[language-switcher]
Beranda  Berita

Kapolda Sulteng Instruksikan Polri Netral, Inilah Larangannya

Polda Sulawesi Tengah – Tahapan Pemilu Kepala Daerah ataupun Wakil Kepala Daerah serentak di Provinsi  Sulawesi Tengah tahun 2020 telah dimulai, Polri mempunyai tanggung jawab langsung untuk mengamankan suksesnya jalannya Pilkada secara netral, aman dan sejuk.

Berkaitan dengan hal tersebut, dalam menghadapi Pilkada serentak 2020, Kapolda Sulawesi Tengah, Irjen Pol Drs H Syafril Nursal, SH, MH mengeluarkan instruksi kepada seluruh jajarannya untuk tetap menjaga netralitas Polri yang tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor : STR/16/I/HUK.10.1/2020 Tanggal 20 Januari 2020.

Adapun instruksi yang dikeluarkan Kapolda Sulteng kepada seluruh jajarannya, diantaranya dilarang menggunakan, memasang, menyuruh orang lain untuk memasang atribut atribut Pemilukada.

Selanjutnya, dilarang foto selfie di medsos dengan gaya mengacungkan jari telunjuk, jari jempol, maupun jari membentuk huruf “V” yang berpotensi digunakan oleh pihak tertentu untuk menuding keberpihakan atau ketidaknetralan Polri.

Kemudian, dilarang menghadiri, menjadi pembicara atau narasumber pada kegiatan deklarasi, rapat, kampanye, pertemuan Politik kecuali melaksanakan pengamanan yang didasari oleh surat perintah tugas.

Yang terakhir, tidak melakukan tindakan yang kontra produktif dan tetap menjaga kepercayaan masyarakat kepada Polri dalam menjaga dan mengawal berlangsungnya Pemilukada yang aman, sejuk dan sukses.

Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto, SIK menjelaskan bahwa surat telegram Kapolda Sulteng tentang netralitas anggota Polri di Polda Sulteng telah diteruskan dan diterima jajaran, sehingga diharapkan seluruh anggota dapat mempedomani dan melaksanakannya.

“Apabila ditemukan anggota Polri yang melakukan kegiatan Politik praktis atau tidak netral maka akan dilakukan tindakan tegas baik berupa sangsi disiplin maupun kode etik sesuai ketentuan perundang undangan yang berlaku,” tutup mantan Wadir Reskrimum Polda Sulteng itu.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Korlantas Dirikan Posko Untuk Maksimalkan Pengawalan World Water Forum ke-10
Disambut Kapolda Jabar, Kapolri Tiba di Bandung Dalam Rangka Kunjungan Kerja
Kolaborasi BPKP dan Itwasum Polri Tingkatkan Pengawasan Polri
Kadiv Propam Polri Apresiasi Rakornis POM TNI-Propam Polri
Kabaharkam Polri Cek Kesiapan Venue WWF Ke-10 di GWK
Jelang WWF ke-10, Kabaharkam Polri Pimpin Rakor
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Langkah Preventif Personil Lantas Polsek Cicalengka Polresta Bandung Pengaturan Lalulintas untuk mengurangi kemacetan
Door to Door, Aipda Ari Ardiansyah Sampaikan Pesan Kamtibmas
Polsek Dolok Batu Nanggar Berikan Pengamanan dalam Festival Olahraga Tradisional dan Kreasi Pelajar di Serbalawan
OLAHRAGA PAGI INILAH CARA PERSONIL POLRES BENGKULU UTARA JAGA KEBUGARAN TUBUH
Bhabinkamtibmas Desa Tenjolaya Polsek Cicalengka lakukan sambang security berikan himbauan kamtibmas
Bhabinkamtibmas Polsek Lebong Tengah Monitoring Kegiatan Pra Pelaksanaan Pembangunan di Desa Tanjung Bungai I
Lihat Semua
WordPress Lightbox