[language-switcher]
Beranda  Berita

Operasi Ketupat Semeru 2024 Polda Jatim Berhasil Turunkan Angka Kecelakaan Saat Lebaran

SURABAYA – Operasi Ketupat Semeru 2024 telah dilaksanakan oleh Polda Jawa Timur bersama seluruh Polres yang ada di jajarannya.

Operasi kemanusian dalam rangka pengamanan libur lebaran hari raya Idul Fitri 1445 H/2024 tercatat sukses terutama dalam pengamanan saat mudik dan balik lebaran.

Direktur Lalulintas (Dirlantas) pada Direktorat Lalu Lintas ( Ditlantas) Polda Jawa Timur, Kombes Pol Komarudin mengatakan Operasi Ketupat Semeru 2024 yang digelar dari tanggal 4 hingga 16 April 2024 berjalan kondusif.

Ia menyebut kalaupun sempat ada kepadatan di beberapa titik di Jawa Timur, namun hal itu bisa segera teratasi sehingga tidak sampai berhenti total.

“Pada mudik dan balik kalaupun ada kepadatan namun tidak sampai stuck atau berhenti total,” ujar Kombes Komarudin,Selasa (16/4).

Ia juga mengatakan, Polda Jawa Timur telah mencatat jumlah kendaraan yang masuk dan keluar wilayah Jawa Timur berimbang.

“Didominasi arah selatan seperti ke Pacitan, Tulungagung dan sekitarnya, sempat ada peningkatan volume kendaraan,” ujar Kombes Komarudin.

Dirlantas Polda Jatim ini juga menyampaikan terimakasih kepada jajaran TNI,Dinas terkait, dan para relawan khususnya kepada masyarakat yang pada masa Operasi Ketupat Semeru 2024 telah mendukung dengan menatuhi peraturan lalu lintas.

“Kami apresiasi kepada masyarakat yang sadar dan mematuhi peraturan lalu lintas, sehingga angka kecelakaan lalu lintas pada masa lebaran bisa kami tekan,” ungkap kombes Komarudin.

Dirlantas Polda Jatim menyatakan, dengan dukungan semua pihak Operasi Ketupat Semeru 2024 berhasil menekan angka kecelakaan lalu lintas ( Lakalantas) menjelang hingga pasca lebaran.

” Angka fatalitas kecelakaan pada Operasi Ketupat Semeru kali ini sesuai data berhasil diturunkan hingga 43 persen,” jelasnya.

Ia menyebut tahun sebelumnya tercatat 1.003 kasus untuk tahun 2024 hanya 570 kasus.

“Tahun lalu korban laka meninggal ada 155 orang, sedangkan tahun 2024 hanya ada 24 orang artinya turun 85 persen,” ujar Kombes Komarudin.

Sedangkan korban luka ringan lanjut Kombes Komarudin, pada tahun lalu tercatat 1.539 orang dan tahun 2024 ini 887 orang atau turun 42 persen.

Dirlantas Polda Jatim menyebut angka kejadian lakalantas terbanyak pada H – 2 Lebaran yaitu pada tanggal 8 April 2024 dengan 5 korban meninggal akibat kecelakaan.

Secara kewilayahan, Kota Surabaya selama pelaksanaan operasi ada 38 kasus.

Namun, tingkat fatalitas tertinggi terjadi di Ngawi, dari 31 kasus kecelakaan, enam di antaranya meninggal dunia.

“Dengan adanya penambahan waktu Work From Home (WFH) dari pemerintah selama dua hari, kami masih mengantisipasi sampai Sabtu besok tanggal 20 April dengan nama Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD) untuk saudara kita yang mungkin masih di Jatim atau luar daerah,” jelas Kombes Komarudin.

Berbagai strategi yang dilakukan Lantas Polda Jawa Timur untuk menekan angka kecelakaan sampai 43 persen yaitu mulai dari pola preemtif dengan mengajak masyarakat pengguna jalan berperan serta tertib berlalu lintas.

Kemudian pola preventif yakni penggelaran kekuatan dari semua potensi masyarakat dari instansi samping, dinas perhubungan, organisasi kepemudaan, pramuka termasuk masyarakat sekitar yang bergabung di pos pelayanan dan pos terpadu.

Seperti di Mojokerto dan Pacet tersebar cukup banyak di tikungan dan turunan ada relawan-relawan yang membantu memberikan informasi kepada pengguna jalan, termasuk membantu kendaraan yang kampas koplingnya sudah bau untuk ditepikan.

Langkah lain dengan melakukan tes urin kepada para sopir bus dan ramp check mengingat jumlah pemudik yang menggunakan bus menduduki urutan kedua setelah kereta api.

“Kemarin di Tulungagung ada sopir yang sangat kami sesalkan ternyata mengkonsumsi narkoba. Sangat memprihatinkan kami, karena dia tidak memikirkan berapa banyak penumpang yang dibawa dan risikonya.

Langkah lanjutan yang diambil oleh jajaran Polda Jawa Timur yaitu meningkatkan pengecekan di 70 terminal yang tersebar di Jawa Timur dengan melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Sementara bagi pengurus perusahaan otobus (PO) harus ikut bertanggung jawab terhadap perilaku sopir-sopir di bawah perusahaannya.

“Kami tidak segan-segan membuatkan rekomendasi kepada Kementerian Perhubungan, karena kalau AKAP, AKAP ini kan antar-kota antar-provinsi kewenangan dari Kementerian Perhubungan untuk perizinannya,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat ( Kabidhumas) Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto mengatakan Operasi Ketupat Semeru 2024 secara serentak digelar oleh Kepolisian Republik Indonesia selama 13 hari dimulai tanggal 4 hingga 16 April 2024 dalam rangka pengamanan perayaan Idulfitri 1445 H.

Kombes Dirmanto juga mengungkapkan bahwa Polda Jatim menerjunkan 16.000 lebih personil gabungan untuk melalukan pengamanan selama operasi berlangsung.

“Ada 16.000 personel gabungan yang kita libatkan dalam Operasi Ketupat Semeru 2024,” kata Kombes Dirmanto.

Selain itu kata Kombes Dirmanto, Polda Jatim juga menggagas aplikasi Mahameru Qutick Respon untuk memantau kondisi lalu lintas.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Kawal Aksi May Day Besok, Polda Metro Jaya Siagakan 3.454 Perosnel Gabungan
Polri Beberkan Langkah Kesiapan dalam World Water Forum di Bali
Polri Siap Mengawal Kepala Negara dan Delegasi Pada KTT World Water Forum di Bali
Pengamanan Pemilu Lancar, Polri Pantau Berita Bohong di Medsos
Polisi: Serangan KKB ke Polsek Homeyo Tewaskan 1 Warga Sipil
Polri Catat Penurunan Gangguan Kamtibmas dan Laka Lantas di Akhir Pekan
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Kapolres Kediri Kota Anjangsana ke Anggota Yang Sakit
Jelang Hari Buruh Internasional 2024, Kapolres Probolinggo bersama Forkopimda Gelar Silaturahmi dan Bakti Sosial kepada Buruh
Polres Sekadau Tingkatkan Kemampuan Bhabinkamtibmas Melalui Pelatihan Fungsi Teknis Binmas
Bhabinkamtibmas Polsek Jangkang Ajak Warga Jaga Kamtibmas
Pemotor Tabrak Mopen STT di Taput, 1 meninggal dunia Dan 1 Luka.
Tingkatkan Kamtibmas, Personil Polsek Toba Lakukam Patroli Dialogis Secara Rutin
Lihat Semua
WordPress Lightbox