[language-switcher]
Beranda  Berita

Kapolda Jateng menekankan Empati Polri untuk Mendapatkan Simpati Masyarakat

WhatsApp Image 2024 04 21 at 14.23.48

Polda Jateng, Kota Semarang | Rasa aman dan kepercayaan masyarakat tidak serta merta dapat diraih, namun diciptakan melalui proses hadirnya Polisi yang menaruh empati di tengah masyarakat, Dengan demikian secara alami akan terbentuk simpati dan dukungan masyarakat atas kinerja Polri dalam upaya menjaga Harkamtibmas.

Demikian penekanan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam kegiatan Safari Kamtibmas di Hotel Grand Dian, Kab. Brebes pada Minggu, (21/4/2024) siang. Dalam kegiatan tersebut, Kapolda memberikan arahan kepada seluruh Kapolres dan Kapolsek eks Karesidenan Pekalongan yang hadir dalam acara.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh Kapolres dan Kapolsek jajaran eks karesidenan Pekalongan, seluruh tahapan pemilu hingga pengamanan arus mudik sudah kita laksanakan semuanya dengan aman dan lancar,” ujar Kapolda mengawali sambutannya.

Menurut kapolda, seluruh jajaran dinilainya telah berhasil menjaga harkamtibmas melalui berbagai kegiatan operasi yang digelar mulai pengamanan pemilu, cipta kondisi, hingga pengamanan arus mudik dan balik lebaran.

“Rasa aman tidak serta merta diciptakan tetapi melalui berbagai proses yang dilakukan seluruh anggota di jajaran,” ungkapnya.

Selama 4 tahun kepemimpinannya sebagai Kapolda Jateng mengapresiasi kinerja jajaran di lapangan. Melalui program polisi hadir telah menunjukkan representasi hadirnya negara di tengah masyarakat yang membutuhkan.

“Kehadiran Polri di tengah masyarakat menunjukkan empati kita atas permasalahan yang dialami masyarakat. Dari empati itu terbentuklah simpati yang memunculkan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Simpati masyarakat akan muncul secara alami dan itu tidak bisa dipaksakan,” terang Kapolda.

Oleh karena itu Kapolda berharap dan berpesan, meski kelak dirinya purna tugas, jajaran Polda Jateng harus tetap hadir di tengah masyarakat dan menaruh empati terhadap setiap permasalahan yang dialami masyarakat.

Dengan demikian, lanjutnya, simpati dari seluruh lapisan masyarakat akan terbentuk dan setiap pelaksanaan tugas kepolisian dalam upaya menjaga harkamtibmas senantiasa mendapat dukungan dari segenap lapisan masyarakat.

“Selalu lakukan pendekatan persuasif melalui komunikasi dua arah. Tidak hanya kita memberi perintah, himbauan, arahan, tapi kita rangkul masyarakat,” jelasnya.

Kapolda menekankan agar pendekatan persuasif yang dilakukan tersebut tidak berorientasi kepada hasil. Apabila dilakukan dengan tulus ikhlas dan menjaga nama baik institusi Polri, maka hasil berupa terwujudnya rasa aman dan kepercayaan masyarakat terhadap Polri niscaya dapat diraih.

Pelaksanaan kegiatan Safari Kamtibmas yang bertepatan dengan Peringatan Nasional Hari Kartini, Kapolda juga mengucapkan selamat Hari Kartini kepada para Polwan jajaran Polda Jateng.

“Kepada para Polwan, saya ucapkan Selamat Hari Kartini. Polwan Polda Jateng sebagai perwujudan Kartini di jajaran Bhayangkara Polri,” ungkap Kapolda.

Selama 4 tahun masa kepemimpinannya, Polwan Polda Jateng telah mampu menunjukkan kinerja yang sebanding dengan polisi laki-laki.

“Polwan Polda Jateng sampai saat ini tidak ada jarak terkait gender. Dari 2.215 Polwan, 2 menjabat sebagai PJU Polda Jateng, 2 sebagai Kapolres, 13 sebagai Kapolsek, 12 menjadi Kasat,” tandasnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Korlantas Dirikan Posko Untuk Maksimalkan Pengawalan World Water Forum ke-10
Disambut Kapolda Jabar, Kapolri Tiba di Bandung Dalam Rangka Kunjungan Kerja
Kolaborasi BPKP dan Itwasum Polri Tingkatkan Pengawasan Polri
Kadiv Propam Polri Apresiasi Rakornis POM TNI-Propam Polri
Kabaharkam Polri Cek Kesiapan Venue WWF Ke-10 di GWK
Jelang WWF ke-10, Kabaharkam Polri Pimpin Rakor
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Ciptakan Rasa Aman, Polsek Baleendah Lakukan Patroli Dialogis OMB 2024 di Baleendah
Pererat Hubungan Polri Dengan Masyarakat, Polsek Cikijing Gelar Nobar Semifinal Timnas U-23
Polsek Sukahaji Gelar Nobar Piala Asia Semifinal, Bersatu dengan Masyarakat di Halaman Mapolsek Sukahaji
Penebalan Personil, Humas Polsek Baleendah Laksanakan Pengaturan Lalu Lintas di Baleendah
Polsek Jatiwangi Sambangi PT. Java Indo Pratama untuk Menciptakan Kondusifitas Harkamtibmas
TNI dan Polri Bersinergi, Wujud Kekuatan Bangsa dalam Mewujudkan Kondusifitas di Wilayah Hukum Polsek Jatiwangi
Lihat Semua
WordPress Lightbox