[language-switcher]
Beranda  Berita

Di Tengah Pandemi, Tahun Baru Imlek di Purwodadi Ikuti Anjuran Pemerintah

Ibadah malam Tahun Baru Imlek 2567 yang berlangsung di Klenteng Hok An Bio Purwodadi, tidak seperti tahun lalu. Di tahun lalu, usai melakukan ibadah, para umat beserta pengurus TITD Hok An Bio Dewa Bumi, mengadakan acara makan malam sembari berkumpul atau berdiskusi bersama.

 

Di tahun ini, para umat mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap tinggal di rumah dan beribadah dari rumah saja. Hanya terlihat para pengurus TITD Hok An Bio Dewa Bumi yang melakukan ibadah di malam tahun Kerbau Logam ini, Kamis (11/2/2021) malam. Ibadah tersebut tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

 

Ketua Yayasan TITD Hok An Bio, Budi Wiguna mengatakan, sebelum tahun baru Imlek ini, pihaknya telah melakukan persiapan. Hal itu dimulai sejak sepuluh hari sebelum tahun baru Imlek yang jatuh pada Jumat (12/2/2021) esok.

 

“Kemarin pada 1 Februari 2021, kita melakukan sembahyang dewa naik ke Nirwana. Pada tanggal 2 Februarinya, kita melakukan bersih-bersih patungbaltar dan ruang klenteng. Tadi sore, kami mengadakan sembahyang malam tahun baru. Itu semua kita lakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Yang beribadah di sini hanya pengurus-pengurus klenteng,” ujar Budi.

 

Budi menuturkan, pihaknya sudah memberitahukan kepada umat agar beribadah di rumah saja. Meskipun hal itu sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

 

“Sangat berbeda dari tahun lalu, sekarang kegembiraan juga dibarengi keprihatinan. Untuk harapannya, semoga tahun baru Imlek ini segera berakhir sehingga semua normal seperti sebelum pandemi. Sepertinya kerbau sebagai lambang tahun ini cocok dengan keadaan yang mengharuskan kita tetap bekerja keras,” tambah Budi.

 

Meski di tengah pandemi ini, para umat Konghucu di wilayah Kabupaten Grobogan tetap menjalankan ibadahnya dengan khidmat dan tetap berpengharapan. Budi menambahkan, harapan lebih baik ke depan, meski dengan usaha yang lebih kuat.

 

Usai ibadah, para pengurus menerima kedatangan Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan yang didampingi Wakapolres Grobogan Kompol Samsu Wirman dan Kapolsek Purwodadi, AKP Saptono Widyo. Pihaknya mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek kepada para umat Klenteng Hok An Bio Purwodadi.

 

Di sisi lain, AKBP Jury juga mengimbau agar para umat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan melaksanakan 3M untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

 

“Selamat tahun baru Imlek 2567 untuk semua umat di Klenteng Hok An Bio Purwodadi. Meski masih dalam masa pandemi, para umat tetap bisa beribadah dengan khidmat dan tenang dari rumah masing-masing. Tetap patuhi protokol kesehatan, yaitu 3M, menggunakan masker, mencuci tangan dengan air dan sabun serta menjaga jarak. Tetap jaga kondusifitas dan mudah-mudahan Tuhan selalu memberikan berkat berkelimpahan untuk para umat di sini,” jelas AKBP Jury.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Fakta Seputar Operasi Puri Agung 2024 Polri
Divkum Polri Gelar Rakernis : Penguatan Fungsi Hukum untuk Polri Presisi
Sertifikasi Penyidik Laka Lantas Sangat Penting Untuk Profesional Petugas
Kabaharkam Polri Akan Pimpin Operasi Puri Agung Amankan WWF Ke-10
Polri Gelar Operasi Puri Agung 2024 Amankan WWF Ke-10 di Bali
Wujudkan Peningkatan Ketersediaan Pangan, Kapolri-Mentan Tantadangani MoU
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Peduli Sesama Polsek Ngebel Berikan Bantuan Sembako Kepada Warga Bencana Tanah Longsor
Polisi Tangkap Tiga Pelaku Pelecehan Seksual di Demak
Polsek Mlarak melaksanakan Rakor Persiapan Pengajian Akbar Ponpes Sulamul Huda
Kapolsek Sampung Melaksanakan Curhat Kamtibmas Dengan Masyarakat Desa Jenangan
Ditemukan Mayat di Gudang Bengkel Mobil,Polsek Siantar Utara Olah TKP
Bhabinkamtibmas Kampung Batu Rajang Polsek Segah Membangun Kesadaran Media Sosial
Lihat Semua
WordPress Lightbox