[language-switcher]
Beranda  Berita

Biro SDM Polda Sumsel Lakukan Tes Psikologi dengan Sistem Computer Assisted Test untuk Seleksi Taruna/i Akpol T.A. 2024

Palembang, 8 Mei 2024 – Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sumsel menyelenggarakan kegiatan tes psikologi dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) untuk seleksi penerimaan Taruna/i Akademi Kepolisian (Akpol) T.A. 2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (8/5/2024) pagi di UIN Raden Fatah Kampus B Jakabaring, Palembang. Tes psikologi dilakukan setelah para peserta dinyatakan lolos seleksi pemeriksaan kesehatan tahap pertama.

Kepala Biro SDM Polda Sumsel, Kombes Sudrajad Hariwibowo, S.I.K., M.Si., didampingi Kabag Psikologi Ro SDM Polda, AKBP Suparyono, S.Psi, M.Psi., Psikolog, bersama Panitia Pelaksana Seleksi Penerimaan Polri T.A. 2024, serta Pengawas Internal dan Eksternal, memantau langsung pelaksanaan tes psikologi. Tes ini dilakukan melalui sistem CAT, di mana hasilnya langsung diketahui oleh peserta melalui sistem komputerisasi.

Karo SDM Polda Sumsel, Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo, S.I.K., M.Si., menyatakan bahwa seluruh rangkaian tes diawasi oleh pengawas internal dari Itwasda Polda Sumsel, Bidpropam Polda Sumsel, serta Pengawas Eksternal dari Ombudsman RI dan Himpsi Wilayah Sumsel.

“Sebanyak 184 calon Taruna/i Akpol mengikuti seleksi CAT Psikologi, dengan rincian 173 laki-laki (Taruna) dan 11 wanita (Taruni). Ada 3 orang Catar yang mengundurkan diri, 1 orang dari Polres Lahat dan 2 orang dari Polrestabes Palembang. Setelah melalui proses CAT Psikologi, para peserta yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) berjumlah 159 orang (P:149, W:10), sedangkan peserta yang Tidak Memenuhi Syarat berjumlah 25 orang (P:24, W:1). Nilai tertinggi yang diperoleh adalah 78 dan nilai terendah adalah 34,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Karo SDM Polda Sumsel menegaskan bahwa tes ini dilakukan secara profesional dan menganut prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis (BETAH), serta Clear n Clean. Pengumuman hasil tes dilakukan secara langsung setelah semua peserta seleksi psikologi selesai mengerjakan tes, dan nilai langsung muncul di layar monitor masing-masing peserta.

“Bagi Catar yang tidak memenuhi syarat kelulusan, akan diberitahu oleh panitia mengenai kekurangannya, sehingga dapat menyiapkan diri lebih baik lagi untuk kesempatan tahun depan,” pungkasnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Kapolri: Selamat Harkitnas, Eratkan Persaudaraan Menuju Indonesia Emas 2045
Polri Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-116
Polri Amankan Opening Ceremony WWF Ke-10 di Bali Hari Ini
Peduli Korban Bencana, Polri Gelar Yasinan Trauma Healing di Bukittinggi
Hibur Anak-Anak di Sungai Jambu, SSDM Polri Berikan Pelayanan Trauma Healing
Presiden Jokowi Jamu Santap Malam Para Pemimpin dan Delegasi KTT WWF Ke-10 di GWK
Lihat Semua

HUMAS POLDA

KA SPKT Polsek Luragung Patroli Dialogis dengan Petani
Bhabinkamtibmas Polsek Luragung Sambang Karyawan Alfamart
Sampaikan Pesan Kamtibmas, Bhabinkamtibmas Ajak Warga Bersama Menjaga Ketertiban Lingkungan
Polisi RW Bersama Bhabinkamtibmas Sosialisasikan Anti Bullyng di SDN 3 Jabranti
Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 Tahun 2024 Di Polresta Jambi.
Kapolda Babel Hadiri Penutupan Kejuaraan Open Karate Championship Se-Pulau Sumatera Tahun 2024, Berikut Daftar Pemenangnya
Lihat Semua
WordPress Lightbox