[language-switcher]
Beranda  Berita

Kanit Samapta Polsek Pamukan Selatan Hadiri Sosialisasi Tentang Penyakit Hepatitis Di SDN 1 Tanjung Samalantakan

Polda kalsel, Polres Kotabaru, Polsek Pamukan Selatan – Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru, tidak ingin terimbas penyebaran penyakit Hepatitis, oleh sebab itu Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotabaru melalui Puskesmas Tanjung Samalantakan gencar melakukan sosialisasi dan pencegahan dengan cara sosialisasi ke sekolah – sekolah yang berada diwilayah Kecamatan Pamukan Selatan, Jum’at (13/05/2022).

 

Kegiatan sosialisasi tersebut seperti yang dilaksanakan oleh Puskesmas Tanjung Samalantakan bertempat di SDN 1 Pamukan Selatan, sosialisasi yang juga diikuti oleh Kanit Samapta Polsek Pamukan Selatan Aiptu Supiani, wali murid, para guru dan siswa/siswi SDN 1 Pamukan Selatan, ini dimaksudkan agar penyakit Hepatitis tidak semakin merebak.

 

Pembicara dari Puskesmas Tanjung Samalantakan Sdri. Sarifatul Rahmah, AM. Keb dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa Hepatitis adalah istilah umum penyakit yang merujuk pada peradangan yang terjadi di hati, hepatitis umumnya disebabkan oleh infeksi virus, meskipun juga dapat disebabkan oleh kondisi lain. “Beberapa penyebab hepatitis selain infeksi virus adalah kebiasaan minum alkohol, penyakit autoimun, serta zat racun atau obat-obatan tertentu,” katanya.

 

“Seseorang yang mengalami hepatitis akut akan dapat memberikan beragam manifestasi dan perjalanan penyakit, mulai dari tidak bergejala, bergejala dan sembuh sendiri, menjadi kronis, dan yang paling berbahaya adalah berkembang menjadi gagal hati. Bila berkembang menjadi hepatitis kronis, dapat menyebabkan sirosis dan kanker hati (hepatocellular carcinoma) dalam kurun waktu tahunan,” tambahnya.

 

“Untuk mencegah merebaknya penyakit hepatis kita dapat melakukan sejumlah upaya yang di antaranya adalah dengan menjaga kebersihan diri, tidak mengonsumsi makanan yang kotor, dan menghindari mengonsumsi daging mentah, selanjutnya air minum juga harus dimasak hingga mendidih, menghindari berbagai penggunaan barang pribadi dengan pasien Hepatitis, menghindari tato dan tindikan, dan sejumlah langkah lainnya,” jelas Sdri. Sarifatul Rahmah, AM. Keb.

 

“Semoga melalui langkah-langkah sederhana pencegahan ini, diharapkan dapat memutus rantai penyebaran penyakit Hepatitis,” pungkasnya.

 

Kapolsek Pamukan Selatan IPDA Edi Supratman saat dikonfirmasi melalui Kanit Samapta Polsek Pamukan Selatan Aiptu Supiani menerangkan bahwa sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan sosialisasi ini sehingga dapat menambah pengetahuan tentang apa itu penyakit Hepatitis selanjutnya bagaimana cara pencegahan dan cara memutus rantai dari penyakit Hepatitis tersebut.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

HUMAS MABES POLRI

Kapolri Hadiri Halal Bihalal PBNU
Kapolri Hadiri Halal Bihalal PBNU
Dua Anggota Polri Harumkan Indonesia Lewat Timnas U-23
Karo PID Divhumas Polri Ajak Fans Rhoma Irama Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Jelang Pilkada
Kepala Biro PID Divhumas Polri Hadiri Halal Bihalal dan Resepsi Milad Ke-11 Fans Rhoma Irama
Jelang KTT WWF di Bali, Korlantas Polri Survey Pengamanan dan Pengawalan di Beberapa Venue Kunjungan Delegasi
Program Pendidikan Siswa Qur’ani Cetak Polwan Berprestasi Dengan Keagamaan Kuat
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Kapolda Papua Hadiri Halal Bi Halal Paguyuban Pasundan Papua Tahun 2024
Bersitegang dua kelompok masyarakat di wadio, Polres Nabire lakukan tindakan.
Tidak Butuh Waktu Lama, Pelaku Jambret Hand Phone Berhasil Di Ringkus Tim Elang Rawa.
Nagori Karang Bangun Diberitan Jadi Sarang Narkoba, Sat Resnarkoba Simalungun bersama Pemerintah Desa Lakukan Penggerebekan
Antisipasi Antrian Panjang Dan Gangguan Kamtibmas Polsek Long Ikis Tingkatkan Patroli di SPBU
Antisipasi Gangguan Kamtibmas di Hari Libur Polres Paser Gelar Apel Ton Siaga
Lihat Semua
WordPress Lightbox