[language-switcher]
Beranda  Berita

Polda Jabar Tangkap Pelaku Curanmor dan Pemalsu STNK

Sindikat pencurian mobil sekaligus pemalsuan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dibongkar polisi. Dalam kasus ini, Direktorat Reserse Kriminal Umum (Rekrimum) Polda Jabar, menangkap 11 tersangka dan menyita sebanyak 41 unit mobil berbagai merek.

‘’Sindikat ini mencuri sekaligus membuat STNK palsu untuk menghilangkan jejak,’’ kata Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Rudy Supahriady kepada para wartawan, Senin (11/11) di Mapolda.

Dari 11 tersangka yang diamankan, kata Kapolda,  enam orang berperan sebagai pelaku pencurian kendaraan (pemetik) dan tiga tersangka sebagai pemalsu STNK. Dua tersangka diketahui sebagai pegawai Pengadilan  Negeri Bale Bandung. Dia berperan memalsukan surat penitipan dan perawatan barang bukti. ‘’Mereka memiliki peran masing-masing,’’kata dia.

Mobil hasil curian yang telah dilengkapi dengan STNK palsu tersebut, kata Kapolda, kemudian diperjualbelikan oleh para tersngka kepada masyarakat umum. Puluhan mobil tersebut dicuri dari sejumlah lokasi di Kota Bandung dan sekitarnya.  ‘’Mobil dicuri dari tempat parkir pinggir jalan hingga yang parkir di rumah-rumah warga. Mereka menggunakan kunci leter T saat membobol mobil tersebut,’’ujar dia.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimsus) Polda Jabar, Kombes Pol Samudi, SiK, mengatakan, tiga tersangka yang berperan sebagai pembuat STNK palsu melakukan aksinya dengan menghapus data kendaraan asli. Setelah dihapus, kemudian dibuat nomor kendaraan palsu hingga menyerupai yang asli.

’’Sepintas STNK palsu itu mirip yang asli. Namun setelah dicermati baru diketahui bahwa STNK itu palsu,’’ katanya.

Samudi membenarkan dua pelaku yang diamankan merupakan oknum pegawai PN Bale Bandung. Keduanya berperan membuat surat penitipan perawatan barang bukti.

‘’Surat penitipan perawatan ini dibuat agar seolah-olah kendaraan dalam proses peradilan. Namun surat tersebut ilegal karena dibuat oleh oknum pegawai pengadilan,’’ tuturnya.

Polda Bongkar Sindikat Curanmor, Tangkap 11 Tersangka dan Sita 42 Mobil

Para tersangka pencuri mobil dijerat dengan pasal yang berbeda. Enam tersangka dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh hingga sembilan tahun penjara. Sedangkan tiga tersangka pemalsuan STNK dan dua tersangka oknum pegawai pengadilan pemalsu surat penitipan barang bukti dijerat Pasal 263 KUHP dengan ancaman hukuman enam tahun penjara.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Divkum Polri Gelar Rakernis : Penguatan Fungsi Hukum untuk Polri Presisi
Sertifikasi Penyidik Laka Lantas Sangat Penting Untuk Profesional Petugas
Kabaharkam Polri Akan Pimpin Operasi Puri Agung Amankan WWF Ke-10
Polri Gelar Operasi Puri Agung 2024 Amankan WWF Ke-10 di Bali
Wujudkan Peningkatan Ketersediaan Pangan, Kapolri-Mentan Tantadangani MoU
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polsek Tambang Tangkap Pelaku Narkoba Dengan BB 12,92 Gram
Jumat Curhat & Berkah, Polsek Tembilahan Hulu Bagi Bansos & Bantu Persalinan ke Keluarga Tersangka
Polsek Kempas Gencarkan Jumat Curhat & Bagi Bansos
Bikin terharu, Selain menjalankan tugasnya sebagai anggota Polri personel ini tidak lupa dengan Tuhannya dengan menjalankan ibadah sholat ketika sedang bertugas
Pencegahan Hoax dan Narkoba Dibahas dalam Sambang Bhabinkamtibmas di Bandar Tinggi
Polres Pagaralam kerahkan personelnya di operasi pengamanan dimalam hari
Lihat Semua
WordPress Lightbox