[language-switcher]
Beranda  Berita

Sekelompok Masyarakat Melakukan Aksi Pembakaran, Diduga Buntut Kasus Pembunuhan di Kabupaten Yalimo

WhatsApp Image 2024 05 09 at 07.46.46

Wamena-Telah terjadi aksi pembakaran rumah yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat di Jalan SD Percobaan dan Jalan Hom-hom Wamena yang diduga imbas dari kasus pembunuhan di Kabupaten Yalimo, Rabu (08/05) sore.

Aksi pembakaran tersebut mengakibatkan kerugian 4 (Empat) unit kontrakan dalam kondisi rusak berat akibat kebakaran, 1 (Satu) unit ruko rusak berat dalam kondisi rusak berat akibat kebakaran, 7 (Tujuh) pintu kos kosan dalam kondisi rusak berat akibat kebakaran dan 1 (satu) unit ruko rusak berat dalam kondisi rusak berat akibat kebakaran yang terjadi di TKP pertama jalan SD Percobaan Wamena yang diduga Komplek Suku Sally Kab. Yalimo.

Sedangkan untuk TKP kedua di Jalan Hom Hom Wamena, belakang Toko Surya diduga Komplek yang dihuni dari Suku Sally Kab. Yalimo terdapat kerugian 1 (satu) unit rumah Kontrakan yang hangus terbakar.

Kapolres Jayawijaya melalui Kasi Humas Ipda M. Suryanto saat dikonfirmasi membenarkan adanya aksi pembakaran yang dilakukan oleh sekelompok massa lengkap dengan membawa alat perang tradisional yang diduga keluarga dari korban pembunuhan di Kabupaten Yalimo.

Kasi Humas menjelaskan bahwa kejadian berawal saat adanya laporan dari masyarakat telah terjadi kebakaran di Jalan SD Percobaan Wamena namun saat tiba di TKP, kos-kosan telah terbakar dan api telah merembet ke arah Ruko yang berada di pinggir jalan. Setelah itu terdapat lagi kebakaran di Jalan Hom-hom Wamena tepatnya di Belakang Kios Surya.

“Api berhasil dipadamkan berkat bantuan dua unit mobil pemadam kebakaran. Selain itu untuk saat ini masih belum ditemukan adanya korban jiwa akibat peristiwa tersebut,” jelas Kasi Humas.

Ipda M. Suryanto menambahkan usai kejadian tersebut pihak kepolisian menghimbau kepada kelompok masyarakat yang melakukan aksi untuk mengetahui penyebab adanya aksi tersebut dan diketahui bahwa masyarakat tersebut tidak terima ada keluarganya yang dibunuh di Elelim, Kabupaten Yalimo yang diduga pelaku dari suku Sally.
“Mendengar informasi tersebut, keluarga korban yang tidak terima langsung melakukan pembalasan kepada masyarakat suku Sally yang ada di Wamena Kab. Jayawijaya  yang berdomisili di Belakang Kios Surya  Jl. Hom- Hom dan Depan GBI Anugerah Jl. SD Percobaan Wamena,” imbuhnya.

Kasi Humas juga menyatakan bahwa pasca kejadian tersebut pihak kepolisian telah melakukan himbauan serta koordinasi dengan pihak keluarga agar dapat menahan masyarakatnya untuk tidak melakukan aksi yang dapat merugikan masyarakat luas. Selain itu pihaknya juga mengajak keluarga untuk bisa menjaga Kamtibmas di Kabupaten Jayawijaya tetap kondusif dan terkait permasalahan pembunuhan tersebut agar dapat diurus di Polres Yalimo.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Uskup Agung Jakarta Apresiasi Polri Berhasil Tingkatkan Kepuasan Masyarakat saat Mudik Lebaran
Ada Penyelenggaraan WWF ke-10, Pelaku UMKM di Bali 'Kecipratan' Dampak Positifnya
Korban Pesawat Latih Jatuh di BSD Meninggal, RS Polri: Karena Benturan
Kapolri: Selamat Harkitnas, Eratkan Persaudaraan Menuju Indonesia Emas 2045
Polri Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-116
Polri Amankan Opening Ceremony WWF Ke-10 di Bali Hari Ini
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Kapolda Malut Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116
Polri Amankan Opening Ceremony WWF Ke-10 di Bali Hari Ini
Ada Penyelenggaraan WWF ke-10, Pelaku UMKM di Bali 'Kecipratan' Dampak Positifnya
Ada Penyelenggaraan WWF ke-10, Pelaku UMKM di Bali 'Kecipratan' Dampak Positifnya
Kabid Humas Polda Gorontalo Hadiri Penyambutan Penjabat Gubernur Di Rumah Dinas Jabatan
Tim Audit Kinerja Itwasda Sumsel Kunjungi Polres Oku
Lihat Semua
WordPress Lightbox