[language-switcher]
Beranda  Berita

Menkopolhukam Sampaikan Pesan Presiden; Salam Persaudaraan dan Salam Perdamaian

JAKARTA – Menteri Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Jenderal (Purn). Wiranto menyampaikan pesan dari Presiden Jokowi. Beliau menyampaikan salam hormat, salam persaudaraan dan salam perdamaian kepada siapapun yang kita temui di Papua maupun Papua Barat,” selain itu Presiden juga mengajak untuk bersama- sama berdoa, memohon dan berharap agar permasalahan di Papua dan Papua Barat segera berakhir.

Wiranto mengatakan tujuannya bertolak ke Sorong bersama Panglima TNI dan Kapolri bukan untuk mengawasi atau menerima laporan terkait proses pengamanan yang telah dilakukan TNI-Polri dalam menjaga kondusivitas Sorong pasca rusuh, namun menyalami saudara-saudara kami di Papua Barat.

Menkopolhukam menjelaskan bahwa, tak semua informasi yang beredar di media sosial itu benar adanya. Itu merupakan perbuatan oknum- oknum tidak bertanggung jawab yang ingin memecah persatuan dan persaudaraan.

bertemu dengan puluhan tokoh adat dan masyarakat Kota Sorong, Papua Barat. Pertemuan yang berlangsung satu jam ini untuk mendengar langsung aspirasi warga Sorong pascademo berujung ricuh sepekan terakhir.
 
Wiranto menyebut kedatangannya bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto atas perintah Presiden Joko Widodo. Presiden memberikan instruksi untuk bersilaturahmi dengan seluruh tokoh adat Kota Sorong.
 
Untuk itu, sekitar 50 orang tokoh adat dan masyarakat hadir dalam pertemuan ini. Adapun Tokoh adat Kota Sorong menyampaikan tiga poin tuntutan.

“Pertama, mereka (tokoh adat) meminta kehadiran Presiden Jokowi ke Sorong,” kata Andre Raunsay, kontributor Metro TV yang menyaksikan pertemuan, Kamis 22 Agustus 2019. Kedua, mereka meminta asrama Papua difungsikan kembali seperti sedia kala. Ketiga, aparat keamanan menindak pelaku yang rasial ke mahasiswa Papua yang ada di Surabaya dan Malang. Baik sipil atau aparat negara.

Dalam pertemuan tersebut hadir pula Wali Kota Sorong Lambert Jitmau, Bupati Sorong Stepanus Malak, Panglima Kodam (Pangdam) XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau. Seusai pertemuan, rombongan Menkopolhukam melanjutkan perjalanan untuk berkeliling Papua.
 
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan juga hadir di Sorong untuk rekonsiliasi. Setelah dari Sorong, rombongan gubernur akan bergeser ke Fakfak untuk melakukan hal yang sama. Upaya rekonsiliasi yang ditempuh Pemprov Papua Barat, Polda Papua Barat dan Kodam XVIII/Kasuari dengan berkoordinasi dengan seluruh tokoh dan pemangku kepentingan di daerah masing.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Kawal Aksi May Day Besok, Polda Metro Jaya Siagakan 3.454 Perosnel Gabungan
Polri Beberkan Langkah Kesiapan dalam World Water Forum di Bali
Polri Siap Mengawal Kepala Negara dan Delegasi Pada KTT World Water Forum di Bali
Pengamanan Pemilu Lancar, Polri Pantau Berita Bohong di Medsos
Polisi: Serangan KKB ke Polsek Homeyo Tewaskan 1 Warga Sipil
Polri Catat Penurunan Gangguan Kamtibmas dan Laka Lantas di Akhir Pekan
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polres Sekadau Tingkatkan Kemampuan Bhabinkamtibmas Melalui Pelatihan Fungsi Teknis Binmas
Bhabinkamtibmas Polsek Jangkang Ajak Warga Jaga Kamtibmas
Pemotor Tabrak Mopen STT di Taput, 1 meninggal dunia Dan 1 Luka.
Tingkatkan Kamtibmas, Personil Polsek Toba Lakukam Patroli Dialogis Secara Rutin
Kapolres Sanggau Hadiri Kegiatan Halal Bihalal Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri Se-wilayah Kalimantan Barat di Kabupaten Sanggau
Diduga Bandar Narkoba, Seorang Warga Balai Karangan Kecamatan Sekayam Ditangkap Polsek Sekayam
Lihat Semua
WordPress Lightbox