[language-switcher]
Beranda  Berita

Polsek Purba Berhasil Capai Perdamaian Keluarga dalam Kasus Pencurian

Purba, Simalungun – Dalam upaya penegakan hukum dan pemulihan keharmonisan komunitas lokal, Polsek Purba berhasil memediasi kasus tindak pidana pencurian yang melibatkan keluarga di Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, pada Rabu, 17 April 2024. Kasus ini melibatkan korban Wilmarson Manihuruk dan Pardamean Purba, dengan pelaku yang diduga Hardi Wanto Saragih, Farel Fransiskus, dan Eky Suriadi Silalahi.

 

Peristiwa ini terjadi pada Sabtu malam, 13 April 2024, di rumah korban di Huta Tinggir Nag Tano Tinggir. Dari kejadian tersebut, dua unit handphone merek Vivo dan Oppo dilaporkan dicuri. Namun, berkat intervensi Polsek Purba di bawah kepemimpinan AKP Marolop Sinaga, kedua belah pihak berhasil mencapai kesepakatan damai yang disaksikan oleh keluarga dan Pangulu Tano Tinggir.

 

Mediasi yang dipimpin oleh Aipda C. Sipayung, Aiptu A. Sinaga, dan Aipda H. Manihuruk ini berhasil membuat pelaku meminta maaf dan mengembalikan barang-barang yang dicuri kepada korban. Selain itu, kedua belah pihak sepakat bahwa jika pelaku mengulangi perbuatannya, mereka akan dikecualikan dari komunitas lokal. Orang tua pelaku juga menegaskan tanggung jawab mereka dalam memastikan anak-anak mereka tidak mengulangi perbuatan tersebut.

 

Pardamean Purba, salah satu korban, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Polsek Purba atas upaya mediasi ini. “Kami merasa lega dan berterima kasih karena keadilan telah ditegakkan namun dalam nuansa kekeluargaan, sehingga tidak merusak hubungan sosial di desa kami,” ungkap Pardamean.

 

Peristiwa ini menunjukkan pentingnya problem-solving dalam pendekatan penegakan hukum, memperkuat hubungan komunal dan mencegah eskalasi penyelesaian masalah melalui cara-cara yang tidak aman. Kedamaian dan keharmonisan di Huta Tinggir Nag Tano Tinggir diperkirakan akan tetap terjaga berkat upaya pihak kepolisian dan masyarakat setempat.(joe)

#Humas_Polres_Simalungun

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Siap Mengawal Kepala Negara dan Delegasi Pada KTT World Water Forum di Bali
Pengamanan Pemilu Lancar, Polri Pantau Berita Bohong di Medsos
Polisi: Serangan KKB ke Polsek Homeyo Tewaskan 1 Warga Sipil
Polri Catat Penurunan Gangguan Kamtibmas dan Laka Lantas di Akhir Pekan
Kapolri Ikut Nobar Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan Bersama Presiden di Istana
Nobar Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan U-23 Bareng Wartawan, Kadiv Humas Bicara Persatuan Bangsa
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Amankan Aksi Massa Pendukung Kades Terpilih, Polres Banjarnegara Terjukan Ratusan Personel Pengamanan
Polres Bangka Terima Kunjungan Tim Sespim Lemdiklat Polri
Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kapolda yang Inovatif menerima penghargaan Detik Jateng-Jogja Award 2024
Gerak Cepat Personel Polres Karimun Selamatkan Bayi Perempuan Yang Ditelantarkan di Kec.Meral
Kabag Ren Polresta Jambi Hadiri Rapat Finalisasi Pembahasan Draft Perjanjian Kerjasama dan Renja antara Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu satu pintu Kota Jambi.
Tim Resmob Polres Kupang Berhasil Tangkap Terduga Pelaku yang Masuk DPO
Lihat Semua
WordPress Lightbox