Polda Jatim

Peduli Penggali Kubur, Kapolres Trenggalek Serahkan Santunan dan Bansos

Polres Trenggalek – Ratusan warga yang berprofesi sebagai penggali kubur di Trenggalek menerima santunan dan bantuan sembako dari Polres Trenggalek. Penyerahan bantuan ini merupakan bagian dari bakti sosial yang digelar jajaran Polres Trenggalek dalam rangka pencegahan Covid-19. Rabu (8/7).

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. dalam sambutannya mengatakan, profesi penggali kubur merupakan profesi yang tidak mudah dan jarang dilakoni oleh masyarakat. Lebih-lebih dimasa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Peran penggali kubur cukup penting saat harus menyiapkan pemakaman warga yang terindikasi terpapar virus mematikan tersebut.

Selain menyerahkan bantuan sosial, AKBP Doni mengajak semua penggali kubur yang hadir untuk sarapan pagi bersama di halaman Mapolres. Suasana hangat dan akrab nampak tergambar jelas dimana seorang Kapolres Trenggalek berada ditengah-tengah warga, duduk bersila dan makan pagi bersama.

Tak berhenti disitu, AKBP Doni juga membuka ruang interaksi dan berbincang guna menggugah semangat dan motivasi mengingat peran dan jasa para penggali kubur cukup besar namun sering kali terlupakan.

“Bapak-bapak sekalian punya jasa yang besar. Tetap semangat ya pak.” Ujar AKBP Doni

Lebih lanjut AKBP Doni menuturkan, Polres Trenggalek memiliki program unggulan salah satunya adalah `Patroli Sambang Duka`. Program ini merupakan kegiatan berbasis sosial yang mewajibkan Polsek jajaran dan Bhabinkamtibmas hadir ditengah masyarakat yang sedang mengalami kedukaan.

Pihaknya juga mengimbau agar para penggali kubur untuk memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan saat beraktifitas termasuk saat dan setelah membantu pemakaman warga yang meninggal dunia.

“Kenakan masker, cuci tangan pakai sabun, tetap jaga jarak aman dan lakukan pola hidup sehat dan bersih” Imbau AKBP Doni.

Dalam kesempatan tersebut AKBP Doni menyempatkan diri berbincang dengan salah satu penggali kubur yang kebetulan merupakan penyandang disabilitas. Pihaknya menyampaikan rasa kekaguman atas kegigihan dalam menjalani prosesi sebagai penggali kubur dan penuh keikhlasan membantu masyarakat ditengah kekurangannya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Kapolres yang peduli terhadap kami. Semoga bapak Kapolres dan seluruh jajaran Kepolisian dilindungi oleh Allah SWT, diberi umur panjang dan rejeki yang banyak. Mudah-mudahan kegiatan semacam ini bisa dilakukan terus menerus dan membawa berkah untuk kita sekalian.” Ucapnya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *