Polri, serta Serda Agus Sembiring, Serda Ar. Iskandar, Serma Soilangon Daulay, Serda Mhd Irsan Lubis, Koptu Asep Elsi, dan Praka Doni Asmara Dalimunthe dari TNI-AD.

Aksi pelarangan ini diduga diprovokasi oleh Diana Harahap, yang memiliki kebun di atas lahan konsesi seluas +/- 100 Ha, dengan dukungan dari Abdul Rahman Purba, Ketua Ormas Laskar Merah Putih Indonesia dan LPMI (Lembaga Pelayanan Mahasiswa Indonesia), serta Syamsul Bahri Harahap, Ketua OMCI Provinsi Sumatera Utara.

Meskipun demikian, PT. Toba Pulp Lestari tetap berkomitmen untuk mengutamakan kearifan lokal dalam melaksanakan pembersihan lahan (Land Clearing) dalam mengelola lahan hutan konsesi untuk penanaman Eucalyptus.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Kawal Aksi May Day Besok, Polda Metro Jaya Siagakan 3.454 Perosnel Gabungan
Polri Beberkan Langkah Kesiapan dalam World Water Forum di Bali
Polri Siap Mengawal Kepala Negara dan Delegasi Pada KTT World Water Forum di Bali
Pengamanan Pemilu Lancar, Polri Pantau Berita Bohong di Medsos
Polisi: Serangan KKB ke Polsek Homeyo Tewaskan 1 Warga Sipil
Polri Catat Penurunan Gangguan Kamtibmas dan Laka Lantas di Akhir Pekan
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Pemotor Tabrak Mopen STT di Taput, 1 meninggal dunia Dan 1 Luka.
Personel Polsek Medan Baru Hadiri Acara MTQ Tingkat Kecamatan Medan Petisah
Disergap Tim Opsnal Reskrim Polsek Pangkalan Kerinci, Pelaku Pembobol Rumah Tak Berkutik
Strong point/Gatur lalin sore Personil Polsek Medan Barat layani masyarakat bantu hindarkan kemacetan berkendaraan di jalan raya
Tim Gabungan Sat Resnarkoba Polres Sanggau dan Polsek Meliau Amanakan Seorang Pengedar Sabu di Kecamatan Meliau
Ciptakan Kamtibmas Aman dan Kondusif, Polsek Tualang Gelar Patroli KRYG
Lihat Semua
WordPress Lightbox