[language-switcher]
Beranda  Berita

Konflik Penanaman Eucalyptus di Dusun Silinggom-linggom, Desa Sanggapati

Pada hari Rabu, 17 April 2024, sekelompok karyawan PT. TPL (Toba Pulp Lestari) Tbk melakukan penanaman Eucalyptus di Dusun Silinggom-linggom, Desa Sanggapati, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan. Namun, kegiatan ini tidak disertai dengan pembersihan lahan (Land Clearing). Ketika karyawan melanjutkan penanaman pada pukul 08.00 WIB, masyarakat Desa Sanggapati melakukan pelarangan dan penolakan dengan alasan telah ada kesepakatan bahwa penanaman, perawatan, hingga pemanenan Eucalyptus dilakukan oleh masyarakat namun digaji oleh perusahaan.

Aksi pelarangan tersebut berujung pada insiden fisik di mana seorang warga, Abdul Muis, terkena pukulan dari pihak PT. Toba Pulp Lestari. Hal ini menyebabkan luka pada bibir sebelah kanan Abdul Muis. Pihak PT. Toba Pulp Lestari kemudian menghubungi tim kesehatan, namun seorang individu bernama Diana Harahap memprovokasi warga agar tidak mau menerima pengobatan.

Akibat insiden tersebut, Abdul Muis membuat pengaduan ke Polres Tapanuli Selatan atas dugaan tindak pidana penganiayaan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh personel keamanan dari Polri dan TNI-AD untuk memastikan situasi tetap terkendali. PT. Toba Pulp Lestari menyatakan tetap mengutamakan kearifan lokal dalam melaksanakan pembersihan lahan (Land Clearing) dalam mengelola lahan hutan konsesi guna penanaman Eucalyptus.

Kegiatan Penanaman Eucalyptus di Dusun Silinggom-linggom Dipicu Konflik dengan Masyarakat

Pada Rabu, 17 April 2024, di Dusun Silinggom-linggom, Desa Sanggapati, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan, terjadi konflik terkait penanaman Eucalyptus oleh karyawan PT. TPL (Toba Pulp Lestari) Tbk. Pukul 07.00 WIB, karyawan PT. TPL mulai menanam Eucalyptus tanpa melakukan pembersihan lahan terlebih dahulu.

Ketika penanaman berlanjut pada pukul 08.00 WIB, masyarakat Desa Sanggapati menghalangi kegiatan tersebut dengan alasan telah ada kesepakatan bahwa masyarakat akan melakukan penanaman, perawatan, hingga pemanenan Eucalyptus, meskipun digaji oleh PT. Toba Pulp Lestari. Konflik meningkat hingga menyebabkan dorong-mendorong, dan Abdul Muis, seorang warga, terluka di bibir sebelah kanan akibat pukulan dari pihak PT. Toba Pulp Lestari.

Pihak PT. Toba Pulp Lestari segera menghubungi tim kesehatan, namun seorang wanita bernama Diana Harahap diduga memprovokasi warga agar tidak menerima pengobatan. Akibat kejadian ini, Abdul Muis membuat laporan polisi atas dugaan tindak pidana penganiayaan.

Kegiatan penanaman Eucalyptus tersebut dihadiri oleh personel keamanan dari Polri dan TNI-AD, antara lain AIPTU Thomas Muda Harahap, AIPTU Anwar Sadat Harahap, AIPDA Dedi Wahyudi, BRIPKA Surya Dhana, BRIPKA Rahmad Suheri Pasaribu, Serda Agus Sembiring, Serda Ar. Iskandar, Serma Soilangon Daulay, Serda Mhd Irsan Lubis, Koptu Asep Elsi, dan Praka Doni Asmara Dalimunthe. PT. Toba Pulp Lestari menyatakan akan mengutamakan kearifan lokal dalam melaksanakan pembersihan lahan untuk penanaman Eucalyptus.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Satgas Pangan Polri Awasi Distribusi Gula di Jatim
Kapolri Angkat Presiden KSPSI Jadi Staf Ahli
Kapolri Angkat Presiden KSPSI Jadi Staf Ahli
Komitmen Kapolri di Aksi May Day: Bentuk Timsus untuk Lindungi dan Kawal Hak Buruh
Lemkapi: Hasil Survei Tunjukkan 87,3% Masyarakat Puas Dengan Pelayanan Mudik
37 Penyandang Disabilitas Daftar Rekrutmen Bintara Polri Tahun 2024
KKB Kembali Berulah, SDN. Inpres Pogapa di Bakar
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Peringatan Hari Buruh, Polres Barsel Gelar Apel Kesiapsiagaan Personel Berikut Sarpras
Pawas Pimpin Piket Fungsi Polsek Medan Barat Patroli Presisi/Blue Light bantu masyarakat layani mobile objek rawan antisipasi Geng Motor, Kejahatan Jalanan dan 3C di Wilayah Hukumnya
Patroli Malam Personil Polsek Medan Barat layani masyarakat mobile ke jalan raya dan pemukiman antisipasi Tawuran,3C, kejahatan jalanan dan balapan liar di Wilkumnya
Polsek Manuhing Patroli Malam Hari, Pastikan Wilayah Hukunya Tetap Aman
Pastikan Wilayah Hukunya Tetap Aman, Polsek Tewah Patroli Malam Hari
Satsamapta Polres Gunung Mas Rutin Patroli ke Objek Vital untuk Memelihara Keamanan
Lihat Semua
WordPress Lightbox