[language-switcher]
Beranda  Berita

Cegah Perundungan Anak, Polres Sampang Laksanakan Himbauan Ke Madrasah Diniah

Sampang – Kanit Bintibsos Sat. Binmas Polres Sampang Aipda Liwail Amri SH mendatangi Madrasah Diniyah Taklimiyah Al-Badriah untuk menyampaikan himbauan Kepolisian kepada ratusan santri-santriwati terkait pencegahan perundungan (bullying) dan kekerasan seksual pada anak.

Kedatangan Aipda Liwail Amri dan Bripda Bringga Agung Wibowo disambut pengasuh Madrasah Diniyah Taklimiyah Al-Badriah KH. Idris dengan di dampingi ustad dan ustadzah madrasah yang berada di Jl. Diponegoro 41 Kelurahan Banyuanyar Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang – Jawa Timur.

Aipda Liwail Amri di awal sambutannya mengucapkan terima kasih kepada KH. Idris karena telah memberikan waktu untuk menyampaikan beberapa himbauan dan pesan-pesan Kepolisian di madrasahnya.

Kepada para santri dan santriwati Madrasah Diniyah Taklimiyah Al-Badriah, Aipda Liwail Amri menjelaskan bahwa kedatangannya untuk memberikan edukasi kepada mereka dalam pencegahan terjadinya kekerasan terhadap anak di lingkungan sekolah maupun di tempat tinggalnya.

Aipda Liwail Amri menjelaskan bahwa Kepolisian Negara Republik Indonesia yang mempunyai tugas memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakkan hukum dan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat juga ikut andil dalam menyiapkan calon generasi bangsa agar menjadi generasi yang kuat dan tangguh menghadapi tantangan di era globalisasi.

Sebagai generasi muda penerus bangsa, santri-santriwati di harapkan memiliki fisik yang kuat, pengetahuan yang baru, inovatif dan juga memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi.

Santri dan santriwati diharapkan menjadi pelajar yang mempunyai jiwa rela berkorban, tidak mudah putus asa, memiliki rasa patriotisme dan mempunyai jiwa kebersamaan yang tinggi antar sesama serta memiliki rasa bangga mencintai negara kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu Aipda Amri juga berpesan kepada santri Madrasah Diniyah Taklimiyah Al-Badriah untuk menjadi pelajar yang mempunyai jiwa pekerja keras dengan terus belajar menuntut ilmu baik pendidikan umum maupun ilmu agama guna meningkatkan kualitas diri agar mampu bersaing dengan para calon penerus bangsa lainnya.

Seluruh peserta kegiatan tersebut di harapkan untuk mencegah dan menghindari perbuatan-perbuatan yang tidak terpuji seperti penyalahgunaan Narkoba, minuman keras, seks bebas, pornografi, kekerasan seksual pada anak, tindak kekerasan, tawuran, kebut-kebutan di jalan dan tindakan berbahaya lainnya.

Terkait maraknya informasi terjadinya aksi perundungan dan bullying di beberapa tempat di luar Kabupaten Sampang, Aipda Liwail Amri menyampaikan bahwa selaku calon generasi bangsa diharapkan seluruh siswa-siswi untuk selalu saling hormat menghormati sesama teman, selalu menjaga kebersamaan dan kekompakan dilingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah.

Salah satu menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekompakan dilingkungan sekolah yaitu dengan menjadwalkan dan patuh melaksanakan piket kelas, belajar kelompok, olahraga bersama, kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah, sering melakukan diskusi kelompok, membantu teman yang sakit atau terkena musibah dan kegiatan posisitf lainnya.

Polres Sampang sangat mengecam keras terjadinya aksi perundungan atau bullying karena bisa memengaruhi kesehatan mental korban maupun pelaku, seperti memicu timbulnya gangguan emosi, masalah mental, gangguan tidur, penurunan prestasi, dan lain sebagainya.

Sekolah seharusnya menjadi tempat aman bagi murid untuk menuntut ilmu dan di harapkan segala bentuk perundungan tidak terjadi dilingkungan sekolah.

Kanit Bintibsos Sat. Binmas Polres Sampang Aipda Liwail Amri SH berharap kepada KH. Idris dan pengasuh madrasah untuk lebih meningkatkan pengawasan dan kepedulian kepada santri, siswa-siswi agar perundungan atau bulling tidak terjadi di Madrasah Diniyah Taklimiyah Al-Badriah.

Terkait pencegahan terjadinya kekerasan seksual pada anak, Aipda Liwail Amri menjelaskan bahwa kejadian tersebut merupakan salah satu masalah serius yang dapat mengganggu tumbuh kembang anak dan mempengaruhi kesejahteraan keluarga secara keseluruhan.

Dalam pencegahan kasus tersebut dibutuhkan kerjasama dari semua pihak khususnya para orang tua agar mengajarkan anak-anak batasan tubuh dan hak privasi mereka sejak dini.

Apabila melihat kejadian tersebut, pengasuh madrasah di harapkan segera melaporkan kepada pihak yang berwenang seperti Polisi atau lembaga perlindungan anak agar segera mendapatkan tindak lanjut guna memastikan perlindungan dan keamanan anak sekaligus langkah penegakkan hukum terhadap pelaku kekerasan seksual pada anak.

Dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan yang tepat, kita dapat membantu menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi anak-anak, serta mewujudkan keluarga yang sehat dan anak-anak yang berprestasi.

Penting untuk diingat bahwa pencegahan kekerasan seksual pada anak adalah tanggung jawab bersama dan memerlukan komitmen serta kerja sama dari semua pihak dalam masyarakat guna mewujudkan keluarga sehat anak berprestasi.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Kapolri: Selamat Harkitnas, Eratkan Persaudaraan Menuju Indonesia Emas 2045
Kapolri: Selamat Harkitnas, Eratkan Persaudaraan Menuju Indonesia Emas 2045
Polri Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-116
Polri Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-116
Polri Amankan Opening Ceremony WWF Ke-10 di Bali Hari Ini
Polri Amankan Opening Ceremony WWF Ke-10 di Bali Hari Ini
Peduli Korban Bencana, Polri Gelar Yasinan Trauma Healing di Bukittinggi
Peduli Korban Bencana, Polri Gelar Yasinan Trauma Healing di Bukittinggi
Hibur Anak-Anak di Sungai Jambu, SSDM Polri Berikan Pelayanan Trauma Healing
Hibur Anak-Anak di Sungai Jambu, SSDM Polri Berikan Pelayanan Trauma Healing
Presiden Jokowi Jamu Santap Malam Para Pemimpin dan Delegasi KTT WWF Ke-10 di GWK
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polresta Bulungan Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke - 116
Polresta Bulungan Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke - 116
Bhabinkamtibmas Kelurahan Rawabadak Utara Polsek Koja Polres Metro Jakarta Utara Sambangi SMPN 30 Jakarta
Polres Tarakan Tingkatkan Patroli untuk Jaga Keamanan Kota
Polres Tarakan Tingkatkan Patroli untuk Jaga Keamanan Kota
Panggung Hiburan Rakyat Peringati Hari Jadi Kota Binjai Ke 152 Tahun
Panggung Hiburan Rakyat Peringati Hari Jadi Kota Binjai Ke 152 Tahun
Polres Sragen Peringati Harkitnas Ke 116 Tahun 2024
Polres Sragen Peringati Harkitnas Ke 116 Tahun 2024
Sampaikan Amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Wakapolres Bangkalan Pimpin Upacara Harkitnas Ke 116 Tahun 2024
Lihat Semua
WordPress Lightbox